155 Ribu Wisatawan Kunjungi Padang


Kamis, 03 Januari 2019 - 13:55:38 WIB
Reporter : Tim Redaksi
155 Ribu Wisatawan Kunjungi Padang Peta Padang (google maps)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sekitar 155 ribu wisatawan mengunjungi wisata Kota Padang selama libur Natal dan tahun baru. Pantai Padang masih menjadi primadona dengan kunjungan yang diperkirakan mencapai 75 ribu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Medi Iswandi kepada Haluan, Rabu (2/11). Meningkatnya kunjungan ini tidak terlepas dari perbaikan sarana dan prasarana di objek wisata tersebut.

"Kunjungan wisata kami melonjak sampai dengan 200 persen jika dibandingkan dari pada tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Setelah pantai Padang, kata Medi, wisata Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang juga menyedot 60 ribu wisatawan pada saat libur tahun ini. Setelah itu, baru 20 ribu di beberapa wisata lain di Kota Padang.

"Wisata Pantai Air Manis dan Pantai Padang saat ini saling berhubungan. Wisatawan yang mengunjungi Pantai Air Manih pada siang hari banyak yang melanjutkan ke Pantai Padang pada malam harinya," kata Medi.

Medi mengatakan, salah satu faktor yang mendongkrak angka kunjungan wisata tahun ini adalah rampungnya pembangunan jalan baru yang menghubungkan kawasan Muaro menuju Pantai Air Manis. Mulusnya jalan aspal yang membelah Bukit Gado-Gado ini membuat wisatawan lebih mudah mengakses kawasan wisata Pantai Air Manis yang tersohor dengan legenda Malin Kundang.

"Tapi, faktor terbesarnya adalah penertiban aksi premanisme dan pungli, serta juga membenahi kebersihannya," ujarnya.

Selain itu, Pemko Padang juga mengajak masyarakat untuk ikut terlibat langsung dalam industri pariwisata di Pantai Air Manis. Salah satu caranya adalah dengan mendorong masyarakat menyediakan fasilitas penyewaan All Terrain Vehicle (ATV) yang bisa dipakai oleh wisatawan berkeliling pantai.

Bahkan lonjakan kunjungan di objek wisata ini, kata Medi, ikut mendongkrak realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang per 24 Desember 2018 sebesar Rp2,6 miliar. Angka ini naik 349 persen dibanding capaian pada periode yang sama 2017 sebesar Rp595,8 juta.

"Selain dua obyek wisata tersebut, ada sejumlah obyek wisata lainnya yang ramai dikunjungi wisatawan, seperti Bungus, wisata pulau, Pasir Jambak, Gunung Padang, dan Batang Arau," tuturnya. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 April 2016 - 03:40:12 WIB
    PKB dan BBNKB

    Hingga Maret Realisasi Rp155,59 Miliar

    PADANG, HALUAN—Pe­ndapatan daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Ken­daraan Bermotor (BBNKB) hingga 31 Maret 2016, sudah mencapai 26,62 persen atau Rp155,59 miliar..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM