Tanggul Darurat di Tapan Jebol, Ratusan Rumah Warga Terancam Banjir


Jumat, 14 Desember 2018 - 19:44:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tanggul Darurat di Tapan Jebol, Ratusan Rumah Warga Terancam Banjir Tanggul darurat yang dibangun melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) beberapa waktu lalu, di Nagari Binjai, Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, jebol akibat luapan air sungai. Jumat, (14/12) pagi. IST

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Tanggul darurat yang dibangun Pemkab Pessel, melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) beberapa waktu lalu, di Nagari Binjai, Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, jebol akibat luapan air sunga. Akibatnya, ratusan rumah warga terancam banjir, dikarenakan luapan air terus memasuki pemukiman warga. Jumat, (14/12) pagi.

Kadis PSDA Pessel, Doni Gusrizal, mengatakan, terkait peristiwa itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Provinsi Sumbar untuk menyegerakan pembangunan tanggul permanen.

"Benar, secepatnya akan kita lakukan pembangunan bronjong. Tadi, Satker PSDA Provinsi sudah meninjau kelokasi, dan secepatnya akan ditangani," katanya di Painan.

Ia menjelaskan, tanggul darurat yang jebol karena luapan Batang Tapan tersebut, diduga tidak kuat menahan arus sungai. Sebab, bangunan tanggul darurat itu hanya terbuat dari tumpukan karung yang berisi pasir sesuai kewenangan dan anggaran daerah. 

"Idealnya tanggul penahannya mesti permanen. Dan itu bakal dianggarkan melalui dana tanggap darurat provinsi. Saat ini, Satker PSDA provinsi sudah meninjau kelokasi dan melakukan pengukuran. Semoga dalam waktu dekat ini, disegerakan pembangunannya," ucapnya.

Untuk saat ini, lanjut Doni, pihaknya meminta agar masyarakat setempat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir yang akan terjadi.

"Jadi, kami meminta agar masyarakat sekitar sabar dan tetap waspada terhadap kondisi ini. Sekarang untuk penanganannya masih dalam proses dari PSDA provinsi," tuturnya. (h/kis)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM