Tak Ada Budaya Caci Maki di Minang


Senin, 28 Januari 2019 - 14:45:18 WIB
Tak Ada Budaya Caci Maki di Minang BUKA RAKERNAS –Ketua Umum Gebu Minang, Oesman Sapta Odang (OSO) didampingi sejumlah tokoh Minang membuka Rapat Kerja Nasional (Mukernas) I Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) di Jakarta, Sabtu (27/1). Mukernas mengambil tema "Minang Bangkit, Bersatu Mengawal NKRI". SAM

JAKARTA, HARIANHALUAN - Ketua Umum Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Oesman Sapta Odang (OSO) menyebutkan, orang Minang tidak mengenal caci maki. Di Minang, dialektika yang dibangun, adalah dialektika menyejukkan dan tidak menghina.

Hal itu disampaikan OSO usai membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan peringatan HUT Gebu Minang ke 29, di Jakarta, Sabtu (26/1). Menurutnya, masyarakat Minang dikenal dengan orang berbudaya dan tidak mengenal budaya caci maki, apalagi menghina orang lain. "Orang Minang tidak mengenal budaya caci maki dan menghina sesama anak bangsa. Bila ada orang Minang tidak berbudaya, apalagi mencaci maki orang yang tidak berdosa, itu bukanlah orang Minang, tapi itu disusupi dan itu harus kita bersihkan," tegas OSO.

OSO juga menegaskan kalau Gebu Minang bukan organisasi atau gerakan politik, tapi adalah gerakan ekonomi kerakyatan untuk membangunan dan memajukan daerah Sumatera Barat. Tujuannya, untuk membangun Ranah Minang

Dalam sambutannya, OSO juga menyinggung soal penggalangan dana yang dilakukan dengan gerakan sepuluh ribu rupiah yang dicanangkan setahun lalu, bertepatan dengan peringatan HUT Gebu Minang ke-28, Desember 2017 lalu. "Dulu kita mengenai gerakan seribu rupiah, tapi tahun lalu kita ganti dengan gerakan sepuluh ribu rupiah. Alhamdulillah, sekarang terkumpul Rp2,3 miliar. Uang ini kita gunakan nanti untuk ke kampung (Sumbar-red) jika terjadi bencana. Sekarang uangnya ada di bendahara," kata OSO.

Sementara itu, Fasli Jalal yang hadir dalam sambutannya menyebutkan bahwa orang Minang sangat terkenal dengan sikap egaliternya, yaitu rasa sederajat, memiliki hak-hak yang sama, yang harus dihargai dan dihormati. Juga hadir dan memberikan sambutan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim. Sejumlah tokoh masyarakat Minang yang hadir antara lain Hasyim Djalal, Taufik Abdullah, Reydonnyzar Moenek, Elly Kasim anggota DPD RI dari pemilihan Sumbar. (h/sam)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Juni 2019 - 21:21:00 WIB

    Tak Temukan Kesepakan, Penggantian Alat Tangkap Nelayan di Pessel  Batal

    Tak Temukan Kesepakan, Penggantian Alat Tangkap Nelayan di Pessel  Batal PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Rencana penggantian alat tangkap jenis lampara dasar milik 113 nelayan di Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, batal terlaksana karena tidak ditemukan kesepakatan antara pemerinta.
  • Kamis, 20 Juni 2019 - 16:30:49 WIB

    Nagari Taratak Tangah Lumpo Bangun Parit Miring

    Nagari Taratak Tangah Lumpo Bangun Parit Miring PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Taratak Tangah Lumpo, Kecamatan IV Jurai Pessel saat ini tengah melaksanakan pembangunan parit miring jaringan irigasi yang mampu mengairi lahan persawahan masyarakat seluas 50 hek.
  • Rabu, 19 Juni 2019 - 13:02:39 WIB

    PAD Pariwisata Pessel Tak Tercapai

    PAD Pariwisata Pessel Tak Tercapai PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Tingginya kunjungan wisatawan ke Pesisir Selatan selama musim libur lebaran ternyata tidak berbanding lurus dengan penerimaan PAD sektor pariwisata. .
  • Senin, 17 Juni 2019 - 15:39:56 WIB

    Perpustakaan Adinegori Miliki 13.821 Judul dan 31.549 Buku

    Perpustakaan Adinegori Miliki 13.821 Judul dan 31.549 Buku SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Keberadaan Perpustakaan Daerah Adinegoro dibawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto dirasakan mampu menjadi daya tarik bagi warga kota untuk menambah pengetahuan melalui ba.
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 23:17:12 WIB

    Tak Didukung Wali Nagari, TK Kasih Bunda Tanjung Alam Nyaris Tutup

    Tak Didukung Wali Nagari, TK Kasih Bunda Tanjung Alam Nyaris Tutup DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Lesmawati. S. Pd, selaku pendiri dan Kepala Sekolah, sekaligus guru di TK Kasih Bunda di Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya mengeluh dengan kebijakan Wali Nagari.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM