Mak Pono dan Piak Unyuik, Kacau Alek Hingga ke Jakarta


Senin, 28 Januari 2019 - 14:54:39 WIB
Mak Pono dan Piak Unyuik, Kacau Alek Hingga ke Jakarta Mak Pono dan Piak Unyuik

Laporan: Yessi Deswita

Lama tak terdengar kabarnya, pasangan komedian Minang Mak Pono - Piak Unyuik ternyata sudah belasan tahun merantau ke Jakarta.

Baca Juga : 25 Tahun Berkarya, Grup Band Naif Akhirnya Bubar

Mak pono dan Piak Unyuik pun terdengar cukup unggul di Jakarta sebagai penyanyi komedi minang ibukota yang mengobati kerinduan para penggemar yang sedang berada di tanah rantau.

"Karena kami ingin merubah mainset orang, apabila ingin acara lebih kocak, meriah ya ingat Mak Pono dan Piak Unyuik sebagai tukang kacau alek," ungkap Piak unyuik yang dihubungi Haluan beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Hamil 5 Minggu, Dokter Sebut Ada Keanehan di Janin Aurel Hermansyah

Ia bertutur, selalu tampil berdua setiap ada acara, baik acara pesta perkawinan, acara perkumpulan IKM (Ikatan Keluarga Minang), sunatan, pengukuhan dan lain sebagainya.

"Kami yang dikenal dengan julukan 'pasangan duet sehidup semati' ini, selalu tampil berdua kemana-mana setiap acara, ibaratnya beli 1 dapat 2, karna kalau lagu komedi bagusnya berdua agar ada lawan mainya saat 'melawak' dan lebih hidup ketimbang sendirian," ungkap Piak Unyuik yang juga aktif di beberapa Organisasi Pemuda di Jakarta.

Selain acara di Jabodetabek, Mak Pono - Piak Unyuik juga sering tampil di Jawa Barat, Bandung, Cirebon, Semarang, Jogjakarta, Jawa Timur bahkan ke Sulawesi.

"Dima bumi dipijak , disinan rantau kami hoyak, dima pentas dihoyak disinan bukak lapak," itulah filosofi yang dibawa kedua pasangan kocak ini.

Diakui Piak Unyuik, berkat promosi & pergaulanlah yang bisa membawa mereka ke daerah - daerah tersebut untuk menyapa masyarakat Minang dirantau orang.

"Juga kami sudah selesaikan tugas kami untuk menghibur masyarakat Minangkabau di Ngawi Jawa Timur dan Jogja, dan Jawa Tengah diakhir tahun 2018 lalu," kata dia.

Akan tetapi walaupun berdomisili di Jakarta, Mak Pono -Piak Unyuik mengatakan, tidak menutup kemungkinan untuk mengisi acara-acara di Padang.

"Sejak tahun baru 2019, baru beberapa hari ini kami kembali ke Jakarta. Berawal dari acara malam tahun baru di Bukik Chinangkek, acara pesta dan acara HUT Solok, Solok Selatan ke-15 (7/1& 8/1) lalu. Dan kami juga sering tampil di iven-iven besar komunitas minang seperti Festival anak-anak Minang, Festival Kampoeng Minangkabau & 3M (Muda Mudi Minangkabau)," akunya.

Piak Unyuik berharap, semoga dalam 2019 ini kualitas dari karya yang dibuatnya dengan suami lebih baik lagi, lebih berbobot dan mempunyai nilai jual yang lebih serta diterima masyarakat luas disemua usia.

"Resolusinya menjadi penyanyi lawak nasional, bukan hanya daerah saja. Dan untuk job nya bisa untuk kalangan masyarakat lainya, bisa tampil di TV-TV nasional dan banyak job di dalam dan luar negeri. Pokoknya menjadi penyanyi komedi nasional yang diterima masyarakat luas di segala usia," tutup Piak Unyuik. (*)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]