Budi Daya Sereh Wangi di Agam Menjanjikan


Selasa, 15 Januari 2019 - 10:49:05 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Budi Daya Sereh Wangi di Agam Menjanjikan Ilustrasi (net)

AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Usaha budi daya sereh wangi menjanjikan. Alasannya, minyak sereh wangi banyak dibutuhkan kalangan industri. Harganya bagus, dan tidak membutuhkan teknologi yang rumit dalam proses produksi.

“Makanya, kami menganjurkan kepada Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKM) untuk melakukan usaha tersebut di lahan HKM yang mereka kelola,” kata Ir. Afniwirman, Kepala KPH Agam Raya, Minggu (13/1) di Lubuk Basung.

Menurutnya, kini baru Kelompok HKM Kampuang Malayu, Jorong Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, yang mengusahakan perkebunan sereh wangi. Saat ini HKM Kampuang Malayu baru memanfaatkan 7 ha lahan, dari potensi 22 ha.

“Tanaman sereh wangi tumbuh subur. Menurut rencana akan dipanen pekan terakhir Januari ini,” ujarnya.

Menyinggung produktivitas, Afniwirman menyebutkan, 1 ha sereh wangi menghasilkan 10 ton sereh segar. Bila disuling, 1 ton sereh segar akan menghasilkan minyak sereh sekitar 7 sampai 8 kg. Saat ini 1 kg minyak sereh wangi dihargai pedagang sekitar Rp300.000.

Dari 7 ha tanaman sereh wangi milik HKM Kampuang Malayu baru 2,5 ha yang bisa dipanen. Dari 25 ton sereh segar akan dihasilkan sekitar 175 kg minyak sereh. “Diperkirakan HKM Kampuang Malayu akan meraup penghasilan bruto Rp52.500.000,” ujarnya menjelaskan.

Harga demikian kondisi di tempat produksi, dalam artian pembeli datang ke lokasi HKM.

Karena dinilai menjanjikan, pihak Bank Nagari Cabang Lubuk Basung tertarik untuk inves. Menurut rencana, Kacab Bank Nagari Lubuk Basung akan ikut menyaksikan penen perdana sereh wangi Kelompok HKM Kampung Malayu. “Beliau tertarik untuk ikut membantu permodalan usaha sereh wangi di Agam,” ujarnya pula.

Dijelaskan, menurut rencana panen perdana dimaksud akan dilaksanakan Jumat (25/1). Namun besar kemungkinan akan diundur, karena beberapa alasan. Alasan dimaksud, antara lain hari Jumat waktu untuk bekerja terbilang pendek, beberapa pejabat yang diharapkan banyak berhalangan. Makanya, rencana panen akan dijadwal ulang.

Karena begitu menjanjikan, kini dua Kelompok HKM menyatakan keinginannya untuk mengikuti langkah HKM Kampuang Malayu. HKM dimaksud adalah HKM Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, dan HKM Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari.

Berkemungkinan Kelompok HKM Pasia Laweh terlebih dahulu melalkukan usaha kebun sereh wangi, bekerja sama dengan KPH Agam Raya. Alasannya, kelompok itu lebih siap, dan sudah memiliki Badan Usaha Milik Nagari (BUM) Nagari yang lebih mapan.

Walau demikian, bukan berarti pihak KPH Agam Raya tidak akan melakukan kerja sama dengan Kelompok HKM Sitalang. Hanya mungkin setelah realisasi kerja sama dengan Kelompok HKM Pasia Laweh.

Nanti, pemasaran minyak sereh wangi akan dilakukan BUMNag masing nagari yang menghasilkan minyak sereh wangi. Dengan demikian akan terjadi sinergitas antara Kelompok HKM dengan BUMNag.

“Bila pemasaran produk anak nagari ditangani BUMNag, akan terjadi penasaran satu tangan yang berarti kepastian harga semakin bisa dilakukan,” ujarnya pula menjelaskan. (h/sst)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Juni 2018 - 12:37:03 WIB

    Anton Budidayakan Stroberi di Pasbar

    Anton Budidayakan Stroberi di Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM-- Anten Susanto (40 tahun) seorang petani di Nagari Sinuruik Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berhasil mengembangkan stroberi di sekitar pekarangan rumahnya..
  • Selasa, 19 September 2017 - 17:40:22 WIB

    Potensi Budidaya Udang di Tanjung Mutiara

    Potensi Budidaya Udang di Tanjung Mutiara AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) mendukung rencana pembudidayaan udang vaname yang sedang dipersiapkan pada pesisir pantai Tanjung Mutiara dan akan membantu peralatannya .
  • Kamis, 13 Juli 2017 - 14:16:36 WIB

    Budidaya Jamur, KWT di Sijunjung Ini Raup Untung Rp200 Ribu Per Hari

    Budidaya Jamur, KWT di Sijunjung Ini Raup Untung Rp200 Ribu Per Hari SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-- Jamur tiram kian diminati masyarakat. Pasalnya, jamur tersebut bisa mengobati berbagai macam penyakit serta memberikan keuntungan berlipat ganda bagi petani..
  • Kamis, 04 Mei 2017 - 09:51:50 WIB

    Melihat Budi Daya Pepaya Madu di Nagari Taram

    Melihat Budi Daya Pepaya Madu di Nagari Taram LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Masih jarang petani yang benar-benar memanfaatkan peluang pertanian buah Pepaya di Limapuluh Kota. Harga papaya yang dinilai masih rendah, yakni pada angka ribuan rupiah per kilogram, menj.
  • Rabu, 11 Mei 2016 - 04:08:27 WIB
    Usia Tua Bukan Halangan Berbisnis

    Budi Pasarkan 500 Kue Tiap Pagi

    Budi Pasarkan 500 Kue Tiap Pagi Budhi H (62) bersama isterinya Nurhayati (61) bangun setiap subuh untuk mengemas bermacam kue, seperti nasi lemak, bolu potong, bolu kukus, dan marmarkit..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM