Perayaan Tahun Baru, Sat Lantas Polresta Padang Terapkan Rekayasa Lalin


Rabu, 26 Desember 2018 - 18:03:27 WIB
Perayaan Tahun Baru, Sat Lantas Polresta Padang Terapkan Rekayasa Lalin Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM  Perayaan malam tahun baru di Pantai Padang akan menjadi pusat hiburan, sehingga unit Sat Lantas Polresta Padang menerapkan pengalihan arus lalu lintas di obyek wisata itu mulai pukul 21.00 WIB.

Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya menyebutkan, obyek wisata di Pantai Padang ini akan menjadi pusat untuk perayaan malam tahun baru pada Senin (31/12) malam, sehingga pihaknya akan memberlakukan pengalihan arus.

“Pada perayaan tahun baru ada beberapa rute dialihkan bagi pengendara yang ingin merayakan di Pantai Padang,” kata Asril Prasetya saat meninjau jalan yang akan direkayasa di Jalan Samudra, Rabu (26/12).

Ia mengatakan, pengalihan arus ini guna meminimalisir kepadatan kendaraan, lantaran wilayah hukumnya akan menjadi lautan manusia untuk merayakan pergantian Tahun Baru 2019.

Sat Lantas Polresta Padang tidak akan menutup akses jalan, namun akan membuat pengalihan arus atau rekayasa Lalu Lintas (Lalin) untuk menuju Pantai Padang, karena tiap tahun di sana menjadi lautan manusia untuk merayakan malam pergantian tahun,” ujarnya.

Teknis pengalihan titik arus yang direkayasa, kata Asril, khusus untuk Jalur Samudera dibuat satu arah, yakni masuk dari Simpang Pujasera dan keluar ke Simpang NPM atau persisnya depan Mapolsek Padang Barat.

Jalur artenatif masuk ke Jalan Samudera, yaitu Simpang Olo Ladang Ujung dan Simpang Hangtuah, namun dari sepanjang Jalur Samudera baik simpang Purus 1 sampai 5 tidak diperbolehkan masuk ke Jalan Samudera, karena di sana khusus untuk jalur keluar dari Jalan Samudera.

"Setiap persimpangan, akan kita sebarkan personel Sat Lantas Polresta Padang sebanyak 150 anggota yang mengatur arus lalu lintas, agar tidak terjadi kemacetan panjang. Kami berharap kepada warga Kota Padang, kalau bisa rayakan tahun baru bersama keluarga di rumah masing-masing, berzikir dan bersalawat di masjid atau musala sesuai imbauan dari Wali Kota Padang," ujar Asril.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Sigit Saputra mengatakan, Polresta Padang telah menyiapkan personel pengamanan dan sudah dibicarakan dengan lintas sektoral melalui rapat koordinasi.

Polresta Padang menyiapkan 450 personel, ditambah cadangan anggota yang standby di masing-masing mapolsek jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kita pun sudah gelar rakor lintas sektoral yang melibatkan dinas perhubungan dan satpol PP untuk kenyamanan masyarakat,ucap Sigit.

Sigit mengatakan, ada beberapa titik keramaian selain di Pantai Padang, yaitu Pantai Air Manis dan Taman Hutan Raya Bung Hatta, serta Jembatan Siti Nurbaya. Di obyek wisata itu ditempatkan anggota untuk antisipasi pengamanan dan ditambah dari jajaran Polda Sumbar dan Brimob.

"Kami dari kepolisian berharap kepada masyarakat supaya mematuhi peraturan berlalu lintas dan kepada pengendara roda dua agar menggunakan helm SNI. Namanya aturan, akan kami tindak tegas," tuturnya. (h/nas)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Februari 2015 - 19:47:51 WIB

    Pemko Larang Perayaan Valentine Day

    PADANG, HALUAN — Perayaan Valentine Day, diharamkan di Kota Kota Padang. Selain itu, bukan budaya orang timur, perayaan yang dikenal sebagai hari kasih sayang itu ber­mua­tan negatif. Hal ini .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM