Penggagas Museum Goedang Ransoem Raih Penghargaan


Selasa, 18 Desember 2018 - 14:07:22 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Penggagas Museum Goedang Ransoem Raih Penghargaan Wawako Zohirin Sayuti, saat menyerahkan penghargaan kepada penggagas Museum yang diterima oleh Ny Emnidar yang merupakan istri Alm Amran Nur, Walikota Sawahlunto periode 2003 - 2013, Senin (17/12). Humas

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Para perintis berdirinya Museum Goedang Ransoem dianugerahi penghargaan oleh Pemerintah Kota Sawahlunto dalam acara puncak Satu Abad Dapur Umum hingga Museum Gudang Ransoem, Senin (17/12). Para perintis ini adalah mereka yang termasuk dalam penggagas, tim konservasi, pemilik pemilik koleksi, dan mantan kepala museum tersebut.

Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, menyebutkan, perjalanan Satu abad Museum Gudang Ransoem menjadi tonggak sejarah bagi untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan museum ini. Potensi wisata sejarah Sawahlunto sangat kaya dan bagus. Maka memaksimalkan potensi tersebut, termasuk pengelolaan museum yang ada diharapkan lebih meningkatkan minat masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung.

Kita punya potensi banyak dan hebat. Ini jangan kita sia siakan, kita harus mengelola potensi ini dengan baik,” tuturnya.

Zohirin juga mengusulkan agar seluruh pelajar di Kota Arang difasilitasi dan diwajibkan untuk berkunjung ke museum – museum di kota itu. Sehingga generasi muda sejak awal dikenalkan dan diakrabkan dengan sejarah kota.

"Untuk itu, sejumlah inovasi, termasuk menggandeng kemajuan teknologi informasi (TI) harus dipakai untuk mengembangkan museum Goedang Ransoem ini. Sebab tanpa inovasi, maka perjalanannya akan monoton, sehingga tanpa warna, menyebabkan lemahnya kunjungan," tuturnya.

Masuk sebagai penggagas Museum Gudang Ransoem (Almarhum) Amran Nur, Wali kota Sawahlunto periode 2003 - 2013 dan Sri Setyawati, Kepala Museum Goedang Ransoem. Kemudian mereka yang terlibat dalam konservasi awal museum, diwakili oleh Ayang dan Man dari Museum Adityawarman Provinsi Sumbar.

Untuk pemilik koleksi, diwakili Timbul. Sementara dari mantan Kepala Museum, diwakili oleh Rika Cheris. Penghargaan dari Pemko Sawahlunto ini diserahkan oleh Wakil Walikota Zohirin Sayuti yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan, Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Hendri Thalib. (h/rki)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM