TERKAIT PENANGKAPAN DI PADANG PARIAMAN

Ketua Relawan IDA: Tujuh WNA Kantongi Dokumen Lengkap


Sabtu, 22 Desember 2018 - 14:39:59 WIB
Ketua Relawan IDA: Tujuh WNA Kantongi Dokumen Lengkap Tujuh orang Warga Negera Asing (WNA) yang diduga telah melanggar adiministrasi izin tinggal di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (21/12). Ketujuh orang asing tersebut merupakan anggota IDA (Indonesia Development Asociation) cabang Sumbar. Khairul

PADANG, HARIANHALUAN. COM- Ketua Relawan International Development Asociation (IDA), Iman Nurhakim membantah kalau tujuh orang Warga Negara Asing (WNA) yang dibawanya tidak memiliki paspor dan dokumen keimigrasian yang tidak jelas. Ketujuhnya, disebut masuk ke Indonesia secara legal.

"Tujuh WNA yang datang bukan imigran gelap. Mereka punya paspor dan dokumen keimigrasian yang lengkap," terang Imam Nurhakim yang didampingi Dewan Rumah Tangga IDA, Dra Englia Elvi.

Sebelumnya, Polres Padang Pariaman, mengamankan tujuh orang Warga Negera Asing (WNA) yang diduga telah melanggar adiministrasi izin tinggal di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (21/12). Kedatangan tujuh orang tersebut bersangkut dengan IDA cabang Sumbar.

Kepada awak media Kapolres Padang Pariaman AKBP Rizki Nugroho mengatakan, ketujuh WNA tersebut diamankan dari dua lokasi yang berbeda di Padang Pariaman. Diantaranya, di Korong Simpang, Nagari Buayan Kecamatan Batang Anai dan di Korong Toboh Baru, Nagari Sintuak.

"Kami telah mengamankan tujuh WNA yang ada di wilayah hukum Polres Padang Pariaman. Berikut biodata WNA tersebut, MR. Kheungkham Saiyaphone berasal dari Laos, Bounsangob dari Laos, Somsy Sithidalavong dari Laos, Yuhana Emperatris dari negara Equador, Nelson Gustavo dari Equador, Ani Forets Australia," ujar AKBP Rizki Nugroho.

Pernyataan Kapolres yang menyebut kalau ketujuhnya tak punya paspor inilah yang dibantah Imam. "Lengkap semua dokumennya. Paspor ada, dokumen keimigrasian juga. Tidak ada yang tidak memiliki paspor," terang Imam ketika menyambangi Haluan, Sabtu (22/12) siang.

Pasal 3 Peraturan Pemerintah RI No. 31 tahun 2013 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian (PP tentang Imigrasi) mengatakan: Setiap Orang Asing yang masuk wilayah Indonesia harus memenuhi persyaratan. Berikut uraiannya, a. memiliki Visa yang sah dan masih berlaku, kecuali yang dibebaskan dari kewajiban memiliki Visa; b. memiliki Dokumen Perjalanan yang sah dan masih berlaku; dan tidak termasuk dalam daftar penangkalan.

"Hal ini telah kami kordinasikan dengan pihak imigrasi dan rencananya ketujuh orang asing tersebut akan dideportasi ke negaranya masing-masing," ujar Kapolres Padang Pariaman. 

Diketahui selama berada di Kabupaten Padang Pariaman orang asing tersebut menginap di hotel Minang Jaya Hotel Lubuk Alung sebanyak 4 orang dan 3 orang lainnya menginap di rumah salah seorang masyarakat bernama Syafyeni, di Korong Toboh Baru, Nagari Sintuk, Kecamatan Sintoga. (h/rul).


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 April 2020 - 11:16:18 WIB

    Langgar Aturan Lockdown, Ketua Jamaah Tabligh India Didakwa Membunuh

    Langgar Aturan Lockdown, Ketua Jamaah Tabligh India Didakwa Membunuh INTERNASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- India mendakwa pemimpin Jamaah Tabligh, Muhammad Saad Khandalvi, dengan tuduhan pembunuhan lantaran menggelar pertemuan saat kebijakan pembatasan pergerakan atau lockdown akibat virus corona.
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 11:26:04 WIB

    Ketua KPK Malaysia Mundur

    Ketua KPK Malaysia Mundur JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia (SPRM), lembaga mirip KPK di Malaysia, Latheefa Koya mengundurkan diri setelah Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) kembali masuk ke dalam koalisi .
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 13:58:06 WIB

    Duh...Facebook Dikritik Pedas Ketua DPR AS

    Duh...Facebook Dikritik Pedas Ketua DPR AS WASHINGTON, HARIANHALUAN.COM - Facebook kembali jadi sasaran kritik pedas dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi. Media sosial itu disebutnya memalukan dan terlalu mengutamakan profit..
  • Sabtu, 13 April 2019 - 08:09:47 WIB

    Ketua dan Wakil Ketua DPR RI Desak Pengusutam Tuntas Kasus Surat Suara Tercoblos

    Ketua dan Wakil Ketua DPR RI  Desak Pengusutam Tuntas Kasus Surat Suara Tercoblos JAKARTA,HARIANHALUAN.COM – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendesak pihak terkait untuk mengusut tuntas dan transparan kasus surat suara Pilpres dan Pileg 2019 tercoblos yang ditemukan Selangor, Malaysia. .
  • Rabu, 19 Desember 2018 - 10:58:35 WIB

    Ketua KONI Sumbar Diperiksa di Polda

    Ketua KONI Sumbar Diperiksa di Polda PADANG, HARIANHALUAN.COM-Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Syaiful diperiksa penyidik Ditreskrimum Polda Sumbar, Selasa (18/12) kemarin. Ia menjalani pemeriksaan tersebut terkait laporan Yal Aziz dengan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]