70 Tahun Peristiwa Situjuah, Wali Kota: Perjuangan Pahlawan Belum Usai


Kamis, 17 Januari 2019 - 11:07:48 WIB
70 Tahun Peristiwa Situjuah, Wali Kota: Perjuangan Pahlawan Belum Usai PERISTIWA SITUJUAH -- Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi hadiri peringatan 70 Tahun Peristiwa Situjuah, Selasa (15/1)

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menghadiri peringatan 70 Tahun Peristiwa Situjuah di lapangan sepak bola Khatib Sulaiman, Jorong Tangah, Nagaro Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (15/1).

Dalam peringatan yang dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal Purnawirawan Moeldoko, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Komisaris BRI Andrinof Chaniago, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Wakil Bupati Ferizal Ridwan, Riza menyampaikan pentingnya kelanjutan perjuangan mengisi kemerdekaan Indonesia.

Menurutnya, masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus di tuntaskan sebagai warga negara. PR yang dimaksud Riza adalah pemenuhan kebutuhan yang merupakan hak warga untuk mendapatkan ekonomi, pendidikan, bahan pangan dan kesehatan yang wajar. "Perjuangan para pahlawan belum usai. Sebagai generasi yang hidup hari ini, kitalah para pejuangnya sekarang," tuturnya.

Riza menuturkan, perjuangan hari ini tentu berbeda dengan perjuangan para pahlawan dulu dengan senjata. "Dulu mereka berjuang dengan senjata dan diplomasi melawan penjajah Belanda. Sekarang mari berjuang dengan kecerdasan dan IT melawan kebodohan dan kemalasan," katanya.

Di sisi lain, Riza mendoakan agar para pejuang yang gugur dalam peristiwa Situjuah menjadi syuhada. "Mari teladani semangat juang mereka. Dan ingat, jangan jadi Tambiluak. Sang pengkhianat bangsa, yang rela mengorbankan saudara sebangsa demi materi yang tak seberapa," ucapnya tegas.

Sekedar diketahui, julukan Tambiluak dinisbatkan kepada Kamaluddin, seorang anggota TNI Sumatera Tengah yang dianggap sebagai dalang dan pengkhianat dalam Peristiwa Situjuah karena membocorkan pertemuan pemimpin-pemimpin PDRI pada 14 Januari 1949 kepada Belanda.

Akibatnya, Belanda pun dengan mudah melakukan serbuan pada Subuh keesokan harinya. Puluhan pemimpin sipil dan militer PDRI termasuk Chatib Sulaiman, lalu syahid bersimbah darah. Peristiwa tersebut dikenang setiap tahun. (mg-ari)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 Maret 2019 - 15:24:46 WIB

    Alek Gadang di Solsel, Persiapan Festival SRG 2019 Sudah 70 Persen

    Alek Gadang di Solsel, Persiapan Festival SRG 2019 Sudah 70 Persen SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Empat hari jelang helatan adat budaya Festival Saribu Rumah Gadang (SRG) di Solok Selatan (Solsel) semua pihak ikut 'basitungkin' untuk suksesnya kegiatan pada 22- 24 Maret 2019 tersebut. Sam.
  • Ahad, 19 Februari 2017 - 22:10:33 WIB

    Milad ke 70 HMI Pasbar, Gelar Lomba Pidato dan Gerak Jalan

    Milad ke 70 HMI Pasbar, Gelar Lomba Pidato dan Gerak Jalan PASBAR, HALUAN-- Himpunan Mahasiswa (HMI) Cabang Pasaman Barat (Pasbar) peringati Milad Ke 70 dengan berbagai kegiatan, di antaranya gerak jalan santai, lomba pidato dan undian berhadiah. Gerak jalan santai yang diikuti ratus.
  • Selasa, 14 Februari 2017 - 10:12:33 WIB

    70 TKA Beredar di Pasaman Barat

    70 TKA Beredar di Pasaman Barat PASBAR, HALUAN - Setelah dibukanya kran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Tenaga Kerja Asing (TKA) banyak berkeliaran di perusahaan-perusahaan, terutama perusahaan sawit. Di Kabupaten Pasaman Barat sendiri tenaga kerja asing ter.
  • Ahad, 05 Februari 2017 - 19:30:08 WIB

    70 Tahun HMI, Melahirkan Generasi Pemimpin Bangsa

    70 Tahun HMI, Melahirkan Generasi Pemimpin Bangsa PASBAR,HALUAN--Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kini genap berusia 70 tahun. Organisasi yang diinisiasi oleh Lafran Pane ini pada mulanya didirikan pada tanggal 05 Februari 1947 di Yogyakarta..
  • Senin, 15 Agustus 2016 - 05:09:12 WIB
    Jelang Porprov 2016

    Persiapan KONI Solsel Capai 70 Persen

    SOLSEL, HALUAN — Per­siapan Komite Olahraga Na­sional Indonesia (KONI) Solok Selatan (Solsel) telah rampung sekitar tujuh puluh persen jelang hadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat (Sumbar) pada November .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM