Di Sawahlunto, Ada 152 Orang yang Keterbelakangan Mental Ikut Pemilu 2019


Kamis, 27 Desember 2018 - 20:35:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Sawahlunto, Ada 152 Orang yang Keterbelakangan Mental Ikut Pemilu 2019 Simulasi kerusuhan Pemilu (Dokumentasi)

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto Divisi Data dan Perencanaan mencatat, terdapat 152 pemilih tunagrahita atau yang mengalami keterbelakangan mental pada Pemilu 2019.

Divisi Data dan Perencanaan KPU Kota Sawahlunto, Rika Arnelia menyebutkan, tuna grahita ialah orang yang memiliki keterbelakangan mental.

"Rata-rata orang yang disebut gila di Sawahlunto, tidak memiliki surat keterangan resmi dari dokter," ujarnya, Kamis (27/12). 

Rika menambahkan, selain 152 pemilih tunagrahita, pada daftar pemilih tetap Sawahlunto untuk Pemilu 2019, juga terdapat pemiliha disabilitas atau difabel lainnya, yakni  56 pemilih tunadaksa, 47 pemilih tunarungu, 21 pemilih tunanetra, dan 100 pemilih disabilitas lainnya

Rika menyebutkan,isu pemilih gila yang beredar akhir-akhir ini bukanlah hal yang baru dalam kepemiluan. Dalam Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 pasal 4 dijelaskan, orang yang disebut gila itu harus memiliki surat keterangan resmi dari dokter ahli.

Sementara itu, jumlah pemilih di Kota Sawahlunto dari hasil penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 sebanyak 45.778 pemilih yang ditetapkan pada 10 Desember 2018 lalu.

"Terjadinya perbedaan DPT dikarenakan adanya pemilih pemula yang masuk DPT, adanya perpindahan penduduk baik yang masuk maupun yang keluar," tutupnya.

Komisioner KPU Kota Sawahlunto Divisi Sosialisasi Desi Fardila mengungkapkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi pemilu 2019 ke masyarakat. Sosialisasi tersebut berupa KPU go to School yang sedikitnya 9 Sekolah Menengah Atas (SMA) , temu warga, kursus kepemiluan dan sosialisasi ke penyandang disabilitas.

"Pada 2019 kami akan merekrut 55 relawan demokrasi yang akan menyasar 11 segmen basis pemilih," ujarnya.

"Dengan sosialisasi yang dilakukan diharapkan mampu menggenjot angka partisipasi dalam Pemilu mendatang. Sebab, semakin tinggi angka partisipasi tentu akan semakin sukses pelaksanaan Pemilu," ujarnya.(h/rki)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 13:29:28 WIB

    Emak-emak di Bypass Padang Siap Dukung Tauhid

    Emak-emak di Bypass Padang Siap Dukung Tauhid PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pelan tapi pasti, tingkat popularitas dan elektabilitas H.M.Tauhid.S.IP sebagai caleg DPR-RI dapil 1 Sumbar, dengan nomor urut 1 dari partai Perindo menunjukkan peningkatan..
  • Rabu, 09 Januari 2019 - 20:44:41 WIB

    Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN di Pessel, Bawaslu Masih Lakukan Kajian 

    Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN di Pessel, Bawaslu Masih Lakukan Kajian  PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, hingga kini masih melakukan tahap pengkajian terhadap laporan dugaan pelanggaran netralitas ASN oleh Plt. Kemenag Pessel Firdaus, beberapa .
  • Kamis, 03 Januari 2019 - 16:25:20 WIB

    Rawat Kebersamaan dan Kerukunan di Tahun Politik

    Rawat Kebersamaan dan Kerukunan di Tahun Politik AGAM, HARIANHALUAN.COM- Bupati Agam Indra Catri mengajak seluruh jajaran Kemenag, pada tahun politik untuk senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan. Tempatkan diri untuk semua kelompok dan golongan kepentin.
  • Selasa, 25 Desember 2018 - 19:32:17 WIB

    Pencuri Kotak Masjid di Gadut Terekam CCTV

    Pencuri Kotak Masjid di Gadut Terekam CCTV AGAM, HARIANHALUAN.COM - Dua orang pelaku pencuri kotak amal di masjid Baiturrahman Balai Panjang Jorong III Kampung, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, terekam CCTV, Selasa (25/12) sekitar 03,00 WIB. Akibat peristiwa .
  • Kamis, 20 Desember 2018 - 11:25:50 WIB

    Dukung Dua Caleg, Kepsek Dipanggil Bawaslu Pessel

    Dukung Dua Caleg, Kepsek Dipanggil Bawaslu Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), memanggil Titik Yulianti, selaku Kepala Sekolah Raudatul Anfal (RA) Aisyiyah Sago. Ia diduga terlibat politik praktis karena mendukung dua o.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM