Gebu Minang Tangkal Hoaks


Jumat, 28 Desember 2018 - 10:15:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Gebu Minang Tangkal Hoaks Ilustrasi (net)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Gebu Minang melakukan seminar nasional tentang upaya menangkal hoaks dan ujaran kebencian dalam rangka memperingati HUT Gebu Minang ke-29, di Buana Lestari Hotel Syariah, Kamis (27/12). Orang Minang diharapkan bisa jauh dari hoaks dan ujaran kebencian.

Ketua Gebu Minang Sumbar, Boy Lestari Datuak Palindih mengatakan, dalam rangka memperingati HUT Gebu Minang, berbagai kegiatan dilakukan, salah satunya seminar nasional menangkal hoaks dan ujaran kebencian. "Kegiatan ini dalam rangka ulang tahun Gebu Minang. Kami sengaja melakukan seminar penangkalan hoaks dan ujaran kebencian karena penyebarannya kian massif, " kata Boy Lestari.

Kondisi Indonesia yang sedang dalam proses Pemilu 2019, kadang dimanfaatkan oleh orang sebagian kelompok untuk melakukan penyebaran hoaks dan ujaran kebencian. Perbuatan itu akan memecahbelah bangsa.

"Ujaran kebencian dan hoaks bertebaran dimana-mana, ini akan menjadi perpecahan antara kita. Untuk itu melalui kegiatan ini kita mengajak seluruh masyarakat agar berhenti menyebar hoaks dan ujaran kebencian demi menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Untuk itu, ia berharap kepada aparat penegak hukum untuk menidak tegas pelaku penyebaran hoaks dan ujaran kebencian. "Kalau ada yang telah terbukti, maka tidak tegas saja. Hoaks akan menghacurkan bangsa dan memecahkan belah," ujarnya.

Rektor UBH, Azwar Ananda sebagai salah satu narasumber menyebutkan, hoaks adalah berita bohong yang dikemas seakan menjadi benar. Sementara ujaran kebencian adalah diksi yang keluar dari mulut seseorang. Dua hal ini harus dihindari.

"Apa yang diterima di media sosial perlu disaring. Sebab rekayasa teknologi dapat membuat informasi yang salah seperti benar, padahal itu tidak benar sama sekali," katanya.

Menurutnya, perlu disadari bahwa hoaks dan ujaran kebencian ini tidak ada gunanya. Apalagi sebagai bangsa yang majemuk rasa toleransi itu harus ditanamkan, demi menjaga keutuhan negeri ini.

"Jika menerima informasi hoaks di medsos, cerna dulu tentang kebenarannya, tidak langsung dibagikan saja. Sehingga kita dapat menyaring informasi tersebut dan mencegah terjadinya penyebaran berita hoaks," jelasnya. (h/mg-hen)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Oktober 2018 - 17:34:18 WIB

    Peduli Gempa dan Tsunami Palu, Gebu Minang Sumbar Galang Infaq dan Sedekah

    Peduli Gempa dan Tsunami Palu, Gebu Minang Sumbar Galang Infaq dan Sedekah PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPW Gebu Minang Sumbar menggalang dana bantuan korban gempa dan tsunami di  Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Penggalangan dana ini diwujudkan dalam bentuk gerakan Gebu Minang Peduli Ge.
  • Senin, 05 Februari 2018 - 18:33:20 WIB

    Lantik DPD, Gebu Minang Sumbar Undang Presiden

    Lantik DPD, Gebu Minang Sumbar Undang Presiden PADANG, HARIANHALUAN.COM--Gerakan Ekonomi Budaya (Gebu) Minang Sumatera Barat (Sumbar) akan melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gebu Minang 19 kabupaten/kota di provinsi ini di Kyriad Bumiminang Hotel pada 8 Februari. Pada p.
  • Rabu, 27 September 2017 - 15:02:59 WIB

    Gebu Minang Sumbar Dukung Kongres Bahasa Minang

    Gebu Minang Sumbar Dukung Kongres Bahasa Minang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Sumbar mendukung penuh kongres bahasa Minang yang akan diadakan Dinas Kebudayaan Sumbar pada 2018. Ketua Gebu Minang Sumbar, Boy Lestari, mengatakan, pihakny.
  • Senin, 25 September 2017 - 17:30:12 WIB

    OSO Lantik Pengurus Gebu Minang Sumbar

    OSO Lantik Pengurus Gebu Minang Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Boy Lestari Dt. Palindih dilantik sebagai ketua Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang wilayah Sumbar di Mercure Hotel, Padang, Sabtu (23/9). Ia bertekad menjadikan Gebu Minang di Sumbar sebagai g.
  • Jumat, 07 Juli 2017 - 23:10:53 WIB

    Bangun Ekonomi dan Budaya, Gebu Minang Siap Bantu Pemprov

    Bangun Ekonomi dan Budaya, Gebu Minang Siap Bantu Pemprov PADANG, HARIANHALUAN.COM—Untuk pertama kalinya, kepengurusan Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang wilayah Sumatera Barat terbentuk. Jabatan Ketua DPW Gebu Minang Sumbar diamanahkan kepada H Boy Lestari Dt Palindih denga.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM