Dukung Dua Caleg, Kepsek Dipanggil Bawaslu Pessel


Kamis, 20 Desember 2018 - 11:25:50 WIB
Dukung Dua Caleg, Kepsek Dipanggil Bawaslu Pessel Ilustrasi (net)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), memanggil Titik Yulianti, selaku Kepala Sekolah Raudatul Anfal (RA) Aisyiyah Sago. Ia diduga terlibat politik praktis karena mendukung dua orang calon legislatif pada Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison, menyebutkan, Titik Yulianti, membuat surat perjanjian mendukung Emma Yohana, Caleg DPD RI dan Caleg DPR RI Niki Lauda Hariyona.

"Benar, hari ini kami memanggil yang bersangkutan ke kantor Panwascam IV Jurai, untuk dimintai keterangan. Ia diduga melanggar kode etik Aparatur Sipil Negara (ASN), karena menunjukkan perbuatan yang mengindikasikan keberpihakan kepada pasangan calon tertentu," ujar Erman Wadison, kepada wartawan di Painan Rabu, (19/12).

Ia menyebutkan, pemanggilan Titik Yulianti, juga terkait dengan jabatannya sebagai Kepala Sekolah dilingkungan Kemenag Pessel. Sebab, di dalam surat perjanjian tersebut, ada semacam instruksi kepada guru dilingkungan sekolahnya beserta keluarganya untuk mendukung dua orang caleg tersebut.

"Jadi, ada semacam ajakan untuk mendukung dua caleg itu. Pemanggilan ini sudah sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada," ucapnya.

Erman menuturkan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 42 tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS dijelaskan, PNS dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis.

"Artinya ASN dan pejabat fungsional tidak boleh mendukung suatu calon atau mengunggah foto sebagai tanda keberpihakan pada calon tertentu. Jadi, yang bersangkutan sangat perlu kami konfirmasi tentang surat perjanjian itu," katanya.

Ia menambahkan, setelah mendapat penjelasan secara resmi dari yang bersangkutan, pihaknya bakal membeberkan kepada publik siapa saja dalang dibalik itu.

"Nanti akan kami umumkan secara resmi. Sekarang Bawaslu terus mendalami keterangan dari yang bersangkutan," tuturnya. (h/kis)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM