Kantor Baru DLH Bukittinggi Diresmikan


Selasa, 22 Januari 2019 - 13:20:20 WIB
Kantor Baru DLH Bukittinggi Diresmikan KANTOR BARU -- Wali Kota Ramlan Nurmatias, melakukan penandatanganan prasasti peresmian kantor baru Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi di Talao, Senin (21/1). Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Dibangun dengan anggaran sebesar lebih kurang Rp 11 miliar, kantor baru Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi diresmikan pemakaiannya oleh Wali Kota Bukittinggi, Senin (12/12).

Peresmian kantor DLH yang berada di daerah Talao Kelurahan Campago Guguk Belek, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wali Kota Ramlan Nurmatias bersama Ketua DPRD Beny Yusrial, serta penandatangan prasasti kantor baru DLH dan pengguntingan pita.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian anggota DPR RI Ade Rizki Pratama, pimpinan dan anggota DPRD Bukittinggi, Wakil Wali Kota, Sekda, Kepala OPD, TP PKK, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Forum Kota Sehat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bukittinggi Supadria mengatakan, kantor DLH Bukittinggi dibangun secara bertahap, dengan dana APBD 2017 sebesar Rp4,5 miliar dan dilanjutkan dengan dana APBD 2018 sebesar Rp6,3 miliar. Dengan demikian, total anggaran untuk pembangunan kantor DLH lebih kurang sebesar Rp11 miliar.

Arsitektur bangunan gedung DLH didesain dengan filosofi back to nature dengan konsep classic dan green building tanpa menggunakan warna antraktif. Bahkan sebagian masyarakat yang melihat bangunan DLH ini, menganggap arsitek bangunannya hampir sama dengan bangunan kampus Universitas Andalas yang lebih bernuansa edukatif.

“Dengan adanya kantor baru ini, diharapkan dapat menambah semangat kerja dan ide-ide baru dari aparatur DLH dalam bidang pembangunan lingkungan hidup di Bukittinggi. Sesuai dengan tupoksi DLH, kita juga berharap keberadaan gedung baru ini semakin menambah daya peka, analisa serta sikap responsif aparatur DLH dalam menghadapi persoalan lingkungan hidup yang terjadi di Bukittinggi,” ujar Supadria.

Kantor baru ini ulasnya mempunyai 17 ruangan, sehingga keberadaan ruangan mampu mengakomodir semua jabatan dan fungsi seluruh ASN dan pegawai di lingkungan DLH. Kedepan DLH juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari dan bersama-sama menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Alhamdulillah secara umum masalah lingkungan di Bukittinggi boleh dikatakan cukup aman dan terkendali. Kondisi ini juga dibuktikan dengan prestasi Bukittinggi yang memperoleh kembali piala Adipura sebagai lambang supremasi tertinggi di bidang kebersihan untuk ketiga kalinya secara berturut turut,” ungkapnya.

"Tokoh masyarakat MKS, Inyiak Tuanku Marajo mengapresiasi kehadiran kantor DLH yang baru di kawasan Talao. "Dengan adanya kantor baru ini diharapakn mampu memberikan semangat kerja bagi pegawai dinas lingkungan hidup. Kami juga berharap jalan menuju kantor dan lingkungan sekitar kantor LH yang baru ini , dapat dimaksimalkan oleh pemerintah kota,” ungkap Tuanku Marajo.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan, dipilihnya Campago Guguak Bulek sebagai lokasi kantor DLH yang baru, karena pemerintah daerah ingin pengembangan di Kelurahan Guguak Bulek. Selain itu, kantor DLH harus memiliki lahan yang besar agar dapat menampung 154 pegawai dan 140 pegawai kontrak.

"Kantor DLH ini berdiri di atas lahan seluas 8.500 m2, dengan luas bangunan lebih kurang 2.500 m2. Kami menyampaikan terima kasih kepada DPRD yang telah menyetujui anggaran untuk pembangunannya. Kantor DLH ini diharapkan dapat memacu semangat untuk melahirkan inovasi baru dalam menjaga kebersihan lingkungan," ungkap Ramlan

Menurutnya, untuk akses jalan menuju kantor DLH dan daerah Talao ini juga akan diaspal dalam waktu dekat dengan anggaran sekitar Rp 4 milyar. "Dengan adanya kantor DLH baru ini, kelurahan Guguak Bulek akan dijadikan proyek percontohan pengelolaan lingkungan bersih di Bukittinggi. Sehingga kedepannya seluruh daerah di kota ini dapat menjadi lingkungan bersih dan sehat," ucap Ramlan.

Dalam kegiatan peresmian, juga diserahkan sejumlah penghargaan untuk sekolah adiwiyata mandiri, adiwiyata nasional, provinsi dan kota Bukittinggi. (h/tot).

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM