Petani Kopi Pessel Ikuti Pelatihan


Senin, 17 Desember 2018 - 12:35:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Petani Kopi Pessel Ikuti Pelatihan Ilustrasi (net)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM- Sebanyak 20 orang para petani Kopi nagari Koto Rawang kecamatan IV Jurai Pessel mengikuti bimbingan dan pelatihan tentang pengolahan biji kopi menjadi bubuk kopi yang baik, dengan tenaga pelatih didatangkan dari kabupaten,guna untuk meningkatkan pendapatan para petani yang bergerak dalam sektor perkebunan kopi di daerah tersebut.

Wali Nagari Kubang Derijol mengakui, mayoritas andalan ekonomi masyarakatnya berasal dari biji kopi dengan produksi kopi mencapai 3 sampai 4 ton per minggu. Hasil perkebunan ini dibeli oleh pedagang pengumpul dari luar daerah yang datang ke daerah tersebut, bahkan petani terpaksa menjual dengan harga murah Rp22 ribu per kg.

Murahnya harga beli saudagar pengumpul,kondisi ini membuat para petani merasa rugi, untuk mengatasi kendala pemasaran dan kerugian masyarakat tani,hasil produksi kopi petani nantinya akan ditampung oleh Badan Usaha Milik Nagari ( Bumnag) nagari Koto Rawang dan agar para petani dapat merasakan hasil usaha dengan harga yang layak.

“Melalui pelatihan tentang cara mengelola biji kopi menjadi bubuk kopi, masyarakat petani tidak perlu lagi menjual biji kopi kepada saudagar luar daerah dengan harga murah, bubuk kopi maupun biji kopi kering hasil perkebunan masyarakat akan ditampung oleh Bumnag Nagari Koto Rawang,” ulasnya

Salah seorang petani kopi Andi mengakui, hasil buah kopi di daerah ini cukup mampu sebagai andalan ekonomi keluarga, keberhasilan para petani juga erat kaitannya dengan usaha yang dilakukan, bila pengelolaanya dilaksanakan dengan baik tentu hasil produksi akan dapat dibanggakan, kemudian juga biji kopi yang ditanam betul-betul bibit unggul agar mendapatkan buah yang lebat. (h/mjn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:18:11 WIB

    Produksi Pisang Meningkat, Petani Tak Diuntungkan

    Produksi Pisang Meningkat, Petani Tak Diuntungkan PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-- Semenjak 2015 hingga kini, Badan Pusat Statistik Padang Pariaman, mencatat peningkatan produksi tanaman pisang secara signifikan terjadi di Kabupaten itu. Namun, sampai sekarang tanaman pis.
  • Selasa, 06 Maret 2018 - 10:47:15 WIB

    Harga Karet Anjlok, Petani Diharapkan Dirikan Koperasi

    Harga Karet Anjlok, Petani Diharapkan Dirikan Koperasi PAINAN, HARIANHALUAN.COM—Dinas Pertanian dan Hortikultura Pesisir Selatan (Pessel) berharap kepada petani karet untuk mendirikan koperasi guna mengantisipasi murahnya harga karet di pasar dunia. Ia mengharapkan hal itu sehu.
  • Rabu, 21 Februari 2018 - 20:12:20 WIB

    Petani Bengkuang Terus Berkurang di Kota Padang

    Petani Bengkuang Terus Berkurang di Kota Padang PADANG, HALUAN – Bengkuang selain sebagai buah komsumsi juga menjadi ikon Kota Padang. Namun, produksi bengkuang terus menurun. Saat ini hanya 10 hektare lahan yang dijadikan petani untuk memproduksi bauh berwarna putih .
  • Kamis, 10 Agustus 2017 - 08:44:42 WIB

    Ribuan Petani Agam dan Pasaman Menjerit, Harga Sawit Sumbar Dimainkan?

    Ribuan Petani Agam dan Pasaman Menjerit, Harga Sawit Sumbar Dimainkan? PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ombudsman Sumatera Barat (Sumbar) akan memanggil dan memeriksa Kepala Dinas (Kadis) Tanaman dan Holtikultura dan Perkebunan Sumbar, Candra, sehubungan dengan belum ditetapkannya harga Tandan Buah Se.
  • Selasa, 08 Agustus 2017 - 16:48:22 WIB

    Petani Pasbar, Panen 30 Ton Jagung per Hari

    Petani Pasbar, Panen 30 Ton Jagung per Hari PASBAR, HARIANHALUAN.COM—Kabupaten Pasbar memiliki luas wilayah 388,77 km² dengan 216 jorong 213.097 ha areal perkebunan dan 13.105 hektare luas areal pertanian. Dengan luas lahan sebesar itu, panen jagung sehari mencapai .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM