Wacana Presiden Naikan Gaji Perangkat Desa, Irwan Prayitno: Dananya Ada atau Tidak?


Kamis, 17 Januari 2019 - 10:30:45 WIB
Wacana Presiden Naikan Gaji Perangkat Desa, Irwan Prayitno: Dananya Ada atau Tidak? Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno (IP) menyatakan dukungannya atas wacana kenaikan gaji perangkat desa (di Sumbar, nagari) yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. Namun di sisi lain, ia menyangsikan kesiapan anggaran daerah untuk memenuhi kebutuhan kenaikan gaji perangkat desa itu.

"Kami mendukung rencana itu karena itu pasti akan meningkatkan kesejahteraan para perangkat desa yang selama ini memang kurang terperhatikan. Hanya saja, pertanyaannya sekarang adalah dananya ada atau tidak? Kalau mengandalkan APBD (anggaran daerah) jelas tidak memadai," kata Irwan usai menghadiri Semiloka dan FGD Kajian Awal Konvergensi API dan PRB di Auditorium Gubernuran, Rabu (16/1).

Saat ini saja, imbuh Irwan, anggaran pemprov belum terlalu stabil pascapemindahan wewenang Dinas Pendidikan dari kabupaten/kota ke provinsi. Hal itu membuat Pemprov Sumbar mengalami tekor penganggaran hingga Rp800 miliar. "Kecuali kalau kenaikan gaji itu ditanggung oleh APBN (anggaran pemerintah pusat), jelas tidak akan ada masalah," ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Syafrizal, juga mengungkapkan hal yang sama. Namun demikian, ia mengatakan meski rencana itu dinilai dapat membebani Alokasi Dana Desa (ADD), tetapi hal itu dapat disiasati dengan mengalihkan sebagian kecil anggaran yang ada di dana desa (DD).





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 16 Januari 2020 - 15:00:36 WIB

    Pemkab Pasaman Wacanakan Hutan Kota Jadi Pusat Konservasi Flora dan Fauna

    Pemkab Pasaman Wacanakan Hutan Kota Jadi Pusat Konservasi Flora dan Fauna PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kabupaten Pasaman berencana menjadikan kawasan Taman Hutan Kota (THK) Lubuksikaping sebagai pusat konservasi flora dan fauna. Ini upaya pemda setempat menjaga alam tetap lestari. .
  • Jumat, 10 Mei 2019 - 15:59:36 WIB

    Wacana Bandara Payakumbuh Kembali Mengapung

    Wacana Bandara Payakumbuh Kembali Mengapung PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Wacana pembangunan Bandara Payakumbuh kembali muncul di ranah publik. Wacana yang cukup lama tenggelam itu mengapung kembali ketika pertemuan antara Anggota DPD RI Herman Darnel Ibrahim (HDI) de.
  • Selasa, 19 Maret 2019 - 11:47:03 WIB

    Wacana Daerah Istimewa Minangkabau Kembali Berdengung

    Wacana Daerah Istimewa Minangkabau Kembali Berdengung PADANG, HARIANHALUAN.COM — Wacana menjadikan Sumbar sebagai provinsi istimewa dengan nama Daerah Istimewa Miangkabau (DIM) kembali kencang didengungkan. Wacana DIM dipandang sejalan dengan pasal 18 B ayat 1 UUD 1945, yang .
  • Sabtu, 17 Februari 2018 - 02:53:08 WIB

    Sejumlah Pihak Tolak Wacana Penggantian Nama Gunung Kerinci

    Sejumlah Pihak Tolak Wacana Penggantian Nama Gunung Kerinci SOLOK SELATAN, HALUAN - Terkait berhembusnya wacana penggantian nama Puncak Gunung Kerinci (PGK) menjadi puncak Joko Widodo (Jokowi) menuai beragam komentar penolakan dari para netizen. Terutama, disalah satu grup media sosia.
  • Rabu, 24 Januari 2018 - 21:47:02 WIB

    LKAAM dan Bundo Kanduang: Revisi Perda Maksiat Untuk LGBT Jangan Hanya Wacana 

    LKAAM dan Bundo Kanduang: Revisi Perda Maksiat Untuk LGBT Jangan Hanya Wacana  PADANG, HARIANHALUAN.COM-Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan Bundo Kanduang berharap, rencana revisi Perda Nomor 11 Tahun 2001 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Maksiat dalam rangka pelarangan aktivitas LGB.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM