Hingga November 2018 Kunjungan Wisatawan di Padang Pariaman Meningkat


Senin, 17 Desember 2018 - 14:46:29 WIB
Hingga November 2018 Kunjungan Wisatawan di Padang Pariaman Meningkat Beberapa orang pengunjung objek wisata Malibo Anai Resort. IST

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Hingga November 2018, tingkat kunjungan wisatawan ke beberapa objek wisata di Padang Pariaman mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dimana peningkatan tersebut mencapai 5 Persen dibandingkan tahun sebelumnya, Jumat(14/12). 

Kepada Haluan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Padang Pariaman Jon Kenedi, mengatakan, semenjak pemerintah pusat mengintruksikan Disparpora setiap daerah agar lebih memperhatikan kawasan wisata dan menjadikannya sebagai topik unggulan dalam sektor Pariwisata, pembangunan pariwisata Padang Pariaman dilakukan secara masal. Dimana ada 90 tempat wisata yang terdaftar saat ini di Disparpora Padang Pariaman.

"Saat ini ada 90 tempat wisata di Padang Pariaman yang terdaftar di Pemkab Padang Pariaman. Dari jumlah tersebut, 20 diantaranya tempat wisata baru," ujarnya.

Hasil dari pembangunan secara masal tersebut tentu jelas berdampak untuk peningkatan jumlah pengunjung dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2017 lalu hanya 4.305.490 wisatawan yang berkunjung ke Padang Pariaman. Pada tahun tersebut didominan oleh wisatawan domesti dengan angka mencapai 4.301.105. Sementara itu, untuk wisatawan dari manca negara hanya berjumlah 4.385.

Pada tahun 2018 ini, angka pengunjung yang datang ke berbagai tempat wisata di Padang Pariaman meningkat menjadi 4.625.001 perbulan Januari hingga November. "Peningkatan jumlah pengunjung merupakan bentuk keseriuasan kami dalam mengelola sektor ke pariwisataan yang ada," ujar Jomln Kenedi.

Ia juga memaparkan seputar kunjungan wisatawan di Kabupaten Padang Pariaman, yang mengalami peningkatan tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Keseriusan Disparpira Padang Pariaman dalam pengelolaan tempat wisata. Diantaranya, membangun aarana dan prasarana yang memadai. Selain itu, bertambahnya objek wisata juga menjadi faktor penunjang meningkatnya jumlah kunjungan ke Kabupaten Padang Pariaman.

"Pihaknha sangat optimis hingga akhir Desembar nanti, tingkat kunjungan ke Padang Pariaman mengalami peningkatan lagi," ujarnya lagi.

Hal senada juga diutarakan oleh Desman menjabat Kasi Data  Dan Informasi Pariwisata Padang  Pariaman. Ia mengatakan, terjadinya peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Padang Pariaman, setelah pihaknya melakukan beberapa promosi di berbagai media. "Kita mempunyai lahan untul mempromosikan itu. Dimana Bandara Internasional Minangkabau (BIM) diantaranya," ujarnya kepada awak media.

Ia berharap ditahun 2019 mendatang Disparpora Padang Pariaman sangat optimia, tingkat kunjungan wisatawan akan lebih meningkat dari tahun ini. Mengingat di tahun mendatang akan ada beberapa program-program dan iven-iven besar yang ada di Provinsi maupun Kabupaten Padang Pariaman. (h/rul)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM