Bangun Drainase Jalan Lingkung, DPRKPP Anggarkan Rp6,56 Miliar


Rabu, 16 Januari 2019 - 15:26:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bangun Drainase Jalan Lingkung, DPRKPP Anggarkan Rp6,56 Miliar Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Padang mendapatkan anggaran Rp6,56 milliar untuk pembangunan drainase lingkungan pada tahun 2019 ini.

“Anggaran ini jauh lebih besar dari tahun 2018 yang hanya mendapatkan Rp841 juta,” ujar Kepala DPRKPP, Yenni Yuliza saat ditemui Haluan, kemarin.

Ia mengatakan, tahun lalu DPRKPP memang fokus untuk membangun jalan lingkungan.

"Perbaikan drainase ini baru dimulai pada tahun 2018, dan saat itu bisa dikatakan masih lebih fokus kepada jalan lingkungan. Tahun ini baru kami lanjutkan lagi," ujarnya.

Kenaikan ini, kata Yenni, tidak terlepas dari perbaikan jalan lingkungan yang sudah banyak, namun drainase masih jauh ketinggalan.

"Pembangunan drainase ini juga akan berkoordinasi dengan pihak PUPR. Karena percuma saja setelah dilakukan perbaikan untuk drainase lingkungan tapi aliran dari daerah itu tidak lancar ke sungai," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengusahakan pembangunan drainase lingkungan di daerah yang memang sudah diperbaiki oleh Dinas PUPR.

Saat ini, kata Yenni, pihaknya sedang turun ke lapangan untuk memastikan daerah yang memang layak untuk dibangun.

Selain itu, pihaknya juga akan memprioritaskan pembangunan drainase kepada daerah yang sudah dilakukan pembangunan jalan lingkungan.

"Kita tidak menampik bahwa akan mempunyai kendala nantinya, seperti usulan jalan dan drainase berbeda. Seperti usulan jalan A, namun usulan drainase di daerah B," katanya.

Sebelumnya, DPRKPP menargetkan bisa mengerjakan 37 sampai 38 km jalan lingkung pada tahun 2019 ini dengan anggaran Rp5,4 miliar. Yenni mengatakan, anggaran tersebut merupakan asli dari APBD Kota Padang.

“Kita menargetkan bisa menyelesaikan 37km sampai dengan 38km tahun ini. Target ini lebih tinggi dari pengerjaan kita pada tahun 2018 lalu, yakni 32 km,” ujarnya.

Semenjak tahun 2014, kata Yenni, pengerjaan jalan lingkung sudah hampir mencapai target dari Program Unggulan (Progul) Wali Kota, Mahyeldi dan Wakil Wali Kota, Emzalmi yang menargetkan 329km lebih pembangunan jalan lingkung pada periode 2014 sampai 2019.

“Sekarang masih gantung, sedikit lagi akan mencapai target. Dengan dikerjakannya jalan lingkung pada tahun ini, semuanya akan melebihi target,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun lokasi mana saja yang akan dilakukan pengerjaan jalan lingkung.

Namun, sudah banyak usulan yang masuk kepada DPRKPP, baik dari masyarakat, Pokir DPRD, dan usulan masyarakat yang langsung disampaikan kepada pimpinan daerah.

“Masyarakat yang ingin mengusulkan kepada kelurahan, dan nanti akan dilihat daerah mana yang akan dijadikan prioritas untuk dibangun.

Karena pihaknya akan melakukan verifikasi ke lapangan apakah daerah ini memang layak untuk didahulukan,” katanya.

Pengerjaannya, kata Yenni, akan disebar ke seluruh kecamatan di Kota Padang. Namun, daerah pinggir kota seperti Koto Tangah akan sedikit diprioritaskan karena memang jumlah jalan lingkung yang layak diperbaiki lebih banyak dari daerah lain.

“Kalau Padang Barat tidak akan banyak, karena memang ini termasuk pusat kota. Jadi, jalan lingkungnya sudah bisa dikatakan sudah banyak yang baik,” sebutnya.

Ditambahkannya, jalan lingkung yang akan dibangun terdiri dari jalan aspal dan jalan beton sesuai dengan kondisi daerah yang dibangun.

Jalan aspal akan diberikan apabila sudah terdapat pengerasan sebelunya, seperti pembetonan dari swadaya masyarakat.

“Apabila belum ada pengerasan, tentu kami akan melakukan pembetonan,” katanya.

Ia mengatakan, proses pelelangan akan dilakukan pada bulan Februari. Saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan untuk proses pelelangan.

“Seharusnya pelelangan kan di bulan Maret, namun saya mengusahakan pelaksanaan lelang bisa dipercepat agar proses pengerjaan bisa segera berlangsung,” ujarnya. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Maret 2019 - 10:16:29 WIB

    Hotel Bertaraf Internasional Bakal Dibangun di Padang

    Hotel Bertaraf Internasional Bakal Dibangun di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rencana pembangunan hotel di Kota Padang tahun ini, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mendukung penuh rencana tersebut. Ia meminta supaya hotel yang dibangun hendaknya berbintang tiga ke atas..
  • Kamis, 14 Maret 2019 - 13:10:26 WIB

    Wali Kota Padang: Mari Gelontorkan Ide untuk Pembangunan Padang Lewat PEC 2019

    Wali Kota Padang: Mari Gelontorkan Ide untuk Pembangunan Padang Lewat PEC 2019 PADANG, HARIANHALUAN.COM--Padang Economic Conference (PEC) 2019 resmi dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Dr. Iskandar Simorangkir, di Hotel Grand Inna, Padang..
  • Rabu, 27 Februari 2019 - 12:20:00 WIB

    Pemko Padang Berencana Bangun Gedung Parkir di Samping Polresta

    Pemko Padang Berencana Bangun Gedung Parkir di Samping Polresta PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Minimnya lahan parkir di Kota Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera bangun gedung parkir di pangkalan angkot samping Polresta Padang. Rencana tersebut saat ini sedang dalam pemb.
  • Kamis, 31 Januari 2019 - 15:04:06 WIB

    Pemko Akan Bangun Kolam Retensi

    Pemko Akan Bangun Kolam Retensi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemko Padang melalui anggaran provinsi akan membangun retarding bansin atau kolam retensi guna mengatasi permasalahan banjir di Kota Padang. Retarding Bansin ini berguna untuk menampung debit huja.
  • Selasa, 08 Januari 2019 - 11:19:20 WIB

    Pemko Padang Diminta Perhatikan Bangunan Tua

    Pemko Padang Diminta Perhatikan Bangunan Tua PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang hendaknya menginventarisir gedung-gedung tua bersejarah. Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Surya Djufri Bitel, Senin (7/1) mengatakan, pemerintah untuk mendata bang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM