Di Sawahlunto, Ada 152 Orang yang Keterbelakangan Mental Ikut Pemilu 2019


Kamis, 27 Desember 2018 - 20:35:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Sawahlunto, Ada 152 Orang yang Keterbelakangan Mental Ikut Pemilu 2019 Simulasi kerusuhan Pemilu (Dokumentasi)

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto Divisi Data dan Perencanaan mencatat, terdapat 152 pemilih tunagrahita atau yang mengalami keterbelakangan mental pada Pemilu 2019.

Divisi Data dan Perencanaan KPU Kota Sawahlunto, Rika Arnelia menyebutkan, tuna grahita ialah orang yang memiliki keterbelakangan mental.

"Rata-rata orang yang disebut gila di Sawahlunto, tidak memiliki surat keterangan resmi dari dokter," ujarnya, Kamis (27/12). 

Rika menambahkan, selain 152 pemilih tunagrahita, pada daftar pemilih tetap Sawahlunto untuk Pemilu 2019, juga terdapat pemiliha disabilitas atau difabel lainnya, yakni  56 pemilih tunadaksa, 47 pemilih tunarungu, 21 pemilih tunanetra, dan 100 pemilih disabilitas lainnya

Rika menyebutkan,isu pemilih gila yang beredar akhir-akhir ini bukanlah hal yang baru dalam kepemiluan. Dalam Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 pasal 4 dijelaskan, orang yang disebut gila itu harus memiliki surat keterangan resmi dari dokter ahli.

Sementara itu, jumlah pemilih di Kota Sawahlunto dari hasil penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 sebanyak 45.778 pemilih yang ditetapkan pada 10 Desember 2018 lalu.

"Terjadinya perbedaan DPT dikarenakan adanya pemilih pemula yang masuk DPT, adanya perpindahan penduduk baik yang masuk maupun yang keluar," tutupnya.

Komisioner KPU Kota Sawahlunto Divisi Sosialisasi Desi Fardila mengungkapkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi pemilu 2019 ke masyarakat. Sosialisasi tersebut berupa KPU go to School yang sedikitnya 9 Sekolah Menengah Atas (SMA) , temu warga, kursus kepemiluan dan sosialisasi ke penyandang disabilitas.

"Pada 2019 kami akan merekrut 55 relawan demokrasi yang akan menyasar 11 segmen basis pemilih," ujarnya.

"Dengan sosialisasi yang dilakukan diharapkan mampu menggenjot angka partisipasi dalam Pemilu mendatang. Sebab, semakin tinggi angka partisipasi tentu akan semakin sukses pelaksanaan Pemilu," ujarnya.(h/rki)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM