Pengelolaan Hutan Malvinas Belum Dianggarkan


Jumat, 25 Januari 2019 - 10:35:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pengelolaan Hutan Malvinas Belum Dianggarkan Screenshot

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hutan Delta Malvinas yang terletak di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, direncakan akan dijadikan empat fungsi, yakni edukasi, pariwisata, olahraga dan promosi. Namun, pada tahun ini DLH Padang belum mendapatkan anggaran untuk pengelolaan Hutan Malvinas ini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Linngkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Al Amin kepada Haluan, Kemarin. Ia mengatakan, nantinya hutan ini bisa dimanfaatkan pelajar untuk melakukan penelitian ke Hutan Malvinas.

"Saat ini sebenarnya sudah bisa digunakan untuk fungsi edukasi ini, karena di Hutan Malvinas saat ini sudah dijadikan tempat pembibitan. Jadi, ini bisa dimanfaatkan pelajar SD, SMP dan SMA," katanya.

Untuk fungsi pariwisata, sebut Al Amin, pihaknya akan menata hutan ini dengan sedemikian rupa, sehingga bisa digunakan oleh masyarakat sebagai tempat wisata keluarga. "Tempat ini akan memberikan udara yang segar dan sejuk, sehingga masyarakat bisa berwisata siang hari," ujarnya.

Sedangkan untuk fungsi olahraga, kata Al Amin, nantinya akan dibuatkan jalan-jalan yang bisa digunakan masyarakat untuk berolahraga. "Dengan tempat yang sejuk dan sarana yang nantinya akan kita sediakan, Insyaallah ini bisa menjadi salah satu tempat alternatif masyarakat untuk berolahraga sekaligus berekreasi bersama keluarga," ucapnya.

Fungsi promosi, sambung Al Amin, akan bisa digunakan oleh pelaku usaha di Kota Padang untuk bisa mempromosikan usahanya, sehingga tidak terfokus kepada Imam Bonjol. "Apalagi kalau kunjungan nantinya sangat banyak, tentu akan menarik minat para pelaku usaha untuk melakukan promosi di hutan kota kita ini," katanya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyempurnakam perencanaan pembangunan hutan kota ini. Setelah dokumen DED-nya selesai, pihaknya akan mengusahakan pembangunan hutan kota ini masuk kepada perubahan anggaran tahun ini.

"Saat ini tentu akan kita matangkan dulu semuanya, agar nantinya hasil ini bisa memuaskan dan sesuai dengan fungsi yang kita inginkan," katanya.

Perkiraan anggaran, kata Al Amin, belum bisa perkirakan, karena harus menunggu perencanaan yang sangat matang sebelum menetapkan anggaran yang dibutuhkan. "Mudah-mudah perencanaan bisa kita selesaikan secepatnya. Jadi, kita bisa mengupayakan anggarannya masuk kepada APBD perubahan," ujarnya. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Mei 2017 - 13:29:39 WIB

    Pengelolaan Arsip di Kota Padang Kurang Maksimal

    Pengelolaan Arsip di Kota Padang Kurang Maksimal PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pengelolaan arsip pada tiap-tiap unit kerja di Pemko Padang belum maksimal. Hal itu disebabkan kurangnya sumber daya manusia (SDM) dan belum adanya pembinaan kearsipan internal pada tiap-tiap organi.
  • Senin, 20 Maret 2017 - 19:39:18 WIB

    Pemko akan Tertibkan Pengelolaan Pulau-pulau di Padang

    PADANG, HALUAN - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, menyampaikan soal pulau-pulau yang tidak mempunyai izin akan segera ditertibkan. Saat ini, beberapa pihak terkait sedang mencari alamat pengelo.
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 07:07:21 WIB

    UBH Adakan Seminar Pengelolaan Keuangan Desa

    UBH Adakan Seminar Pengelolaan Keuangan Desa PADANG, HALUAN—Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta (UBH) mengadakan “Workshop Penge­lolaan Keuangan Desa” di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi Gedung 3 Blok A Kam­pus Proklamator II UBH, kemarin (18/.
  • Rabu, 23 Desember 2015 - 03:06:52 WIB

    Walikota Sambut Positif Seminar Pengelolaan Sumber Daya Air

    PADANG, HALUAN — Gu­na menyelaraskan pe­mi­kiran dan upaya semua pi­hak-pihak terkait pe­lak­sanaan konservasi sumber daya air dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DA­S), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Pa­.
  • Selasa, 16 Juni 2015 - 18:40:09 WIB

    Pengelolaan Rusunawa Jadi Temuan BPK

    PADANG, HALUAN — Pemerintah Kota (Pemko) Padang bermasalah dalam  pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Purus. Pasalnya, kekacauan pengelolaan rusunawa tersebut menjadi temuan BPK, karena 15 persen dari 196 .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM