Disdukcapil Payakumbuh Musnahkan 10 Ribu Lebih KTP-el


Kamis, 20 Desember 2018 - 20:49:05 WIB
Disdukcapil Payakumbuh Musnahkan 10 Ribu Lebih KTP-el Asisten III Setdako Payakumbuh Rida Ananda dan Kasatpol PP Devitra turut membakar E-KTP invalid di Halaman Balai Kota Payakumbuh, Rabu (19/12).

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh memusnahkan 10.832 keping KTP elektronik (KTP el) yang sudah invalid. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di halaman Balai Kota Payakumbuh, Bunian, Rabu (19/12).

Pemusnahan berasal dari 9.682 keping percetakan 2011 hingga 2013 yang datanya dilampirkan by name by address atau KTP el yang pemiliknya sudah mengubah data. Kemudian KTP el yang tidak diambil oleh pemiliknya dari tahun 2011-2013. Pasalnya, pada tahun ini KTP el dikeluarkan oleh Kemendagri, bukan dari Disdukcapil maupun kecamatan di Kota Payakumbuh.

Disamping itu, ada juga 1150 keping e-KTP yang tidak terbaca identitasnya karena sudah rusak dan terkelupas. "Semua KTP elektronik yang kami bakar itu invalid. Itu bisa rusak, bisa karena perubahan elemen data yang ada di dalamnya sehingga tidak sesuai lagi dengan pemegangnya," kata Kepala Dispdukcapil Kota Payakumbuh, Yunida Fatwa.

Selain itu, kata Yunida, juga karena ada kepindahan warga dari luar daerah yang masuk Kota Payakumbuh, sehingga KTP lama warga tersebut otomatis dinyatakan tidak berlaku.

Yunida menjelaskan, pembakaran tersebut sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri dalam surat edarannya No 470.13/11176/SJ 13 Desember tentang penatausahaan KTP elektronik rusak atau invalid.

"Dalam surat tersebut dijelaskan agar E-KTP bekas untuk dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar. Dengan begitu maka diharapkan lebih aman, tidak mengundang kecurigaan dan tidak disalahgunakan," tuturnya.

Pembakaran KTP el ini baru pertama kali dilakukan oleh Disdukcapil Payakumbuh dan dipastikan akan ada lagi kegiatan serupa di kemudian hari. Karena, akan nada terus KTP el invalid yang ditarik dari masyarakat. Hal itu seiring adanya perubahan data warga pemegang KTP el.

"KTP yang rusak lagi dari masyarakat pasti ada. Karena ada masyarakat yang pindah, meninggal dan punya KTP baru. Kita akan bakar lagi secara periodik," ucap Yunida. (mg-ari)

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]