Dibatalkan Ormas, Ini Penjelasan Pihak Aksi Kamisan Bukittinggi


Jumat, 11 Januari 2019 - 14:02:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Dibatalkan Ormas, Ini Penjelasan Pihak Aksi Kamisan Bukittinggi Aksi Kamisan Bukittinggi

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) Bukittinggi membatalkan aksi yang bakal dilakukan sejumlah orang yang tergabung dalam Aksi Kamisan, di Monumen Bung Hatta, pada Kamis (11/1). Aksi Kamisan tersebut diadakan terkait diamankannya sejumlah buku oleh aparat TNI dan Forkopimda Padang.

Inisiator Aksi Kamisan, Renaldi atau yang disapa Rere pada Harianhaluan.com mengatakan, aksi yang dilakukan adalah reaksi tentang buku yang diamankan oleh aparat, bukan mendukung komunisme.

"Padahal di brosur yang diedarkan jelas-jelas ada judul atau tema yakni "Membredel Buku, Membelenggu HAM" dan ini murni kepedulian untuk dunia intelektual. Peserta terbuka untuk umum, baik mahasiswa, pelajar semuanya boleh ikut," ujar Rere, Jumat (11/1).

Ia menjelaskan, aksi itu rencananya dilakukan pada Kamis (10/1) sekitar 16.00 WIB. Namun, sebelum dimulainya aksi, sejumlah ormas sudah mendatangi peserta.

"Kebetulan pada saat itu memang ada aksi damai juga di DPRD Bukittinggi, entah sengaja atau tidak, maka bertemulah dengan ormas. Tanpa perbicangan kami langsung dituduh PKI. Sekali lagi kami hanya aksi untuk peristiwa tang terjadi di Padang,soal penyitaan buku. Dan salahkah di negara demokrasi ini di negara yang memiliki kebebasan untuk berpendapat kami melakukan aksi," tuturnya menanyakan.

Ia menyampaikan, setelah aksi ormas tersebut, teman-temannya takut untuk keluar dari rumah.

"Kasihan kawan-kawan, jadi takut ke luar karena berita hoaks yang beredar, seakan-akan kami PKI," ucapnya. (h/rvo)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM