Pemkab Agam Tebar Dua Juta Bibit Ikan


Selasa, 15 Januari 2019 - 10:56:06 WIB
Pemkab Agam Tebar Dua Juta Bibit Ikan Dokumentasi Haluan

AGAM, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Agam, pada tahun 2019 menargetkan penebaran bibit ikan di lubuk larangan dan kolam masyarakat mencapai dua juta bibit.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto, Senin (14/1) mengatakan, bibit ini merupakan pengadaan pada 2019. Bibit ikan hasil pemijahan di dua unit Balai Benih Ikan milik Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam.

Ia menjelaskan, beragam bibit bakal ditebar pada banyak tempat, bibit ikan nila dan koi akan ditebar ke lubuk larangan. Sementara ikan lele dan gurami akan ditebar ke kolam milik kelompok pembudidaya ikan.

Pada 2018, pihaknya menebar 857.500 ekor bibit ikan nila, koi, lele dan gurami. Penebaran bibit ikan ini merupakan program tahunan dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan setempat.

Dari dua juta bibit ikan itu nila sebanyak 1.900.000 ekor jrnis nila, koi 20 ribu ekor, jenis lele sebanyak 40 ribu ekor, gurami 40 ribu ekor. Penebaran bibit ini untuk mengaktifkan lubuk karangan dan kolam milik masyarakat, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, untuk mendapatkan bantuan masyarakat dan kelompok pembudidaya ikan
bisa mengajukan permohonan kepada Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan.

Selain itu, meningkatkan produksi ikan air tawar di daerah itu, karena saat ini kondisi air Danau Maninjau tercemar berat. Bantuan tersebut juga merupakan bentuk dukungan dalam mendorong perekonomian masyarakat.

" Kelompok yang akan mendapatkan bantuan bibit ikan gurami dan lele, mereka akan kita bantu pakan ikan. Kami juga mengajak agar masyarakat yang menerima bantuan bibit untuk mengembangkan budidaya di tengah masyarakat," katanya. (h/yat)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM