PEMBANGUNAN PERMANEN TAHUN DEPAN

Presiden Sorot Jembatan Kalu


Jumat, 14 Desember 2018 - 12:33:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Presiden Sorot Jembatan Kalu Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono, saat meninjau langsung kondisi jembatan Batang Kalu Kayu Tanam, yang ambruk akibat terjangan arus sungai, Kamis, (13/12). KHAIRUL

Jembatan panel (sementara) di atas Batang Kalu, Kayu Tanam, mulai hari ini sudah bisa diakses. Hanya saja, jembatan itu hanya bisa dilalui kendaraan dengan bobot maksimal 15 Ton. Pengerjaan jembatan permanen akan dimulai Januari 2019 dan diperkirakan rampung September atau Oktober 2019.

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM — Putusnya Jembatan Batang Kalu, Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, menyebabkan akses pengangkutan orang dan barang Padang-Bukittinggi mesti menempuh jalur alternatif ke Kabupaten Solok dengan konsekuensi biaya lebih tinggi dan waktu tempuh lebih lama. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono meninjau langsung ke lokasi. Presiden, Joko Widodo menggaransi pengerjaan jembatan baru permanen akan dimulai awal 2019.

Melalui akun facebook pribadinya, Kamis (13/12), Presiden Jokowi menulis; Sudah dua hari jalur lalu lintas Kota Padang-Bukittinggi, Sumatra Barat terputus karena ambruknya Jembatan Batang Kalu di daerah Padang Pariaman. Jembatan itu diterjang air luapan Sungai Batang Ulakan setelah hujan lebat Senin malam lalu.

Jembatan ini begitu penting karena ruas jalan Kota Padang-Bukittinggi adalah jalur strategis, salah satu urat nadi perekonomian Sumatra Barat. Ini jalur pariwisata ke Bukittinggi, Batusangkar, Payakumbuh, dan 50 Kota, jalur transportasi ke Provinsi Riau dan beberapa kabupaten kota lain, serta jadi jalur distribusi dan logistik pangan.

Karena itulah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) langsung membangun jembatan sementara untuk selekas mungkin membuka kembali lalu lintas Kota Padang - Bukittinggi. Jembatan rangka baca itu tengah dirakit sepanjang 36 meter dan ditargetkan selesai dalam sepekan ini.

Jika jembatan sementara selesai, pemerintah segera menyiapkan desain jembatan permanen. Setelah melalui proses tender, mudah-mudahan bisa mulai dibangun bulan Maret 2019, dan akan rampung bulan September atau Oktober 2019.

Menteri PUPR ke Lokasi

Di hari yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono datang meninjau kondisi putusnya jembatan Batang Kalu, Kayu Tanam. Kedatangan Basuki didampingi langsung oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto.

Dalam kunjungannya Basuki mengatakan, pembangunan jembatan permanen di jalan nasional penghubung Padang-Bukittinggi tersebut akan dilakukan pada awal 2019. Ia memperkirakan pembangunan jembatan akan menelan anggaran Rp8 sampai Rp10 Miliar.

“Panjang jembatan permanen yang akan dibangun itu sekitar 30 meter, di mana proses lelangnya akan selesai dalam dua bulan ke depan. Besarnya jembatan mungkin tidak jauh beda dengan yang lama. Namun, saya minta Bina Marga agar menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut secepat mugkin mengingat jembatan itu penting karena berada di jalan nasional," ujarnya saat mengunjungi pembangunan jembatan darurat di Kayu Tanam, Padang Pariaman.

Sementara itu, Direktur Jendral Bina Marga Sugiyartanto mengatakan, masa pembangunan jembatan baru permanen diperkirakan memakan waktu hingga tujuh bulan pengerjaan. Diperkirakan, jembatan permanen tersebut akan tuntas jelang akhir 2019 sehingga bisa dilalui kembali oleh berbagai jenis kendaraan.

“Untuk sementara, kami membangun jembatan darurat agar transportasi jalur nasional tidak terganggu.Pembangunan jembatan darurat juga antisipasi arus liburan Natal 2018 nanti. Tidak saja jembatan itu. Kami juga menyiapkan unit alat berat di sejumlah kawasan rawan longsing saat menyambut libur natal 2018 nanti,” katanya

Sebelumnya, Jembatan Batang Kalu di Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat ambruk akibat kuatnya terjangan arus sungai pada Senin (10/12) malam. Ambruknya jembatan tersebut sempat membuat arus lalu lintas di lokasi itu lumpuh total lebih kurang selama sembilan jam. Sementara itu, kendaraan roda empat dan truk dari Padang menuju Bukittinggi dialihkan melalui jalur alternatife via Malalak atau Solok.

Pantauan Haluan di lokasi pembangunan jembatan darurat tersebut, tampak petugas pembangunan dari Bina Marga Kementerian PUPR telah mulai memasang jembatan panel untuk mempermudah akses lalu lintas di jembatan darurat yang telah selesai dibangun tersebut.

"Jembatan panel di Kayu Tanam mulai hari ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan. Hanya saja, jembatan panel ini hanya bisa dilalui kendaraan dengan bobot 15 Ton. Kami masih membatasi kendaraan berkapasitas besar," ujarnya lagi.

Terkait pengamanan arus lalu linta, Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rizki Nugroho mengaku terus memantau perkembangan arus lalulintas di jembatan darurat tersebut, melalui beberapa personel dari Satlantas Polresta Padang Pariaman. "Kami terus monitoring situasi dan perkembangan di sana dengan menempatkan beberapa petugas," kata Rizki Nugroho.

Sementara itu di waktu terpisah, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyebut pemerintah pusat sangat responsif dalam menanggapi bencana alam yang terjadi di daerah, termasuk Sumbar. Pernyataan itu ia sampaikan berkaitan dengan kunjungan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita ke lokasi jembatan ambruk di Nagari Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

"Kami apresiasi pemerintah pusat yang langsung datang meninjau lokasi bencana. Karena bagaimana pun, jembatan di Kayu Tanam itu masuk jalur paling strategis di Sumbar, jika dilihat dari segi jumlah pengguna jalan dan kepentingan akses perdagangan dan pariwisatanya," ujar Irwan saat menghadiri Rakerda Badan Pengurus Daerah Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (BPD Hipmi) Sumbar, di Aula Politeknik Negeri Padang (PNP), Kamis (13/12).

Hadirnya Menteri PUPR dan Menteri Perdagangan ke lokasi tersebut, sebut Irwan lagi, mendorong percepatan pembangunan kembali jembatan Batang Kalu. "Kemarin dari Dirjen BPJN III juga telah menjanjikan jembatan tersebut akan cepat dibangun secara permanen," kata Irwan. (h/rul/mg-dan)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 20 Oktober 2018 - 08:44:38 WIB

    Kehadiran Sandi di  Padang Disambut Lagu #2019GantiPresiden 

    Kehadiran Sandi di  Padang Disambut Lagu  #2019GantiPresiden  PADANG, HARIANHALUAN.COM- Momen Sandiaga bertemu dengan pendukung hanya berselang satu jam saja di Bumi Minang. Namun kesempatan tersebut terasa akrab dan haru setelah seluruh peserta menyanyikan lagu 2019 Ganti Presiden dan .
  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 20:34:22 WIB

    Fahri Hamzah Sarankan Presiden Jokowi Ambilalih Kepemimpinan KPK

    Fahri Hamzah Sarankan Presiden Jokowi Ambilalih Kepemimpinan KPK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyarankan Presiden Jokowi untuk segera mengambilalih kepemimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebab kalau tidak segera diambil alih, lembaga antirasuah yang .
  • Senin, 08 Oktober 2018 - 14:06:48 WIB

    Presiden Joko Widodo Membuka MTQ Nasional ke-27 di Medan

    Presiden Joko Widodo Membuka MTQ Nasional ke-27 di  Medan MEDAN, HALUAN.COM- Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-27 di Arena Utama MTQ Nasional, Sumatra Utara, Ahad (7/10)..
  • Sabtu, 29 September 2018 - 15:09:04 WIB
    BUKA KONGRES PWI DI SOLO

    Presiden: Jadikan Wartawan Sahabat

    Presiden: Jadikan Wartawan Sahabat SOLO, HARIANHALUAN.COM-Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Kongres XXIV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Solo, Jawa Tengah, Jumat sore (28/9)..
  • Senin, 17 September 2018 - 08:08:37 WIB

    Andre Rosiade: Deklarasi #2019gantipresiden Digelar di Padang 29 September

    Andre Rosiade: Deklarasi #2019gantipresiden Digelar di Padang 29 September PADANG, HARIANHALUAN.COM-Deklarasi #2019 Ganti Presiden akan digelar di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 29 September mendatang, dan akan dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM