Pelindo Teluk Bayur Siap Jadi Labor Poltekpel Sumbar


Jumat, 14 Desember 2018 - 13:17:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pelindo Teluk Bayur Siap Jadi Labor Poltekpel Sumbar KERJASAMA PELINDO--GM Pelindo II Teluk Bayur, Armen Amir didampingi Direktur Politeknik Pelayaran Sumbar, Revo saat menandatangani Memorandum of Agreement (MOA)di Kampus Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, di Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (13/12). Rivo Septi Andries

PADANG PARIAMAN, HALUAN--PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Teluk Bayur, Kota Padang kembali menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan. Kali ini, Pelindo bersama dengan Kampus Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat bekerjasama dalam meningkatkan keahlian mahasiswa atau taruna-taruni.

"Serial kami kali ini adalah teluk bayur bangkit dan sinergi keahlian. kami ingin menjadikan sekolah Jadi hebat ini menjadi kampus pelayaran terpilih di Indonesia," ujarnya General Manager (GM) Pelindo II Teluk Bayur, Armen Amir saat membuka acara Penandatangan Memorandum of Agreement (MOA)di Kampus Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, di Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (13/12).

 Ia menilaikan, kampus tersebut masuk dalam sekolah yang moderen karena memiliki sarana dan prasarana dalam mengembakan keahlian mahasiswanya. Hal itu terlihat dengan adanya labor dan pelabuhan mini untuk simulasi.

"Ruang labornya luar biasa, simulatornya sangat moderen sekali. Melihat ini kami ingin berbagi, potensi yang sama-sama kita miliki ini, membuat kami ingin menjadikan Pelabuhan Teluk Bayur sebagai laboratorium tempat praktikum para taruna-taruni. Sehingga mereka bisa langsung mempraktekkan pekerjaan itu secara nyata dari ilmu yang mereka pelajari," tutur Armen.

Lebih lanjut ia mengatakan, ia juga akan membawa anak-anak muda yang ahli dibindang kepelabuhan ke kampus tersebut untuk mengajari para taruna tentang manajemen kepelabuhanan, hukum, opersional, keuangan, teknik dan SDM.

"Kami juga menyediakan peralatan yang ingin mereka pakai di pelabuhan. Tak hanya itu, insha allah kami juga buka kesempatan seluas-luasnya untuk anak-anak (taruna) kami ini untuk dapat bekerja dilingkungan PT Pelindo," ucapnya.

Direktur Politeknik Pelayaran Sumbar, Revo menyampaikan, di kampus yang ia pimpin tersebut mempunyai tiga program studi (Prodi) yakni nautika, teknika, dan transportsi laut. Dan saat ini sudah memasuki tahun ke tiga.

"Ini tahun ke tiga, pada tahun pertama mahasiswa kami ada 60 orang, lalu tahun kedua 118 dan ketiga 177, untuk tahun berikutnya akan kami terima 200 lebih. Ini juga tergantung kapasitas kami sudah bangun gedung asrama baru. Dan perlu diketahui, untuk Prodi Transportasi Laut ini satu-satunya di Indonesia dan ini yang pertama hanya ada di Sumbar," katanya.

Ia menjelaskan, dengan adanya kerjasama dengan Pelindo tersebut, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan potensi, keahlian sehingga para taruna bisa sekelas dengan dunia internasional.

"Untuk meningkatkan keahkliannya lagi, kami berencana akan membuat danau untuk simulasi sikoci. Karena di labor yang ada sikoci ini masih kurang besar," ucapnya. (h/rvo)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM