Harga Karet di Limapuluh Kota Masih Terpuruk


Kamis, 20 Desember 2018 - 11:34:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Harga Karet di Limapuluh Kota Masih Terpuruk Dokumentasi Haluan

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM- Kehidupan para petani karet dan gambir di Nagari Koto Lamo, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, memprihatinkan untuk saat ini sekaitan dengan anjloknya harga kedua komoditi tersebut dipasaran Sumatera Barat sejak dua bulan belakangan ini. Utama sekali komoditi karet yang hanya dihargai sebesar Rp6 ribu per kg nya.

“Kami prihatin dengan harga karet saat ini yang tidak mampu lagi untuk mendukung perekonomian keluarga para petani karet di Koto Tuo khususnya dan Kecamatan Kapur IX pada umumnya untuk memenuhi kebutuhan sehari hari mereka,”ungkap Wali Nagari Koto Lamo, Anuar Dt.Bosa, ketika dikonfirmasi, Rabu kemarin.

Padahal tahun lalu harga karet di Limapuluh Kota, sempat dinikmati para petani seharga Rp8 ribu per kg. “Jika harga seperti itu mampu bertahan, kita yakin para petani tidak segelisah sekarang, lagipula dampak harga karet yang relatif murah tersebut, menyebabkan tidak ada penanaman atau peremajaan karet baru.

Sementara itu, pemuka masyarakat asal Kecamatan Lareh Sago Halaban, Abdul Aiziz yang dihubungi terpisah mengatakan, semenjak harga karet terus anjlok, menyebabkan sebagian para petani karet kususnya di Kecamatan Lareh Sago Halaban, tidak mampu menabung lagi di BPR setempat.

“Kita prihatin dengan kondisi yang terjadi, kalau perlu pemerintah kabupaten Limapuluh Kota, mengintervensi harga karet ketingkat yang lebih tinggi. Yang lebih penting begaimana mencarikan solusinya supaya harga karet bias meningkat. Selain itu diharapkan juga Pemkab untuk mengupayakan investor menanamkan modalnya membangun pabrik karet di daerah ini,”ujar Abdul Aziz..

Informasi yang diperoleh Haluan, seharusnya harga karet mampu ditingkatkan mengingat Pemerintah Indonesia sudah menyepakati imbal beli pesawat tempur Shukoi SU 35 dari Rusia dengan cara imbal beli dengan komoditi perkebunan Indonesia termasuk Sawit dan Karet, kemungkinan juga komoditi tembakau.

Pengadaan alutsista melalui imbal beli ini sudah viral di Media Sosial, Kemendag Enggartiasto Lukitadan Kemenhan Ryamizard Ryacudu sudah menyepakati hal tersebut, tahun 2017 lampau. Dengan itu diharapkan harga karet daerah Kabupaten Limapuluh Kota dan daerah penghasil karet lainnya di Sumbar mampu dipasarkan ke Rusia.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Limapuluh Kota, Ir.Eki Hari Purnama,MSi melalui Kabid Perkebunan setempat, Ir.Efnita Sofyan yang dihubungi kemarin di kantornya mengatakan, data luas total kebun karet di Limapuluh Kota tahun 2017 mencapai 16.608 hektare yang berproduksi seluas 10.688 hektare, dengan produksi 6.548 ton per tahun.

Dikatakan, kebun karet ini tersebar pada 12 kecamatan, terbanyak terdapat di Kecamatan pangkalan seluas 9.300 hektare, sedangkan yang berproduksi seluas 5.260 hektare. Diikuti kecamatan Kapur IX, seluas 4.402 hektare, kemudian Kecamatan Bukik Barisan dan Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Menjawab Haluan, Efnita menginformasikan, tanaman karet tersebut, merupakan tanaman lama, belum ada tercatat sebagai tanaman karet yang baru, mungkin karena harga karet hanya dihargai Rp6 ribu per kgnya, sebutnya. (h/zkf)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 Januari 2019 - 11:35:42 WIB

    Sebagian Mulai Turun, Harga Tiket di BIM Tergantung Permintaan

    Sebagian Mulai Turun, Harga Tiket di BIM Tergantung Permintaan PADANG, HARIANHALUAN.COM — Setelah menerima keluhan masyarakat terkait melambungnya harga tiket penerbangan, sebagian maskapai yang menyediakan pelayanan rute dari dan menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mulai me.
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 10:51:45 WIB

    Tahun 2018, Harga Berbagai Komoditas Turun

    Tahun 2018, Harga Berbagai Komoditas Turun PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Pada 2018, harga sebagian besar komoditas di Padang Pariaman mengalami penurunan. Namun perihal itu belum tentu menunjukan trader komoditas mengalami kerugian. Pantauan Haluan, perihal itu .
  • Kamis, 20 Desember 2018 - 20:44:56 WIB

    Harga Pinang di Padang Pariaman Anjlok

    Harga Pinang di Padang Pariaman Anjlok PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-- Harga buah pinang kering di Kabupaten Padang Pariaman kembali turun. Sebelumnya harga mencapai Rp18 ribu per kilogram hanya bertahan dua pekan saja, sekarang harga dasar cuma Rp11 ribu per .
  • Selasa, 18 Desember 2018 - 20:48:24 WIB

    Sejak Maret Harga Pala di Padang Pariaman Menurun

    Sejak Maret Harga Pala di Padang Pariaman Menurun PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-- Petani Komoditas Pala mengeluhkan harga jual pala yang terus mengalami penurunan semenjak Maret tahun ini. Berdasarkan informasi yang Haluan himpun, pada akhir Maret 2018 harga pala Rp60.00.
  • Kamis, 29 November 2018 - 11:09:37 WIB

    Harga Pinang Kering di Padang Pariaman Tembus Rp18 Ribu

    Harga Pinang Kering di Padang Pariaman Tembus Rp18 Ribu PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-- Masyarakat Kabupaten Pariaman, menyambut gembira kenaikan harga buah pinang kering. Sebelumnya harga pinang yang dijual seharga 4 sampai 5 ribu per kilonya sekarang sudah mencapai Rp15 ribu hingga.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM