Pengembangan Pelabuhan Panasahan Dilanjutkan


Kamis, 10 Januari 2019 - 12:35:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pengembangan Pelabuhan Panasahan Dilanjutkan Pembangunan Pelabuhan Panasahan Painan, Kecamatan IV Jurai, Pessel, akan dilanjutkan tahun ini. OKIS

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) optimis pengembangan pelabuhan Teluk Panasahan Painan akan terealisasi tahun ini. Bahkan Kementerian Perhubungan kabarnya telah menyediakan anggaran Rp57 miliar untuk melanjutkan pembangunan pelabuhan ini.

Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan pada Dinas Perhubungan, Pessel, Fadli Amran, menyebutkan, terkait kelanjutan pembangunan pelabuhan ini telah didapat  kesepakatan antara pemerintah daerah dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

"Sebab, detail enginering design (DED) dan perubahan master plant Pelabuhan Panasahan rampung tahun ini. Secara teknis kami sudah bahas bersama. Untuk biaya keduanya mencapai Rp2 miliar. Itu masuk dalam APBD induk dan perubahan 2019," ucap Fadli kepada wartawan di Painan Rabu, (9/1) di Pessel.

Ia menjelaskan, Kementerian Perhubungan berencana melanjutkan pembangunan Pelabuhan Panasahan Painan melalui APBN senilai Rp57 miliar. Hal itu, lanjut dia, sebagai persyaratan dari kementerian, bahwa daerah wajib merevisi master plant dan DED karena yang lama dinilai tidak berlaku lagi.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), Mukhridal, mengaku, hingga kini pihaknya telah menyiapkan lahan sesuai kebutuhan pengembangan pelabuhan Panasahan Painan. Bahkan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) telah menyiapkan peta bidang lahan tersebut.

Menurut dia, sesuai prosedur dan mekanisme yang ada, maka untuk pengadaan yang dilakukan nantinya pemerintah akan mengganti luas tanah, tanaman dan bangunan yang terdampak pembangunan tersebut, dengan prinsip tidak merugikan masyarakat.

"Untuk sertifikasi lahan mudah-mudahan tahun ini rampung. Sebab, pelabuhan itu sangat penting keberadaannya bagi perekonomian masyarakat ke depannya," ujarnya.

Diketahui saat ini, Pelabuhan Panasahan Painan akan memiliki dua dermaga. Dimana dermaga I dengan panjang 50x15 meter dan kedalaman kolam mencapai -10 LWS. Dan dermaga II dengan panjang 120x12 meter dan kedalaman kolam pelabuhan mencapai-12 LWS, tahun ini. (h/kis)

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 Januari 2018 - 22:39:21 WIB

    Wagub Sumbar Dukung Pengembangan Tarok City Sebagai KPT

    Wagub Sumbar Dukung Pengembangan Tarok City Sebagai KPT PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-185, Kamis (11/1) di komplek IKK Paritmalintang. Perayaan HUT tersebut dimulai dengan Paripurna Istimewa DPRD Padang P.
  • Kamis, 24 Agustus 2017 - 09:56:23 WIB

    PT Japfa Bantu Pengembangan Sekolah di Solok Selatan

    PT Japfa Bantu Pengembangan Sekolah di Solok Selatan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk unit Padang melaksanakan pelatihan dan pengembangan bagi tujuh sekolah dasar di Solok Selatan (Solsel). Pelatihan bertujuan supaya sekolah menjadi tempat yang .
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 11:31:58 WIB

    Tujuh Kelurahan jadi Sasaran Pengembangan Kampung KB di Padang Panjang

    Tujuh Kelurahan jadi Sasaran Pengembangan Kampung KB di Padang Panjang PADANGPANJANG, HA­LUAN – Setelah sukses dengan capaian di Kampung KB di Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Pa­dang Panjang, Koordinator PKB/PLKB Padang Panjang Timur berencana mengembangkan program serupa di tujuh kelurah.
  • Senin, 31 Oktober 2016 - 00:51:39 WIB

    Pemuda Berperan dalam Pengembangan Daerah

    SOLSEL, HALUAN — Wakil Ketua DPRD Solok Selatan (Solsel), Armen Syahjohan menyatakan pemuda sebagai ujung tombak dalam pemba­ngunan serta pengembangan potensi daerah. Hal itu dikatakan Armen Syahjohan pada Haluan, Minggu,.
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 03:01:45 WIB

    Rp100 Juta Dianggarkan untuk Pengembangan GOR

    Rp100 Juta Dianggarkan untuk Pengembangan GOR PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman sedang membuat peren­ca­naan pengembangan Gedung Olahraga (GOR) yang ter­dapat di Pauh Pariaman un­tuk menjadi gedung serba guna..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM