REVISI DISAHKAN DPRD SUMBAR

Perda RTRW Akomodir Proyek Tol


Rabu, 02 Januari 2019 - 11:21:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Perda RTRW Akomodir Proyek Tol Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – DPRD Sumbar mengesahkan perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Sumbar Nomor 13 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Sumbar 2012-2032. Pengesahan perubahan Perda Nomor 13 ini dilakukan melalui rapat paripurna DPRD, Senin (31/12).

Seluruh fraksi di DPRD menyatakan setuju atas perubahan Perda Nomor 13 Tahun tentang RTRW provinsi. Untuk hal ini, perubahan Perda RTRW Provinsi Sumbar juga mengakomodir dua proyek strategis nasional yang ada di Sumbar, yaitunya pembangunan jalan tol Bukittinggi-Lubuk Alung-Padang sepanjang 80 kilometer dan tol Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh-Bukittinggi sepanjang 185 kilometer.

Kendati menyetujui disahkannya perubahan Perda RTRW, Fraksi Partai Nasdem DPRD Sumbar memberikan sejumlah catatan. Diantaranya mengenai dua proyek stategis nasional tadi, Fraksi Nasdem minta supaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar serius memperjuangkannya. Kemudian dalam penyusunan RTRW Sumbar perlu mengacu kepada Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Nomor 1 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten dan Kota.

Sementara Fraksi PKS meminta Pemprov Sumbar harus memastikan semua perubahan RTRW yang diusulkan kabupaten dan kota telah tertuang di Perda RTRW masing-masing kabupaten dan kota, sehingga terjadi sinkronisasi antara Perda RTRW kabupaten dan kota dengan Perda RTRW Provinsi Sumbar.

Fraksi Golkar secara penuh menyetujui Perda RTRW itu dan meminta Pemprov Sumbar segera melakukan sosialisasi kepada Pemerintah kabupaten dan kota sehingga bisa menjadi landasan bagi perubahan RTRW kabupaten dan kota.

Ketua Pansus Perda RTRW, Saidal Masfiyudin mengatakan pihaknya telah melaksanakan pembahasan secara optimal untuk mendapatkan berbagai masukan dan saran dalam rangka memperoleh referensi yang sebanyak-banyaknya mengenai substansi Perda RTRW Sumbar 2012-2032.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumbar Arkadius Dt Intan Bano yang memimpin rapat paripurna menegaskan perubahan atas Perda RTRW Sumbar 2012-2032 adalah sebagai upaya untuk mensinergikan perubahan pemanfaatan ruang dan wilayah dalam rangka percepatan pembangunan daerah serta untuk mengakomodir perubahan regulasi yang terkait dengan pemanfaatan ruang dan wilayah.

"Jadi saya tegaskan kembali bahwa perubahan RTRW yang kita lakukan ini tidak dalam rangka melegalisasikan kesalahan yang telah terjadi dalam pemanfaatan ruang dan wilayah sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Perda Nomor 12 Tahun 2013," tegasnya. (h/len)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Maret 2019 - 11:08:43 WIB

    Perda LGBT di Sumbar Masih Mengawang

    Perda LGBT di Sumbar Masih Mengawang Membuat Perda baru sepertinya cukup sulit, karena nomenklaturnya bisa saja dikait-kaitkan dengan hak asasi manusia (HAM). Jadi, harapan kami, yang diusulkan adalah revisi atas Perda Nomor 11 Tahun 2001 tentang Pencegahan dan .
  • Jumat, 15 Februari 2019 - 12:23:26 WIB

    Perda LGBT Tak Langgar HAM

    Perda LGBT Tak Langgar HAM PADANG, HARIANHALUAN.COM—Meski sempat menuai kecaman beberapa aktivis HAM, Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Pusat, Ahmad Taufan Damanik, justru menilai upaya penanggulangan perilaku Lesbian, Gay, Biseksu.
  • Jumat, 28 Desember 2018 - 10:14:13 WIB

    Perda LGBT Sumbar Belum Ada Judul

    Perda LGBT Sumbar Belum Ada Judul PADANG, HARIANHALUAN.COM — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) bakal mengeluarkan peraturan daerah (perda) khusus untuk menangkal penyebaran perilaku Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Ranah .
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:09:07 WIB

    DPRD Sumbar Rumuskan Perda Ketenagakerjaan

    DPRD Sumbar Rumuskan Perda Ketenagakerjaan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Komisi II DPRD Sumbar akan melahirkan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang ketenagakerjaan. Regulasi ini bertujuan mendorong terciptanya tenaga kerja yang mandiri dan mampu berwirausaha, .
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:06:45 WIB
    PERDA KETAHANAN KELUARGA SUDAH DISAHKAN

    DPRD Sumbar: Pemprov Salah Kaprah Soal Perda LGBT

    DPRD Sumbar: Pemprov Salah Kaprah Soal Perda LGBT PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pernyataan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, saat Sosialisasi Penguatan Lembaga Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak, Kamis (29/11) di Rocky Hotel, Padang yang menyebutkan bahwa penangkalan peri.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM