Pemprov Diminta Lebih Serius Tangkal LGBT


Selasa, 01 Januari 2019 - 19:22:54 WIB
Pemprov Diminta Lebih Serius Tangkal LGBT Ilustrasi (net)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat, menilai pemerintah provinsi (Pemprov) Sumbar tak sungguh-sungguh melahirkan regulasi untuk menangkal penyebaran perilaku seks menyimpang, Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Sumbar. Hal itu terbukti dari belum adanya upaya proses menuju pembentukan regulasi atau peraturan daerah (perda).

"Tahapannya, pembentukan Perda mengacu pada peraturan perundang-undangan. Ada kajian naskah akademik dan ada draft yang harus disiapkan. Hingga saat ini, kajian naskah akademik belum ada, apalagi draft-nya. Ini bukti tidak seriusnya Pemprov," kata Hidayat, Minggu (30/12).

Dalam hal ini, lanjutnya, jika Pemprov serius ingin mengatasi LGBT melalui sebuah regulasi, sedari awal pihaknya dari Fraksi Gerindra DPRD Sumbar telah mengusulkan untuk memasukkan lebih dulu usulan Ranperda dalam daftar program pembentukan perda (Propemperda) 2019, sehingga DPRD dan OPD terkait bisa menganggarkan untuk pembahasan. Baik dalam bentuk penelitian, seminar, uji publik, penyusunan draft, dan lain-lain.

"Tapi sayangnya cikal bakal regulasi untuk LGBT ini tidak ada diusulkan sampai penetapan Propemperda 2019 pertengahan November lalu," katanya.

Lambannya langkah Pemprov menyikapi isu LGBT disesali Hidayat karena ia melihat fenomena seks menyimpang itu kian hari kian meningkat. Dibuktikan dengan banyaknya penangkapan pelaku LGBT oleh aparat terkait yang juga diinformasikan oleh media.

Ia menambahkan, mestinya Pemprov tak perlu berfikir terlalu lama mengatasi, asal dengan cara menyegerakan revisi Perda Nomor 11 Tahun 2001 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Maksiat, dengan memasukan poin-poin yang berkaitan dengan pencegahan dan penanganan LGBT.

Tentang revisi Perda Maksiat, imbuhnya, terdapat tiga ruang lingkup yang bisa dimasukkan untuk diatur. Pertama, berkaitan dengan pencegahan. Pencegahan yang memerlukan perlibatan tokoh agama, tokoh adat, tenaga pendidik, lembaga kesehatan, dan komponen terkait lain di masyarakat.

Kedua, berkaitan dengan rehabilitasi. Ia menuturkan, negara melalui pemerintah daerah harus melakukan rehabilitasi terhadap pelaku LGBT, sebab tidak sedikit juga dari kaum LGBT yang ingin kembali ke jalan yang benar. "Dalam konteks rehabilitasi, kita harus menghargai HAM dari pelaku LGBT, tetapi untuk tindakan LGBT-nya, itu tidak boleh ditolelir," ujar Hidayat.

Kemudian poin ketiga yang diminta diatur berkaitan dengan penindakan. Penindakan akan jadi dasar hukum oleh Sat Pol PP untuk melakukan razia yang bersifat prepentif. Mengenai ini, meskipun desakan untuk mengusulkan regulasi yang akan mecegah berkembangnya LGBT di Sumbar telah dilakukan DPRD berkali-kali, Pemprov mengaku baru akan berencana mengeluarkan peraturan daerah (perda) khusus untuk menangkal penyebaran perilaku Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Ranah Minang.

Perda itu diproyeksikan mencakup berbagai ketentuan terhadap perilaku menyimpang lain seperti, narkoba, tawuran, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), dan persoalan ketahanan keluarga.

"Awalnya, kami ingin merancang perda yang langsung menyasar perilaku LGBT. Namun, kami merasa perlu menimbang wujud Perda itu nanti seperti apa agar tidak ditolak usulannya. Yang jelas Perda itu tidak hanya mengatur LGBT, tetapi juga perilaku-perilaku maksiat lain, ditambah soal ketahanan keluarga yang akan mengatur bagaimana semestinya orang tua mendidik anak sehingga pengaruh LGBT dapat ditangkal sejak dini," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, saat Diseminasi Inovasi Daerah di Auditorium Gubernuran, Kamis (27/12).

Nasrul menambahkan, perda baru itu nantinya akan menggantikan Perda No. 11 Tahun 2001 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Maksiat yang dinilai sudah tidak lagi relevan untuk diterapkan saat ini. Di samping itu, Nasrul tetap mengimbau seluruh komponen masyarakat, baik pemerintah daerah, niniak mamak, alim ulama, guru, dan orang tua, agar makin gencar dalam sosialisasi bahaya LGBT. (h/len)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Mei 2019 - 22:44:49 WIB

    Sembilan ASN Koruptor Pemprov Sumbar Diberhentikan

    Sembilan ASN Koruptor Pemprov Sumbar Diberhentikan PADANG, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak sembilan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) yang terlibat kasus korupsi telah secara resmi diberhentikan secara tidak hormat. Ke.
  • Selasa, 13 November 2018 - 12:09:24 WIB

    Tak Bayar Pajak, Hotel Balairung Milik Pemprov Sumbar Disegel

    Tak Bayar Pajak, Hotel Balairung Milik Pemprov Sumbar Disegel PADANG, HARIANHALUAN.COM - PT Balairung sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sumbar kedapatan tidak membayar pajak pada pada Pemerintah DKI Jakarta sebagai provinsi tempat hotel itu berdiri. Temuan ini .
  • Senin, 09 April 2018 - 02:49:11 WIB
    LKAAM MINTA PATENKAN PAKAIAN ADAT

    Pemprov Jangan Lalai

    Pemprov Jangan Lalai PADANG, HALUAN – Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) meminta Pemprov Sumbar bergerak cepat untuk mematenkan pakaian adat Minangkabau. Permintaan ini terkait hebohnya pemakaian suntiang dengan kebaya terbuka dala.
  • Senin, 12 Maret 2018 - 10:55:11 WIB

    Jalan Terban 'Dicuekin' Anggota DPRD Sumbar Kritik Pemprov

    Jalan Terban 'Dicuekin'  Anggota DPRD Sumbar Kritik Pemprov PADANG, HARIANHALUAN.COM – Anggota DPRD Sumbar, Komi Chaniago menyesali tindakan diam Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dengan organisasi perangkat daerah terkaitnya yang tak kunjung memperbaiki jalan terban Batu Mengaum.
  • Senin, 08 Januari 2018 - 22:15:22 WIB

    Pemprov Sumbar Bentuk Tim Anti LGBT

    Pemprov Sumbar Bentuk Tim Anti LGBT PADANG, HARIANHALUAN.COM –Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengumpulkan banyak tokoh Sumbar sebagai langkah awal mengantisipasi menjalarnya LGBT. Para tokoh itu akan menjadi tulang punggung perumusan langkah pencegahan per.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM