TSUNAMI DIPICU AKTIVITAS GUNUNG ANAK KRAKATAU

Gunung Api di Sumbar Tanpa Pergerakan


Rabu, 26 Desember 2018 - 17:30:16 WIB
Gunung Api di Sumbar Tanpa Pergerakan Ilustrasi (haluan)

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Merapi Sumbar, Hartanto menyebutkan, sejauh ini pergerakan gunung api di Sumbar, khususnya Gunung Marapi, dalam keadaan biasa dan cenderung sedang tanpa pergerakan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), merilis hingga Senin (25/12) telah tercatat 429 korban meninggal akibat terjangan tsunami di Selat Sunda tersebut, sementara 1.485 korban lainnya mengalami luka-luka. Jumlah tersebut diprediksi terus bertambah mengingat pencarian atas korban hilang terus dilakukan hingga berita ini diturunkan.

Kepala Nasional Pusat Data dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, hingga saat ini 154 korban dinyatakan dalam status hilang. Jumlah korban meninggal paling banyak berasal dari Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten dengan jumlah 290 korban. Sementara dari Lampung Selatan, korban meninggal telah terdata sebanyak 108 orang.

Di antara ratusan korban meninggal tersebut terdapat empat orang perantau asal Sumbar yang ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di Desa Way Muli Kalianda, Lampung Selatan, salah satu daerah yang terdampak tsunami cukup parah.

"Kami dapat informasi dari Pengurus Gebu Minang Lampung, Yon Yoesoef. Kami masih terus menghimpun informasi lebih lanjut. Namun yang jelas, dari informasi yang kami terima, ada sebanyak 22 KK warga Minang di Lampung yang jadi korban, empat di antaranya meninggal dunia," kata Kepala Biro Kerjasama, Pembangunan, dan Rantau, Pemprov Sumbar, Luhur Budianda kepada Haluan, Senin (24/12).

Selain korban jiwa, empat unit rumah milik perantau asal Sumbar juga rusak parah dan 11 unit lainnya rusak sedang. "Saat ini pengurus Gebu Minang Lampung dan Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) sedang berupaya untuk mengantarkan bantuan ke lokasi bencana, namun terkendala dengan kondisi jalanan yang macet yang disebabkan banyaknya bantuan yang dibawa oleh para relawan," kata Luhur sebagaimana dilansir republika.co.id.

Sementara itu di Banten, Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Labuan Carita Pandeglang Banten, AKP Herdi Thahar menyampaikan, tidak ada korban jiwa dan kerugian material yang dialami oleh perantau perantau asal Sumbar di daerah tersebut. Memang terdapat sedikitnya 100 KK perantau asal Sumbar yang berdomisili di wilayah Carita, Banten.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa atau pun harta dari perantau minang yang berdomosili di Labuan Carita dan sekitarnya," kata Herdi.

Terkait kelangkaan tsunami yang disebabkan aktivitas di perut gunung api, Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Merapi Sumbar, Hartanto menyebutkan, sejauh ini pergerakan gunung api di Sumbar, khususnya Gunung Marapi, dalam keadaan biasa dan cenderung sedang tanpa pergerakan. "Sekarang masih dalam keadaan wajar, tidak ada pergerakan. Status Gunung Merapi sama dengan Gunung Kerinci, statusnya memasuki waspada," ucap Hartanto.

Sementara untuk aktivitas gempa tektonik di Sumbar, Kepala Seksi Data Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padangpanjang, Ma'muri menyebutkan, sejak awal Desember, tercatat kejadian 22 kejadian gempa bumi tektonik. Namun dari 22 gempa bumi tersebut, yang dirasakan langsung hanya empat kali.

“Terkait gempa bumi, masyarakat jangan terlalu panik, tetapi kewaspadaan tetap harus terus ditingkatkan dalam menghadapinya. Harus paham apa yang akan dilakukan saat gempa terjadi. Selain itu, kami ingatkan, jika warga mendapatkan isu seputar bencana, harap konfirmasi dulu, cari kebenarannya ke BPBD, PVMBG, atau BMKG,” kata Ma’muri. (h/mg-dan/mg-pmi)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 14:54:57 WIB

    Masyarakat Gunung Tuleh Kampanyekan Hidup Sehat

    Masyarakat Gunung Tuleh Kampanyekan Hidup Sehat PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Gunung Tuleh (Guntul) yang digerakkan oleh Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) berkampanye gemar hidup sehat dan makan buah. Pasalnya, mempertahankan kesehatan dan hidup seimbang saat i.
  • Jumat, 29 November 2019 - 23:34:11 WIB

    Polsek Gunung Tuleh Amankan 40 Liter Tuak Siap Edar

    Polsek Gunung Tuleh Amankan 40 Liter Tuak Siap Edar Jajaran Polsek Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berhasil mengamankan 40 Liter tuak siap edar di warung milik warga ..
  • Ahad, 11 Agustus 2019 - 16:53:59 WIB

    Bendera Raksasa Berkibar Gunung Kasumbo

    TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Menjelang peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-74, sekitar 1.500 warga Sungayang dan sekitarnya memupuk nasionalisme dan membuktikan kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik .
  • Senin, 29 Juli 2019 - 15:29:29 WIB

    Goa Torus jadi Lokasi Wisata Andalan Gunung Tuleh

    Goa Torus jadi Lokasi Wisata Andalan Gunung Tuleh PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Goa Torus yang ada di Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat merupakan cagar budaya yang wajib dilestarikan..
  • Ahad, 30 Juni 2019 - 23:30:04 WIB

    Ratusan Personil Polisi-TNI Jelajah Pintu Rimba Jalur Pendakian Gunung Kerinci

    Ratusan Personil Polisi-TNI Jelajah Pintu Rimba Jalur Pendakian Gunung Kerinci SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Ratusan personil Polisi-TNI di Solok Selatan (Solsel) memiliki cara berbeda menyatu dengan alam. Salah satunya dengan menjelajah pintu rimba jalur pendakian Gunung Kerinci melalui Solsel..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM