Ombudsman Nilai BKD Sumbar Maladministrasi


Selasa, 29 Januari 2019 - 13:52:35 WIB
Ombudsman Nilai BKD Sumbar Maladministrasi Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM Ombudsman RI Perwakilan Sumbar menyampaikan Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) penanganan laporan dari pelapor berinisial NBT kepada BKD Sumbar. Pada intinya, BKD dinilai melakukan maladministrasi berupa penyimpangan prosedur dalam penetapan ketidaklulusan NBT pada seleksi CPNS formasi guru kimia dengan alasan sertifikat pendidik tidak linear.

"LAHP telah kami sampaikan tadi, dan diterima oleh Bapak Syafnirwan selaku Kabid Formasi dan Informasi BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Sumbar," ujar Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Melisa Fitri Harahap, Senin (28/1).

Melisa menjelaskan, ini dari laporan dari pelapor NBT adalah, bahwa yang bersangkutan telah lulus Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan mengikuti Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) pada seleksi penerimaan CPNS tahun lalu. Namun, pelapor dinyatakan tidak diluluskan oleh BKD selaku Panitia Seleksi Daerah, dengan alasan sertifikat pendidik pelapor tidak linear dengan formasi yang dilamar.

"Kualifikasi pendidikan pelapor ini Strata Satu (S1) Pendidikan Kimia, dengan sertifikat pendidik Teknik Kimia. Namun, dianggap oleh BKD tidak linear dengan formasi Guru Kimia Ahli Pertama pada SMA yang dituju," kata Melisa.

Padahal, kata Melisa, berdasarkan Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik, jabatan Guru Kimia Ahli Pertama yang dilamar oleh pelapor, disebutkan linear dengan sertifikat pendidik yang dimiliki.

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]