Ketua Komisi I DPRD Sumbar Dukung Diamankannya Buku yang Diduga Berbau PKI


Jumat, 11 Januari 2019 - 11:00:20 WIB
Ketua Komisi I DPRD Sumbar Dukung Diamankannya Buku yang Diduga Berbau PKI Anggota TNI AD dari Kodim 0312 Padang bersama Kejaksaan Negeri (Kejari), Polresta, Kesbangpol dan Satpol PP mengamankan sejumlah buku yang dianggap bermuatan ideologi komunis atau tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) di salah satu toko buku di kawasan Pondok, Jalan Hos Cokroaminoto, Padang. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Dukungan penyitaan buku yang diduga berbau PKI juga disampaikan Ketua Komisi I DPRD Sumbar yang membidangi pemerintahan, Afrizal. Ia ikut mengapresiasi langkah Kodim 0312 Padang bersama Kejaksaan Negeri (Kejari), Polresta, Kesbangpol dan Satpol PP dalam mengamankan sejumlah buku yang dinilai bermuatan ideologi komunis atau tentang Partai Komunis Indonesia (PKI).

Afrizal mengatakan, sesuai TAP MPR RI PKI dilarang di Indonesia, apalagi tahun 1965 sejarah juga telah mencatat kekejaman PKI.

"Tahun 65 itu bisa diketahui dari sejarah kalau PKI telah menghancurkan bangsa. Jadi kalau ada hal-hal berbau PKI yang masih muncul, tugas aparatlah mengamankan itu," ujarnya.

Ia menambahkan, PKI adalah bahaya laten, jika dibiarkan hidup ideologi ini akan mengancam kedaulatan bangsa.

"Untuk masyarakat, jika mengetahui ada hal-hal yang berbau komunis atau PKI ini muncul, kami imbau agar dilaporkan, sehingga bisa diantisipasi pemerintah melalui aparat yang ada," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, Endarmy. Jika hal-hal yang berbau PKI menyebar di masyarakat, menurut dia pemerintah memang wajib mengamankannya. "Sudah pas itu, apa yang dilakukan Kodim dan instansi lain yang ikut mengamankan buku-buku tersebut. Jika memang ada yang seperti itu harus dimusnahkan," ucap Endarmy.

Sebelumnya, anggota TNI AD dari Kodim 0312 Padang bersama Kejari, Polresta, Kesbangpol, dan Satpol PP mengamankan sejumlah buku yang dinilai bermuatan ideologi komunis atau tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) di salah satu toko buku di kawasan Pondok, Jalan Hos Cokroaminoto atau tepatnya di depan Pusat Koperasi Kartika "B" Bukit Barisan, Kota Padang, Selasa (8/1) sekitar 16.00 WIB.

Petugas mengamankan 9 buku dengan rincian buku berjudul Kronik 65 (dua), Mengincar Bung Besar (dua), Anak anak Revolusi (satu) Gestapu 65 PKI (satu) dan Jas Merah (tiga). Setelah diamankan, buku tersebut dibawa ke Komando Rayon Militer (Koramil) 01.

Komandan Kodim 0312 Letkol CZI Rielman Yudha mengatakan, informasi adanya buku berbau atau ajaran PKI didapat dari laporan masyarakat. Mendapat laporan, Kodim berkordinasi dengan berbagai pihak untuk melakukan pengecekan. Dan saat di lokasi ditemukan sejumlah buku yang diduga bermuatan PKI.

"Kami berdasarkan TAP MPRS NO. XXV Tahun 1966 (Larangan Komunis di NKRI), UU NO. 27 Tahun 1999 tentang perubahan pasal dalam KUHP. Dan untuk sementara buku kami amankan, dan menunggu penyelidikan selanjutnya," ujar Rielman.(h/mg/dan/len/mg-hen)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Agustus 2019 - 20:31:45 WIB

    Jadi Ketua Termuda, Zigo Rolanda Siap Pimpin DPRD Solok Selatan

    Jadi Ketua Termuda, Zigo Rolanda Siap Pimpin DPRD Solok Selatan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Solsel sementara Zigo Rolanda mengatakan kedepan bakal melakukan evaluasi internal DPRD setempat dalam meningkatkan kinerja dan menjadi mitra Eksekutif. Politisi Partai Golkar itu .
  • Kamis, 08 Agustus 2019 - 11:36:50 WIB

    350 Th Kota Padang, Ketua LKAAM Sorot Kesemrawutan Angkutan Umum di Jalan Hamka

    350 Th Kota Padang, Ketua LKAAM Sorot Kesemrawutan Angkutan Umum di Jalan Hamka PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Lembaga Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sayuti mengucapkan selamat atas HUT Kota Padang yang ke-350 tahun..
  • Senin, 22 Juli 2019 - 17:25:05 WIB

    Kursi Ketua DPRD Solsel Akan Diisi Partai Golkar

    Kursi Ketua DPRD Solsel Akan Diisi Partai Golkar SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Tiga Partai Politik (Solsel) di Solok Selatan (Solsel) memperoleh masing-masing empat kursi di DPRD setempat. Pertama, partai Golkar perolehan suara terbanyak 14.674 suara. Kedua, PAN peroleh.
  • Rabu, 10 Juli 2019 - 17:14:06 WIB

    Ketua PKK Sumbar Bersama Bupati Ali Mukhni Tanam Mangrove di Pantai Tiram

    Ketua PKK Sumbar Bersama Bupati Ali Mukhni Tanam Mangrove di Pantai Tiram PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni lakukan penanaman Mangrove di Pantai Tiram Ulakan Tapakis bersama isteri Gubernur Sumbar Nevi Zuairina beserta pejabat Pemprov Sumbar, Pemkab Padang Paria.
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 16:58:01 WIB

    Ketua IKESMA Dorong Riza Falepi Jadi Gubernur

    Ketua IKESMA Dorong Riza Falepi Jadi Gubernur PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Dorongan dan dukungan kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi agar maju di Pilgub Sumbar mendatang terus berdatangan. Kali ini sokongan datang dari Ketua Umum Ikatan Keluarga Eks SMA 1 (IKESMA) .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM