Padang Punya Mal Khusus, Bisa Urus SIM Hingga Nikah


Kamis, 27 Desember 2018 - 19:48:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Padang Punya Mal Khusus, Bisa Urus SIM Hingga Nikah PERESMIAN MPP -- Menpan RB, Syafruddin melakukan peninjauan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Padang, Kamis (27/12). IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP)  di Kota Padang, Kamis (27/12). 

Menpan RB, Syafruddin mengatakan, dengan adanya MPP ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk pengurusan perizinan.

"Saya sangat mengapresiasi Pemko Padang dengan dilaunchingnya Mal Pelayanan Publik ini. Sehingga, memudahkan masyarakat dalam hal pengurusan perizinan dan sebagainya. Untuk Kota Padang ini merupakan Mal Pelayanan Publik ke 11 di Indonesia," ujarnya usai meninjau beberapa tempat pengurusan di Mal Pelayanan Publik Kota Padang di blok III lantai IV, Pasar Raya Padang.

Ia mengatakan, dengan adanya Mal Pelayanan Publik ini masyarakat tidak perlu pindah-pindah dalam setiap pegurusan. Maka, di Mal Pelayanan Publik semua pengurusan perizinan dan sebagainya dapat ditampung pada satu tempat.

Pada ksempatan yang sama, Wali kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, dipilihnya Pasar Raya Padang sebagai lokasi Mal Pelayanan Publik dikarenakan tempat dari pasar raya yang strategis. Sebab, seiring masyarakat berbelanja namun juga mengurus beragam perizinan.

"MPP ini ada 11 instansi vertikal dan lainnya akan melayani pelayanan pengurusan bagi masyarakat," ujarnya.

Pelayanan yang disiapkan, kata Mahyeldi,  mulai dari pembuatan SIM, SKCK, dan lainnya oleh Polresta Padang, kemudian pelayanan pembuatan paspor, izin menggunakan tenaga asing, izin tinggal, dan lainnya oleh Imigrasi hingga pelayanan pengurusan NPWP pribadi dan perusahaan oleh Pajak Pratama 1 dan 2.

"Selain itu juga pengurusan daftar nikah, haji, dan umrah oleh Kemenag Padang, daftar buku dan klaim oleh PT Jasa Raharja dan BPJS Kesehatan, layanan pasang baru PLN dan PDAM, daftar baru dan klaim BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, serta layanan lain oleh sejumlah OPD Pemko Padang," katanya.

Disiai lain, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, sangat menyambut baik dengan kehadiran Mal Pelayanan Publik di Kota Padang ini. Sehingga, dengan hadirnya pertama Mal Pelayanan Publik di Sumbar yang berada di Kota Padang dapat menjadi rujukan Kabupaten dan Kota lain di Sumbar untuk membuat hal yang serupa.

"Untuk itu, kita harap sehabis diluncurkan di Kota Padang ini ada Kabupaten dan Kota lain di Sumbar yang ikut ambil bagian dalam luncurkan Mal Pelayanan Publik untuk kemudahan masyarakat dalam pengurusan perizinan dan sebagainya," ujarnya.

Mal Pelayanan Publik ini berada di tengah Pasar Raya Padang sehingga masyarakat datang ke pasar tidak hanya menfokuskan hanya berbelanja namun dapat melakukan pengurusan perizinan dan sebagainya. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 22:51:50 WIB

    Sampai Akhir Januari, BMKG Prediksi Padang Diguyur Hujan

    Sampai Akhir Januari, BMKG Prediksi Padang Diguyur Hujan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Minangkabau memperkirakan Kota Padang akan diguyur hujan sampai akhir Januari 2019. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stas.
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 22:49:56 WIB

    Pemko Padang Diminta Peduli Cagar Budaya

    Pemko Padang Diminta Peduli Cagar Budaya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang berharap Pemko Padang membuat aturan yang mengatur perlindungan terhadap bangunan cagar budaya di Kota Padang. Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Wismar Panjaitan, Selasa (22/1) .
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 10:26:36 WIB

    Dishub Padang Diminta Maksimal Kelola Parkir

    Dishub Padang Diminta Maksimal Kelola Parkir PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masalah perparkiran di Kota Padang tidak pernah tuntas, karena berdasarkan regulasi lalu lintas yang ada, ruang milik jalan nasional dan provinsi dilarang dijadikan lokasi parkir..
  • Rabu, 16 Januari 2019 - 11:40:36 WIB

    Shelter di Padang Terkunci dan Tak Terawat, Mitigasi Bencana Berbuah Cemas

    Shelter di Padang Terkunci dan Tak Terawat, Mitigasi Bencana Berbuah Cemas PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tempat Evakuasi Sementara (TES) atau shelter menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang pesisir pantai atau zona merah untuk mengevakuasi diri saat terjadi bencana gempa bumi .
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 11:07:13 WIB

    Waspadai Air Sungai Meluap di Padang

    Waspadai Air Sungai Meluap di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masyarakat Kota Padang yang biasa menggunakan air sungai untuk kehidupan sehari-hari, seperti mencuci, mandi dan hal lainnya diharapkan bisa terus waspada dengan air bah yang datang secara tiba-tib.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM