Pemko Padang Diminta Perhatikan Bangunan Tua


Selasa, 08 Januari 2019 - 11:19:20 WIB
Pemko Padang Diminta Perhatikan Bangunan Tua Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang hendaknya menginventarisir gedung-gedung tua bersejarah. Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Surya Djufri Bitel, Senin (7/1) mengatakan, pemerintah untuk mendata bangunan tua, baik yang ditinggalkan pemilik atau masih ditempati.

Pendataan gedung tua, termasuk Bangunan Cagar Budaya (BCB). Melainkan gedung-gedung yang tidak terpelihara, rapuh dan rentan ambruk. Pemko agar berkoordinasi dengan aparatur kecamatan untuk membantu menginventarisir banguan tua. Bila bangunan tua masuk dalam kategori BCB, maka harus diberikan perhatian khusus.

Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Ilham Maulana mengatakan, Kota Padang adalah salah satu kota yang tinggi akan nilai sejarahnya. Namun secara perlahan-lahan semakin memudar. Banyak bangunan-bangunan tua yang masuk cagar budaya terlihat tak terurus, bahkan terbengkalai.

"Bangunan tua itu seharusnya dipertahankan, bukan dihancurkan. Sayang, jika terus-terusan terbengkalai seperti itu. Kalau dijadikan museum bagus. Kalau dijadikan kantor juga tidak apa-apa. Dua-duanya bagus. Karena kedua-duanya bisa menyumbang pendapatan daerah. Tapi yang terpenting bangunan itu tetap masuk dalam nilai sejarahnya," katanya.

Ia menyebutkan, pemerintah harus memberikan perhatian khusus. Daerah tersebut perlahan-lahan identitas sejarahnya semakin hilang.

"Kami ingin sejarah ini benar-benar nyata. Maka dari itu, butuh orang-orang yang kreatif," ujarnya.

"Kami ingin sejarah ini juga bisa diketahui oleh anak cucu atau generasi-generasi selanjutnya. Karena bagaimanapun bangunan tua ini memiliki nilai sejarah," tuturnya. (h/ade)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM