Tak Ada Budaya Caci Maki di Minang


Senin, 28 Januari 2019 - 14:45:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tak Ada Budaya Caci Maki di Minang BUKA RAKERNAS –Ketua Umum Gebu Minang, Oesman Sapta Odang (OSO) didampingi sejumlah tokoh Minang membuka Rapat Kerja Nasional (Mukernas) I Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) di Jakarta, Sabtu (27/1). Mukernas mengambil tema "Minang Bangkit, Bersatu Mengawal NKRI". SAM

JAKARTA, HARIANHALUAN - Ketua Umum Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang Oesman Sapta Odang (OSO) menyebutkan, orang Minang tidak mengenal caci maki. Di Minang, dialektika yang dibangun, adalah dialektika menyejukkan dan tidak menghina.

Hal itu disampaikan OSO usai membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan peringatan HUT Gebu Minang ke 29, di Jakarta, Sabtu (26/1). Menurutnya, masyarakat Minang dikenal dengan orang berbudaya dan tidak mengenal budaya caci maki, apalagi menghina orang lain. "Orang Minang tidak mengenal budaya caci maki dan menghina sesama anak bangsa. Bila ada orang Minang tidak berbudaya, apalagi mencaci maki orang yang tidak berdosa, itu bukanlah orang Minang, tapi itu disusupi dan itu harus kita bersihkan," tegas OSO.

OSO juga menegaskan kalau Gebu Minang bukan organisasi atau gerakan politik, tapi adalah gerakan ekonomi kerakyatan untuk membangunan dan memajukan daerah Sumatera Barat. Tujuannya, untuk membangun Ranah Minang

Dalam sambutannya, OSO juga menyinggung soal penggalangan dana yang dilakukan dengan gerakan sepuluh ribu rupiah yang dicanangkan setahun lalu, bertepatan dengan peringatan HUT Gebu Minang ke-28, Desember 2017 lalu. "Dulu kita mengenai gerakan seribu rupiah, tapi tahun lalu kita ganti dengan gerakan sepuluh ribu rupiah. Alhamdulillah, sekarang terkumpul Rp2,3 miliar. Uang ini kita gunakan nanti untuk ke kampung (Sumbar-red) jika terjadi bencana. Sekarang uangnya ada di bendahara," kata OSO.

Sementara itu, Fasli Jalal yang hadir dalam sambutannya menyebutkan bahwa orang Minang sangat terkenal dengan sikap egaliternya, yaitu rasa sederajat, memiliki hak-hak yang sama, yang harus dihargai dan dihormati. Juga hadir dan memberikan sambutan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim. Sejumlah tokoh masyarakat Minang yang hadir antara lain Hasyim Djalal, Taufik Abdullah, Reydonnyzar Moenek, Elly Kasim anggota DPD RI dari pemilihan Sumbar. (h/sam)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 April 2019 - 12:11:58 WIB

    Wahli  Sumbar: Proyek Infrastruktur Tak Hirau  Dampak Kebencanaan 

    Wahli  Sumbar: Proyek Infrastruktur  Tak Hirau  Dampak Kebencanaan  PADANG,HARIANHALUAN.COM — Proyek infrastruktur di Sumatera Barat tampaknya masih menjadi persoalan tersendiri. Pasalnya, tidak sedikit dari rencana investasi dan pembangunan strategis, mulai dari pembangunan jalan, pembangk.
  • Rabu, 17 April 2019 - 16:31:51 WIB

    62 Penerima KPM-PKH Nyatakan Graduasi

    62 Penerima KPM-PKH Nyatakan Graduasi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 62 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) di Kabupaten Limapuluh Kota menyatakan keluar secara sukarela dari program bantuan sosial itu. Sehingga mereka mendap.
  • Kamis, 11 April 2019 - 16:11:46 WIB

    Limapuluh Kota tak Masuk Program RTMP

    LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Limapuluh Kota, tidak masuk dalam program Rumah tangga Miskin Pertanian (RTMP). Program ini merupakan bantuan dana pengentasan kemiskinan tahun 2019 ini dari Kementrian Pertanian R.
  • Kamis, 11 April 2019 - 10:41:57 WIB

    Anggota Dewan Antara Takut dan Tak Peduli

    Anggota Dewan Antara Takut dan Tak Peduli PADANG, HARIANHALUAN.COM—Masih adanya anggota DPRD kota/kabupaten dan provinsi di Sumbar yang belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) menuai ragam komentar. Aktivis menduga, ada yang terkesan d.
  • Sabtu, 30 Maret 2019 - 11:37:06 WIB

    Prihatin Pohon di Pantai Tak Terawat, Kepala BNPB Bakal Janjikan Hadiah bagi yang Merawat

    Prihatin Pohon di Pantai Tak Terawat, Kepala BNPB Bakal Janjikan Hadiah bagi yang Merawat PADANG, HARIANHALUAN.COM — Penanaman sejuta pohon di pesisir pantai dalam rangka mitigasi bencana tak akan berjalan dengan baik tanpa peran serta dari berbagai pihak dalam merawat dan menjaganya. Untuk itu, Kepala Badan Nas.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM