Dewan Desak Pemko Padang Berantas Pemalak


Selasa, 29 Januari 2019 - 13:58:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Dewan Desak Pemko Padang Berantas Pemalak Ilustrasi (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang mendesak Pemko Padang untuk membasmi pemalakan liar di lokasi wisata Pantai Air Manis. Sebab, jika hal tersebut tidak dibenahi akan merugikan Kota Padang.

"Pemalakan akan menyebabkan berkurangnya pemasukan dari bidang pariwisata, karena kunjungan berkurang. Ditambah, infrastruktur yang minim di jalur daerah wisata," ujar Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Amrizal Hadi, Senin (28/1).

Ia mengatakan, seluruh pihak harus turut mengawasi dan menjaga agar tidak terjadi lagi praktek pemalakan. Hal-hal yang kerap menjadi ajang untuk pemalakan harus dibenahi, seperti infrastruktur buruk.

"Perbaikan infrastruktur ke lokasi wisata harus dibenahi dan juga berikan edukasi pada masyarakat. Industri pariwisata harus menyiapkan masyarakat, agar siap dengan pariwisata itu sendiri, seperti keramahtamahan, kenyamanan, keamanan dan keindahan," ucapnya.

Kalau masyarakat tidak ramah untuk menyambut tamu, katanya, maka besok-besok wisatawan tidak akan datang lagi. "Padahal pengujung datang untuk menikmati, kemudian dipungut yang tidak jelas," ujarnya.

Hal itu harus dilakukan secara berkelanjutan agar masyarakat sadar, wisatawan membutuhkan keindahan, kenyamanan dan kesantunan dari masyarakat lokal. Jika praktek palak berlanjut, target kunjungan wisatawan ke daerah tidak akan terpenuhi baik tingkat nasional maupun daerah.

Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Muzni Zein mengatakan, maraknya aksi pemalakan di berbagai objek wisata di Kota Padang sangat meresahkan. Aksi palak ini banyak terjadi diberbagai lokasi wisata, seperti Pantai Air Manis, Pantai Padang, dan objek wisata mainnya.

"Banyaknya aksi palak yang bermunculan di lokasi wisata, berpotensi mencoreng citra Kota Padang," ujarnya.

Ia menyebutkan, dinas pariwisata agar lebih sigap untuk mengatasi persoalan retribusi di lokasi wisata, sehingga pemalakan bisa di atasi. Apalagi, jika penarikan retribusi tersebut bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). (h/ade)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:30:29 WIB

    Dewan Minta Pemko Larang Petasan di Malam Tahun Baru

    Padang, Haluan—Malam pergantian tahun dari 2016 ke 2017 tinggal hitungan hari. Tahun baru identik dengan berbagai euphoria, salah satunya petasan, mercun, kembang api dan se­jenisnya..
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 00:53:31 WIB

    Tak Lagi Memadai, Gedung Dewan Diusulkan Pindah

    Padang, Haluan—Kalangan anggota DPRD Kota Padang mengusulkan, kantor DPRD Kota Padang dipindahkan sementara waktu ke Gedung Bagindo Azis Chan karena kantor DPRD yang saat ini berlokasi di Jalan Sawahan dinilai tak memadai.
  • Kamis, 03 November 2016 - 00:31:17 WIB
    KENDARAAN PARKIR SEMBARANGAN

    Dewan Minta Segera Ditertibkan

    Dewan Minta Segera Ditertibkan PADANG, HALUAN — Ke­tua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Padang Erisman meminta Dinas Perhubungan dan Kominfo serta Satpol PP bisa menertibkan parkir liar .Baik itu parkir yang menggu­nakan badan jalan maupun parkir li.
  • Sabtu, 22 Oktober 2016 - 01:10:29 WIB

    Nasib Dewan Penyabu Ditentukan Pusat

    Nasib Dewan Penyabu Ditentukan Pusat PADANG, HALUAN – Tuntasnya pemeriksaan di Badan Narkotika Nasional (BNN), belum serta merta membuat anggota DPRD Padangpariaman Januar Bakri (Fraksi Demokrat) aman. Sanksi dari partai menunggu mereka..
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:23:41 WIB

    Dewan Desak Pemko Tunjuk Segera Kasatpol PP Definitif

    Padang, Haluan — DP­RD Kota Padang mendesak Pemko Padang segera me­nunjuk kepala definitif Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang dalam waktu de­kat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM