MAKAN 15 RIBU TUSUK SATE IKAN, BUKA 2.224 LOWONGAN KERJA HINGGA APBD RP 1 T

Masyarakat Dharmasraya Rayakan Hari Jadi Kabupaten ke-15


Senin, 07 Januari 2019 - 10:01:08 WIB
Masyarakat Dharmasraya Rayakan Hari Jadi Kabupaten ke-15 Hari Jadi ke-15 terasa istimewa bagi masyarakat Dharmasraya. Berbagai perlombaan, makan 15 ribu tusuk sate ikan hingga APBD 2019 tembus Rp1 triliun lebih menggambarkan begitu pesatnya kemajuan kabupaten yang dipimpin Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan. SE, dan Wakil Bupati H. Amrizal. Dt. Rajo Medan. S. Sos.

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM– Peringatan hari jadi Kabupaten Dharmasraya ke-15 berlangsung semarak dan sukses. Berbagai perlombaan hingga makan 15 ribu tusuk sate ikan memecahkan rekor MURI turut menambahkan kesuksesan pembangunan kabupaten paling ujung timur Sumbar itu.

Kabupaten hasil pemekaran dari  Sawahlunto Sijunjung pada 7 Januari 2004 silam itu mengadakan kegiatan dan perlombaan dengan tujuan untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten berjuluk ranah cati nan tigo ini. Diantaranya senam massal di Lapangan Ex PT. Peset Sungai Rumbai, Rabu (2/1). Pada kesempatan tersebut masyarakat dari berbagai kalangan memadati Lapangan yang dihadiri langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Selain itu, tampak pula hadir Forkopimda, Pejabat di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya dan Tokoh Masyarakat.

Bersama Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan di acara Festival Makan Sate Ikan Nila di momen Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke 15

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya membuka sedikitnya 62 Stand Pameran dan Bazar serta 2.224 lowongan pekerjaan untuk masyarakat Kabupaten Dharmasraya yang tersia di jop fair Dharmasraya. Kegiatan itu dengan tujuan selain mengurangi pengangguran juga untuk meramaikan Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke 15 ini, Kamis (3/1).

Bupati dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada segenap masyarakat dan undangan yang hadir ikut berpartisipasi dalam semarak menyambut Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke-15.

“Pameran dan bazar ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan pemerintah daerah dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan oleh pemerintah, baik berupa pelayanan maupun dalam bentuk pembangunan,” ujar Bupati.

15 Ribu Sate Ikan Pecahkan Rekor MURI

Piagam penghargaan diterima Bupati selaku rekor sebagai Sajian Sate Ikan Nila Terbanyak

Sebanyak 15 ribu tusuk sate ikan nila disajikan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk 1.519 anak PAUD pada acara Festival Makan Sate Ikan Nila di momen Hari Jadi Kabupaten. Kegiatan tersebut sekaligus sukses memecahkan rekor sebagai Sajian Sate Ikan Nila Terbanyak, dan dicatat dalam Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), Sabtu (5/1).

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Ketua Umum Forikan Kabupaten Dharmasraya, Dewi Sutan Riska dengan rasa bangga menerima piagam dari Tim Museum Rekor-Dunia Indonesia, dalam acara yang dilaksanakan di Sport Centre Dharmasraya tersebut.

"Suatu kehormatan bagi kami, Tim Museum Rekor Dunia Indonesia bisa hadir di momen Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke 15 dan menjadi saksi atas pencatatan rekor sajian sate ikan nila terbanyak. Kegiatan ini belum pernah dilakukan di daearah manapun dan baru kali ini dilakukan dan diciptakan di Kabupaten Dharmasraya," ujar salah seorang perwakilan dari Tim Museum Rekor Dunia Indonesia, Andre, saat menyerahkan piagam kepada Bupati Dharmasraya

Pemotongan pita oleh Bupati tanda dibuka stand pameran meriahkan HUT Dharmasraya

Bupati pada kesempatan itu mengaku bangga dan mengapresiasi segenap pihak yang telah ikut berpartisipasi mensukseskan acara Festival Makan Sate Ikan Nila, hingga berhasil mencatatkan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia.

"Terimakasih saya ucapkan, terutama sekali kepada Dinas Pangan dan Perikanan, jajaran Forikan, Dinas Pendidikan, pemerintah kecamatan, nagari dan jorong, ibu-ibu PKK, DWP, guru-guru PAUD, masyarakat dan pihak-pihak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Ini adalah kesuksesan kita bersama," kata Bupati.

Dikatakannya, Festival Makan Sate Ikan Nila ini bukan semata-mata hanya untuk mencatatkan rekor MURI. Tapi lebih daripada itu, ini adalah bentuk kampanye yang dilakukan guna menumbuhkan budaya makan ikan di masyarakat, terutama sekali di kalangan anak-anak PAUD yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Bupati bersama ketua TP PKK Dharmasraya ikuti acara Ria Enes dan Boneka Susan.

"Kandungan ikan sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan anak. Makanya kita ingin anak-anak Dharmasraya agar rajin makan ikan, agar mereka tumbuh menjadi generasi yang sehat, cerdas dan berkualitas. Untuk menumbuhkan kegemaran anak terhadap ikan, kita perlu berinovasi dan berkreasi untuk mengolah ikan menjadi makanan yang disukai anak-anak, salah satunya sate ini. Agar anak-anak tidak bosan," ungkap Bupati menambahkan.

Maka dari itu, bupati juga berharap, kegiatan ini juga dapat menjadi motivasi dan menumbuhkan kreativitas ibu-ibu Dharmasraya dalam menciptakan beragam makanan berbahan ikan.

Adapun, acara Festival Makan Sate Ikan Nila ini juga turut dimeriahkan dengan kehadiran Ria Enes dan Boneka Susan.

 

Upacara Hari Jadi Dilaksanaka di Halaman Kantor Wali Nagari Koto Baru

Penaikan benderah merah putih di hari upacara HUT Dharmasraya.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga menggelar upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke 15 di Halaman Kantor Wali Nagari Koto Baru, Minggu (6/1). Upacara yang diikuti oleh segenap elemen masyarakat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

“Nagari Koto Baru merupakan salah satu tempat bersejarah atas terjadinya pemekaran Kabupaten Dharmasraya,” kata Bupati.

Di usia ke 15 tahun sekarang, Kabupaten Dharmasraya telah mengalami pertumbuhan yang pesat. Kemajuan yang dicapai saat ini tentu juga tidak terlepas dari dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, sehingga berbagai hasil pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dapat dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Dharmasraya.

Bupati tinjau pembangunan jembatan sungai dareh

Pemerintah daerah, lanjut bupati, telah menyusun berbagai program dan kegiatan yang menjadi prioritas daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Terutama yang terkait dengan pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan serta pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan perekonomian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Perdana, APBD 2019 Dharmasraya Tembus Rp 1 Triliun

Indahnya pemmandangan di kantor bupati dharmasraya di saat malam hari

Untuk pertama kalinya, ABPD Dharmasraya 2019 menembus Rp 1 triliun lebih. APBD itu teah ditetapkan bersama DPRD .

"Pencapaian ini merupakan prestasi dan kerja keras kita semua. Karena Kabupaten Dharmasraya berhasil meraih Opini WTP dalam laporan keuangan pemerintah daerah selama tiga tahun berturut-turut, penetapan Perda APBD yang tepat waktu serta pengadaan barang dan jasa yang sudah menggunakan e-procurement," ungkap bupati.

Beberapa program strategis yang telah ditetapkan pada APBD 2019, dijelaskan bupati,antara lain adalah pengoperasionalan RSUD baru, Masjid Agung, kelanjutan pembangunan jembatan pulai, rehalibitasi jalan nasional, penambahan jalan mantap, peningkatan jaringan irigasi batanghari, pembangunan embung, melanjutkan program pembebasan semua jenis pungutan di semua jenjang pendidikan baik TK, SD dan SMP

Bupati tinjau tempat pembangunan jempatan pulai

Bupati menyadari, harapan dan keinginan masyarakat pada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya akan terus meningkat sesuai dengan kemajuan informasi dan teknologi. Atas dasar itulah pemerintah daerah selalu berupaya melakukan upaya peningkatan pelayanan dasar pada masyarakat sekaligus meningkatkan pendapatan daerah.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan piagam penghargaan kepada TNI dan Polri berprestasi, serta kepada purna paskibraka Dharmasraya. Tidak itu saja salah satu dari puluhan pembangunan infrastruktur yang telah terialisasi selama kepemimpinan Suka Aman ini yang telah dirasakan oleh masyarakat yakni pengaspalan jalan baru dari Kecamatan Pulau Punjung ke Kecamatan Timpeh yang sebelumnya tidak tersentuh dan sekarang dari pulau punjung hendak menuju timpeh hanya memakan waktu 15 menit, dan itu sudah dibuktikan oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dengan menyetir kendaraan sedannya sendiri.

TNI, Polri mendapat penghargaan dari Bupati Dharmasraya.

“Ini membuktikan ke masyarakat bahwa dengan mengendarai kendaraan mobil sedan saja jalan sudah bisa kita lewati, apalagi kendaraan lain,”kata bupati.

Hebatnya lagi, bangunan gedung Kantor Bupati Dharmasraya juga di sulap seindah mungkin sehingga bagus dipandang mata siang maupun pada malam hari, juga menjadi tempat berfoto-foto oleh masyarakat untuk dijadikan latar belakang foto begitu indah. (h/*).





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM