40 Persen Irigasi di Sumbar Butuh Revitalisasi


Selasa, 08 Januari 2019 - 11:07:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi
40 Persen Irigasi di Sumbar Butuh Revitalisasi Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Anggota Komisi IV DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin menyampaikan, 40 persen irigasi yang ada di kabupaten/kota butuh direvitalisasi. Untuk menuntaskan persoalan ini dibutuhkan anggaran sekitar Rp215 miliar, namun karena APBD Sumbar terbatas belum semuanya terakomodir dengan baik.

Politisi Golkar ini melanjutkan, perbaikan irigasi yang berhubungan dengan ketahanan pangan mesti menjadi prioritas karena wilayah Sumbar adalah kawasan pertanian.

"Diharapkan ke depan masalah irigasi ini terus mendapat perhatian dari dinas terkait,” ujarnya, Jumat (4/1).

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Datuak Intan Bano menyampaikan, saat ini Sumbar sudah berada dalam kondisi swasembada pangan, dan pemerintah daerah sedang mendorong Sumbar untuk menuju mandiri pangan. Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah Sumbar sampai pada posisi kedaulatan pangan.  

"Agar Sumbar bisa sampai pada fase kedaulatan pangan, dibutuhkan sarana irigasi yang memadai. Tinggal lagi bagaimana pemerintah daerah bisa menyediakan hal tersebut, dengan dukungan pusat juga tentunya," tukas Arkadius. (h/len)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Desember 2018 - 12:26:09 WIB

    Setelah 1403 Masehi, Sumpah Sati Bukik Marapalam Kembali Dikukuhkan

    Setelah 1403 Masehi, Sumpah Sati Bukik Marapalam Kembali Dikukuhkan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -- Sumpah Sati Bukik Marapalam yang melahirkan filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK) sebagai identitas masyarakat Minangkabau dikukuhkan kembali di Puncak Pato, Nagari.
  • Selasa, 10 April 2018 - 18:59:34 WIB

    Lantamal II Padang Bakal Punya 1400 Prajurit Tantama

    Lantamal II Padang Bakal Punya 1400 Prajurit Tantama PADANG, HARIANHALUAN.COM—Personel Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang bakal ditambah. Penambahan itu dilakukan di strata perwira, bintara dan tantama..
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 01:17:06 WIB

    40 Bidan PTT Lulus Diklat Prajabatan

    40 Bidan PTT Lulus Diklat Prajabatan PARIAMAN, HALUAN — Empat puluh peserta diklat pra jabatan dari Pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan RI (Bidan Desa), dinyatakan lulus 100 persen. Pernyataan diungkapkan Kepala BKPSDM Kota Pariaman, I.
  • Senin, 06 November 2017 - 00:47:18 WIB

    BKKBN Edukasi 400 Kader KB Tanah Datar

    BKKBN Edukasi 400 Kader KB Tanah Datar TANAH DATAR, HALUAN - Sekitar 400 orang kader Keluarga Berencana (KB) di Tanah Datar mendapatkan edukasi untuk turut mensukseskan program KB secara nasional. Agenda komunikasi, informasi dan edukasi kreatif tersebut diusung B.
  • Rabu, 27 September 2017 - 03:23:29 WIB

    40 Karya Seniman Seni Rupa Tampil di Tambud

    40 Karya Seniman Seni Rupa Tampil di Tambud PADANG, HALUAN — Yayasan Seni Rupa Sumbar mengadakan pameran seni rupa bertajuk Matrilini di Taman Budaya (Tambud) Sumbar mulai 25 September sampai dengan 2 Oktober. Matrilini adalah pameran kedua dengan subtema “Minangka.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM