Jelang Pileg 2019, Warga Padang Diminta Waspada Hoaks


Selasa, 08 Januari 2019 - 11:28:43 WIB
Jelang Pileg 2019,  Warga Padang Diminta Waspada Hoaks Ilustrasi (net)

PADANG, HARIANHALUAN,COM -- Menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, akan banyak isu hoaks bermunculan. Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Faisal Nasir meminta masyarakat mewaspadai maraknya berita hoaks.

"Menjelang pileg, semakin banyak berita hoax yang beredar. Misalnya ada oknum yang menyebarkan berita hoaks lawan politiknya. Tentu ini menjadi perhatian, khususnya untuk masyarakat," ujarnya.

Dia pun mengimbau, masyarakat berhati-hati dalam menerima informasi. Ia meminta, warga tidak langsung membagikan informasi-informasi yang mungkin merupakan hoaks. "Misalnya ada masyarakat yang mendapat sebaran informasi yang dirasa mengandung hoaks, sebaiknya jangan di share (bagikan)," tuturnya, Senin (7/1).

Ia mengatakan, masyarakat memang dibebaskan mengeluarkan opini di era demokrasi ini. Namun dia meminta, masyarakat tetap memperhatikan batasan-batasan yang ada. Hal tersebut, lantaran saat ini kebebasan berpendapat kerap dimaknai secara salah kaprah. Misalnya, seperti menyebar berita bohong yang justru merugikan banyak pihak.

"Jangan sampai berita-berita hoaks yang bermunculan, mencederai demokrasi atau bahkan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Arpendi meminta, netizen mengecek informasi yang didapat terlebih dahulu sebelum menyebarkannya. Ia menilai, langkah tersebut untuk menghindari pelanggaran hukum.

"Sebelum menyebarkan berita, harus dipastikan kebenarannya. Jangan sampai menyebar berita hoax, namun tidak mengetahui siapa yang memulai, sehingga malah melanggar UU ITE," ucapnya.

Ia berharap, para pelaku penyebar hoaks dihukum sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada. Ia meminta, pemerintah tidak tebang pilih dalam menangani kasus berita hoax atau ujaran kebencian.

Ia mengingatkan, agar masyarakat tidak berseteru satu sama lain di tahun politik.

“Pilih caleg yang baik, setelah itu rukun kembali. Jangan sampai dibawa bertahun-tahun suasana pemilu masih ada, kebencian diangkat-angkat terus,” katanya.

Jelang tahun politik mendatang, gesekan antar masyarakat bisa saja terjadi karena merebaknya berita hoaks. Penyebaran berita hoaks melalui media sosial, akan semakin massif menjelang tahun politik. (h/ade)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 16:25:33 WIB

    Sampah Plastik Diprediksi Meningkat 10 Hari Jelang Idul Fitri

    Sampah Plastik Diprediksi Meningkat 10 Hari Jelang Idul Fitri PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mempresiksi jumlah sampah plastik di Kota Padang akan meningkat drastis 10 hari menjelang hari raya idul fitri. Puncak dari meningkatnya sampah plastik ini .
  • Kamis, 04 April 2019 - 17:51:13 WIB

    Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga

    Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jelang bulan Ramadan, pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok. Pasalnya, bakal mengalami kenaikan secara perlahan, sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah..
  • Jumat, 21 September 2018 - 14:11:10 WIB

    Pemko Padang Kejar Target KTP-el Jelang Pemilu

    Pemko Padang Kejar Target KTP-el Jelang Pemilu PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemko Padang masih membutuhkan anggaran sebanyak Rp1,5 miliar untuk menyelesaikan tunggakan KTP Elektronik (el) bagi warga Kota Padang. Upaya percepatan perekaman dan pencetakan terus dikejar jelang.
  • Rabu, 16 Mei 2018 - 14:31:38 WIB

    Jelang Ramadan, Bus di Padang Diserbu Penumpang

    Jelang Ramadan, Bus di Padang Diserbu Penumpang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Jelang Ramadan, penumpang pada beberapa angkutan umum antarkota, kabupaten, dan provinsi meningkat. Hal itu terjadi karena orang-orang ingin berkumpul dengan keluarga di kampung halaman pada puasa p.
  • Jumat, 20 April 2018 - 11:59:23 WIB

    Jelang Ramadan, Tingkatkan Razia Penyakit Masyarakat

    Jelang Ramadan, Tingkatkan Razia Penyakit Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM----Jelang bulan suci Ramadan, Satpol PP Kota Padang  agar menggelar operasi Penyakit masyarakat (Pekat) di sejumlah tempat hiburan malam di Kota Padang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM