Harga Masih Fluktuatif, Tiket Pesawat Pengaruhi Perjalanan Dinas


Selasa, 22 Januari 2019 - 11:55:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Harga Masih Fluktuatif, Tiket Pesawat Pengaruhi Perjalanan Dinas Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Sebagian besar maskapai penerbangan sepakat menurunkan harga tiket penerbangan yang sempat membubung di awal 2019. Namun dalam penerapannya, masih terjadi fluktuasi harga di mana harga tiket sewaktu-waktu kembali tinggi. Selain berpengaruh kepada sektor pariwisata, kondisi itu juga berimbas kepada perjalanan dinas pejabat pemerintahan.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, harga tiket penerbangan yang cenderung mahal sudah jelas akan berdampak pada merosotnya jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar. Padahal di satu sisi, Sumbar tengah giat-giatnya melakukan promosi dan pengembangan di sektor tersebut. "Kalau harga tiketnya mahal begini, wisatawan mana yang mau ke Sumbar. Memang ada wisatawan yang bersedia berletih-letih dari Jakarta ke Padang naik bus,” kata Nasrul, Senin (21/1).

Selain itu, kata Nasrul, harga tiket penerbangan saat ini juga berdampak pada pelaksanaan program pemerintahaan yang membutuhkan perjalanan dinas ke luar daerah seperti ke Pulau Jawa dan lain sebagainya.

“Anggaran perjalanan dinas kami tidak mencapai harga tiket tertinggi itu. Kalau sudah seperti itu, kan bisa membuat berbagai program dari pemerintah tidak berjalan maksimal," katanya lagi.

Untuk menyikapi hal itu, katanya lagi, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sendiri telah menyurati pihak maskapai penerbangan untuk menurunkan harga tiket ke harga yang lebih sesuai dengan kemampuan pelanggan. Selain itu, Nasrul Abit juga telah bertemu dan membicarakan hal itu dengan organisasi ASITA Sumbar.

"Di satu sisi, kondisi ini ada untungnya juga. Karena harga tiket pesawat mahal, penumpang akhirnya beralih ke angkutan darat. Bus dari Padang yang semula hanya satu per hari, sekarang sampai lima unit per hari. Itu bagus. Namun begitu, kami juga harus melihat dampak jangka panjangnya terhadap pariwisata Sumbar. Selama ini kami jor-joran untuk memajukan pariwisata Sumbar, tapi kalau sudah begini sia-sia dong usaha kami," kata Nasrul lagi.

Penumpang Bus Meningkat

Kenaikan harga tiket pesawat Padang-Jakarta dan kebijakan bagasi berbayar memang menuai kritik banyak pihak karena dinilai berdampak buruk pada sejumlah sektor ekonomi. Namun, kenaikan itu malah disambut semringah oleh pengelola bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) rute Padang-Jakarta.

Sejak pemberlakuan bagasi berbayar dan kecenderungan harga tiket yang naik, pengelola bus NMP Padang mencatat terjadinya kenaikan penumpang mencapai 70-75 persen. Lonjakan itu dinilai tak biasa sejak tiket pesawat murah pada beberapa tahun lalu, di mana bisnis bus menjadi sepi peminat.

Kepala Staf NPM Padang, Heru Wanda menyebutkan, sejak awal Januari, peningkatan sudah mulai terasa. “Penumpang ramai dari hari biasanya. Jumlah kenaikan mencapai 70 persen. Ini tak biasa,” kata Heru kepada awak media, akhir pekan lalu.

Lonjakan di atas 50 persen itu membuat pengelola mengambil kebijakan untuk mengubah jadwal keberangkatan. Jika sebelum kebijakan kenaikan tiket dan bagasi berbayar NPM hanya memberangkatkan tiga bus, sejak dua pekan belakangan menjadi tujuh bus. Satu bus bisa mengangkut sekitar 40 penumpang. “Sekarang berangkatnya tujuh kali,” kata Wanda lagi.

Wanda menyebutkan, meski begitu pihaknya tidak serta merta menaikkan harga tiket, dan mengambil peluang untuk mengeruk untung dari kondisi yang terjadi. Untuk bus kelas ekonomi, tiket untuk satu orang senilai Rp300 ribu, bus full AC dihargai Rp400 ribu. Begitupun rute dari Padang-Medan dengan harga tiket Rp230.000, dan Padang-Jambi sebesar Rp170.000, tanpa ada kenaikan.

Untuk memudahkan penumpang pihak NPM telah memberlakukan pemesanan tiket secara dalam jaringan (daring) lewat aplikasi Redbus dan Bukalapak, selain mendatangi loket NPM di Jalan Juanda Padang. Pada bagian lain, perusahaan bus berharap pemerintah bisa menetapkan harga pesawat yang tidak terlalu dekat dengan harga tiket bus. (h/mg-dan)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Februari 2019 - 10:41:23 WIB

    Upaya Dorong Kebijakan Harga Tiket, APPSI Tunggu Presiden di Sumbar

    Upaya Dorong Kebijakan Harga Tiket, APPSI Tunggu Presiden di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sumatera Barat ditunjuk menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2019. Iven yang digelar di Hotel Grand Inna Padang pada 20–2.
  • Ahad, 10 Februari 2019 - 16:29:36 WIB

    Pessel Kembali Terima Penghargaan Kategori Khusus Pelayanan Dukcapil dari Kemendagri

    Pessel Kembali Terima Penghargaan Kategori Khusus Pelayanan Dukcapil dari Kemendagri Bupati Hendrajoni bersama Kadis Capil Reva Mansarin Dt.M.A Tigo Lareh, saat menerima penghargaan kategori khusus dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jumat, (8/2) malam, bertempat di Four Points By Sherator Makassar, S.
  • Jumat, 25 Januari 2019 - 10:18:57 WIB

    Harga Buah Naga Masih Normal

    Harga Buah Naga Masih Normal PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-- Pada derah lain seperti Pulau Jawa harga buah naga anjlok bahkan tak sampai Rp2000 per kilogram. Di Kabupaten Padangpariaman harga buah naga terbilang normal. Di Pasaran harga per kilogram b.
  • Jumat, 28 Desember 2018 - 10:02:22 WIB

    TDS 2019 Soal Harga Diri, Wagub: Tapi Kita Malah Ogah-ogahan

    TDS 2019 Soal Harga Diri, Wagub: Tapi Kita Malah Ogah-ogahan PADANG, HARIANHALUAN.COM — Beberapa kabupaten/kota di Sumbar menyatakan tidak/belum siap menjadi bagian dari penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) pada 2019 mendatang karena tidak memiliki anggaran untuk pelaksanaan. Komi.
  • Selasa, 04 Desember 2018 - 09:29:27 WIB

    Marandang, Wagub Terima Penghargaan Muri

    Marandang, Wagub Terima Penghargaan Muri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM — Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) menganugerahkan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat atas rekor peserta lomba memasak randang dari provinsi terbanyak. Penghargaan t.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM