Dua Terduga Pencuri Ponsel Diciduk Polresta Padang


Senin, 07 Januari 2019 - 18:08:18 WIB
Dua Terduga Pencuri Ponsel Diciduk Polresta Padang Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Tim Unit VI Opsnal Satreskrim Polresta Padang, mengamankan dua terduga pelaku pencurian handphone (hp) atau ponsel. Penangkapan tersebut terjadi di dua lokasi di Padang, Minggu (6/1).

Kasat Reskrim Polresta Padang, AKP Edriyan Wiguna mengatakan, pelaku diamankan di dua lokasi, yaitu satu tersangka di kawasan Pasar Pagi, Purus, Kecamatan Padang Barat, tersangka bernama Syahrial panggilan Yal (41). Kemudian di kawasan Pasar Raya Padang, dengan tersangka bernama Yaso Zisekhi Hura panggilan Yaso (42).

"Untuk kawasan Pasar pagi, Purus kecamatan Padang barat unit VI Opsnal yang dipimpin oleh IPDA Denny Juliyansah, berhasil mengamankan Syahrial pada hari minggu (6/1) sekitar pukul 01.30 WIB. Pencurian tersebut dilakukan tersangka di SPBU Taruko Jalan Bay Pass, Kecamatan Kuranji, Padang, pada Sabtu (5/1)," ujar Edriyan Wiguna.

Edriyan mengatakan, penangkapan tersangka itu, berdasarkan Laporan polisi Nomor : LP/ 11 / K / I /2019 / SPKT UNIT II, tanggal 6 Januari 2019. Atas nama pelapor, Ilham Wahyudi tentang adanya kasus pencurian.

"Untuk menanggapi laporan tersebut, kemudian anggota saya yang dipimpin oleh Ipda Denny J, melakukan pengecekan terhadap Syahrial yang menurut informasi dari masyarakat dicurigai sebagai pelaku tengah berada di dekat Pasar Pagi Purus, Kecamatan Padang Barat, Padang," ungkap Edriyan Wiguna.

Ia mengatakan, setelah diamankan, pelaku dan barang bukti di bawa ke Mapolresta Padang, guna untuk proses penyelidikan. Di Mako, mereka diintrograsi mengakui perbuatannya. Bahwa telah melakukan pencurian dengan barang bukti berupa Barang bukti satu unit HP merek Oppo A 37.

"Atas perbuatannya tersangka diduga telah melakukan tinda pidana pencurian, sebagai mana dimaksud dalam Pasal 363 Jo 362 KUH- Pidana," ucapnya.

Selanjutnya, pada Minggu (6/1) sekitar pukul 22.00 WIB, unit VI Opsnal Satreskrim Polresta Padang juga kembali mengamankan pelaku Yaso, diduga telah melakukan tindak pidana pencurian di kawasan Lubuk Minturun, Koto Tangah padaJumat (21/1).

Edriyan katakan, penangkap terhadap tersangka Yaso ini, berdasarkan laporan polisi Nomor : LP/ 2527 / K / XII /2018/ SPKT UNIT I, tanggal 21 Desember 2018, atas nama pelapor Ediyus. Selanjutnya menanggapi hal itu, tim Opsnal melakukan penyelidikan terhadap tersangka yang di curigai melakukan tindak pidana pencurian tersebut.

"Kemudian setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, diketahui tersangka Yaso ini, berada di kawasan Pasar Raya Padang. Kemudian kami langsung bergerak, sesampainya di TKP petugas langsung mengamankan tersangka dan mengamankannya ke Mapolresta Padang," ucapnya.

Ia mengungkapkan, setelah dilakukan proses interogasi, pelaku ini juga mengakui perbuatannya. Barang bukti berupa satu unit hp merk xioami redmi 5 plus warna gold, juga diamankan ke Mapolresta Padang.

"Tersangka Yaso, yang diduga telah melakukan tinda pidana pencurian, dengan ancaman sebagai mana dimaksud dalam Pasal 363 ayat 2  KUH- Pidana," ucap Edriyan Wiguna. (h/mg-pmi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: redak[email protected]