Padang Punya Mal Khusus, Bisa Urus SIM Hingga Nikah


Kamis, 27 Desember 2018 - 19:48:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Padang Punya Mal Khusus, Bisa Urus SIM Hingga Nikah PERESMIAN MPP -- Menpan RB, Syafruddin melakukan peninjauan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Padang, Kamis (27/12). IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP)  di Kota Padang, Kamis (27/12). 

Menpan RB, Syafruddin mengatakan, dengan adanya MPP ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk pengurusan perizinan.

"Saya sangat mengapresiasi Pemko Padang dengan dilaunchingnya Mal Pelayanan Publik ini. Sehingga, memudahkan masyarakat dalam hal pengurusan perizinan dan sebagainya. Untuk Kota Padang ini merupakan Mal Pelayanan Publik ke 11 di Indonesia," ujarnya usai meninjau beberapa tempat pengurusan di Mal Pelayanan Publik Kota Padang di blok III lantai IV, Pasar Raya Padang.

Ia mengatakan, dengan adanya Mal Pelayanan Publik ini masyarakat tidak perlu pindah-pindah dalam setiap pegurusan. Maka, di Mal Pelayanan Publik semua pengurusan perizinan dan sebagainya dapat ditampung pada satu tempat.

Pada ksempatan yang sama, Wali kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, dipilihnya Pasar Raya Padang sebagai lokasi Mal Pelayanan Publik dikarenakan tempat dari pasar raya yang strategis. Sebab, seiring masyarakat berbelanja namun juga mengurus beragam perizinan.

"MPP ini ada 11 instansi vertikal dan lainnya akan melayani pelayanan pengurusan bagi masyarakat," ujarnya.

Pelayanan yang disiapkan, kata Mahyeldi,  mulai dari pembuatan SIM, SKCK, dan lainnya oleh Polresta Padang, kemudian pelayanan pembuatan paspor, izin menggunakan tenaga asing, izin tinggal, dan lainnya oleh Imigrasi hingga pelayanan pengurusan NPWP pribadi dan perusahaan oleh Pajak Pratama 1 dan 2.

"Selain itu juga pengurusan daftar nikah, haji, dan umrah oleh Kemenag Padang, daftar buku dan klaim oleh PT Jasa Raharja dan BPJS Kesehatan, layanan pasang baru PLN dan PDAM, daftar baru dan klaim BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, serta layanan lain oleh sejumlah OPD Pemko Padang," katanya.

Disiai lain, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, sangat menyambut baik dengan kehadiran Mal Pelayanan Publik di Kota Padang ini. Sehingga, dengan hadirnya pertama Mal Pelayanan Publik di Sumbar yang berada di Kota Padang dapat menjadi rujukan Kabupaten dan Kota lain di Sumbar untuk membuat hal yang serupa.

"Untuk itu, kita harap sehabis diluncurkan di Kota Padang ini ada Kabupaten dan Kota lain di Sumbar yang ikut ambil bagian dalam luncurkan Mal Pelayanan Publik untuk kemudahan masyarakat dalam pengurusan perizinan dan sebagainya," ujarnya.

Mal Pelayanan Publik ini berada di tengah Pasar Raya Padang sehingga masyarakat datang ke pasar tidak hanya menfokuskan hanya berbelanja namun dapat melakukan pengurusan perizinan dan sebagainya. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:23:04 WIB

    PT Elnusa Petrofin di Padang Berangkatkan Umroh Sopir Mobil Tangki Berprestasi

    PT Elnusa Petrofin di Padang Berangkatkan Umroh Sopir Mobil Tangki Berprestasi PADANG, HARIANHALUAN.COM, Suasana hangat dan penuh keakraban sangat terasa dalam acara m.alam Silaturahmi yang diselenggarakan oleh PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam rangka pemberian award perjalanan ibadah bagi Awak Mobil Tangk.
  • Kamis, 21 Maret 2019 - 10:16:29 WIB

    Hotel Bertaraf Internasional Bakal Dibangun di Padang

    Hotel Bertaraf Internasional Bakal Dibangun di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rencana pembangunan hotel di Kota Padang tahun ini, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mendukung penuh rencana tersebut. Ia meminta supaya hotel yang dibangun hendaknya berbintang tiga ke atas..
  • Senin, 18 Maret 2019 - 20:18:57 WIB

    HUT ke-69 Satpol PP Padang, Siap Tingkatkan Pelayanan

    HUT ke-69 Satpol PP Padang, Siap Tingkatkan Pelayanan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57, Senin (18/3) diharapkan bisa  memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Demikian disampaikan oleh Wali kota Padang Mahyeldi .
  • Kamis, 14 Maret 2019 - 13:10:26 WIB

    Wali Kota Padang: Mari Gelontorkan Ide untuk Pembangunan Padang Lewat PEC 2019

    Wali Kota Padang: Mari Gelontorkan Ide untuk Pembangunan Padang Lewat PEC 2019 PADANG, HARIANHALUAN.COM--Padang Economic Conference (PEC) 2019 resmi dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Dr. Iskandar Simorangkir, di Hotel Grand Inna, Padang..
  • Rabu, 13 Maret 2019 - 12:06:21 WIB

    19.500 Warga Padang Dapat Bantuan PKH

    19.500 Warga Padang Dapat Bantuan PKH PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinsos Kota Padang menargetkan bisa memberikan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 19.500 jiwa di tahun 2019. PKH menjadi salah satu program unggulan Dinas Sosial Kota Padang dalam menang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM