Ramah Disabilitas, 16 Titik Drainase akan Dibangun di Padang


Senin, 07 Januari 2019 - 16:11:30 WIB
Ramah Disabilitas, 16 Titik Drainase akan Dibangun di Padang Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Padang akan membangun 16 titik drainase dan delapan titik trotoar di sejumlah lokasi di Kota Padang pada tahun ini. Proyek ini direncanakan akan mulai dikerjakan pada bulan Mei.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Padang, Fatriarman Noer didamping Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Fadelan Fitra Masta, Minggu (6/1).

Baca Juga : Tahun 2020, Capaian PAD Perumda AM Kota Padang Melebihi Target

“Saat ini sudah mulai proses lelang. Insyaallah, paling lambat bulan Mei proses pengerjaannya sudah dimulai,” ujarnya.

Pembangunan trotoar, katanya, akan dibuat ramah disabililas. Selain dibuat ramah disabilitas, trotoar akan dilengkapi lampu, tong sampah, kursi hingga papan informasi. Bahkan, trotoar yang dibangun tersebut dijamin lebih luas dibandingkan dengan yang ada saat ini.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Artikel HUT ke-46 Tahun

“Sesuai peraturan menteri PUPR terbaru, mengisyaratkan seluruh bangunan publik mesti ramah disabilitas,” katanya.

Saat ini, katanya, hampir seluruh trotoar yang ada di Kota Padang sudah ramah disabilitas. Bahkan beberapa di antaranya dilengkapi lampu dan kursi dan tong sampah. “Mudah-mudahan dengan pembenahan yang kami lakukan ini, warga Kota Padang maupun wisatawan semakin nyaman berada di sini,” ujarnya.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

Ia mengatakan, beberapa titik drainase yang akan dibangun tersebut, yakni Lubuk Buaya, Khatib Sulaiman, Anduring, Sutomo, Siteba, Tarandam, Seberang Palinggam, Lubuk Begalung, Andalas, Rawang dan lainnya. Sedangkan delapan titik trotoar, di antaranya Lolong, Ulak Karang, Gajah Mada, hingga trotoar Jalan Khatib Sulaiman.

“Trotoar Jalan Khatib Sulaiman yang sekarang akan diperlebar dan dipercantik, sehingga jalan maupun trotoar Khatib Sulaiman ini semakin luas dan setara dengan kota-kota besar di Indonesia,” katanya.

Baca Juga : Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri

Rudi (21), salah seorang mahasiswa perguruan tinggi negeri di Kota Padang mengatakan, trotoar di Kota Padang masih banyak disalahgunakan. "Sebenarnya sudah bagus, tapi masih banyak yang menggunakan trotoar untuk sepeda motor ketika macet. Tentunya selain pembangunan, pengawasan juga perlu dilakukan," ujarnya. (h/mg-mal)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]