Tingkatkan Promosi, Randang Payakumbuh Bakal "Terbang" ke Arab Saudi


Selasa, 29 Januari 2019 - 16:02:46 WIB
Tingkatkan Promosi, Randang Payakumbuh Bakal Kesepakatan bisnis ditandatangani antara Randang Minang, Ltd dengan Pengusaha Arab Saudi Ibrahim Abdo J. Talaili, di kantor KJRI Jeddah, Minggu (27/1). Arie

JEDDAH, HARIANHALUAN.COM--Upaya untuk mempromosikan randang ke pasar luar negeri terus dilakukan Pemko Payakumbuh. Kali ini, Pemko menggandeng Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Kerajaan Arab Saudi, untuk promosi dan mencari jaringan untuk ekspor randang ke Arab Saudi.

Upaya Pemko membuahkan hasil. Kesepakatan bisnis pun ditandatangani antara Randang Minang, Ltd dengan Pengusaha Arab Saudi Ibrahim Abdo J. Talaili, di Wisma KJRI Jeddah, Minggu (27/1). 

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama Konjen RI Jeddah Hery M. Saripudin, dan Konsul Ekonomi KJRI Jeddah Agus Muktamar turut menyaksikan penandatanganan kesepakatan itu.

"Penandatanganan kesepakatan ini merupakan wujud dukungan KJRI Jeddah terhadap upaya mengglobalkan rendang sebagai ikon nasional dan meneguhkan Payakumbuh sebagai City of Randang," ujar Hery melalui halaman media sosial KJRI Jeddah.

Hery mengatakan, KJRI Jeddah turut mempromosikan salah satu makanan terenak di dunia itu karena peluang pasar yang sangat besar dan perlu dioptimalkan.

"Jumlah jemaah haji dan umrah yang begitu besar termasuk dari Indonesia. Rata-rata per bulan, lebih seratus ribu warga Indonesia berada di Jeddah, Mekkah, dan Madinah," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz mengucapkan terima kasih kepada jajaran KJRI yang telah memfasilitasi Pemko dalam memprosikan Kota Payakumbuh sebagai Kota Randang.

"Semoga perjuangan Pemerintah Indonesia dalam mengangkat kearifan lokal dapat dirasakan oleh masyarakat seluas-luasnya," ujarnya.

Upaya yang dilakukan Pemko pada kunjungan kali ini antara lain, mengikuti pameran produk haji dan umrah di Balai Nusantara, Wisma Konjen RI Jeddah, 24-26 Januari 2019. Pameran dihadiri oleh 72 perusahaan catering dari Mekkah, Madinah, dan Jeddah serta 133 hotel di Madinah dan 158 hotel di 
Mekkah yang digunakan pada musim haji sebagai calon buyer.

"Hari pertama pameran langsung mendapat tanggapan positif, baik dari Konjen RI maupun pengusaha lokal. Sebab mendapatkan rasa asli dari sumber yang tepat dan bisa dikomunikasikan," ucap Erwin.

Selain membawa sampel produk randang, Erwin juga membawa Buku dan Video Promosi Randang Payakumbuh yang berjudul "Payakumbuh City of Randang". Buku tersebut merupakan produksi Dinas Kominfo Kota Payakumbuh bekerjasama dengan tenaga ahli dari Universitas Andalas.

"Alhamdulillah, dari promosi dan presentasi yang kami lakukan, sudah ada beberapa pengusaha yang siap merealisasikan pembelian  Randang Payakumbuh untuk kebutuhan Haji dan umrah," tutur Erwin.

Erwin optimis randang Payakumbuh bisa menguasai pasar randang untuk kebutuhan pasar haji dan umrah mengingat Payakumbuh telah memiliki sarana produksi yang cukup lengkap.

"Kami optimis apalagi sudah memiliki sentra randang disamping kampung rendang yang selama ini sudah eksis dan dikenal di pasar lokal," ucapnya. (mg-ari)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 November 2019 - 23:28:26 WIB

    Upacara HUT Korpri, Wawako Reiner Ajak ASN Tingkatkan Pelayanan

    Upacara HUT Korpri, Wawako Reiner Ajak ASN Tingkatkan Pelayanan SOLOK,HARIANHALUAN.COM-Wakil Walikota Solok Reinier bertindak selaku inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke 48 yang di pusatkan di halaman kantor Balai Kota Solok, Jumat (29/11)..
  • Jumat, 16 November 2018 - 09:57:26 WIB

    Satgas PB Agam Tingkatkan Kapasitas

    Satgas PB Agam Tingkatkan Kapasitas AGAM, HARIANHALUAN - Satgas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Agam mendapat pelatihan peningkatan kapasitas dari Badan Pencarian dan Pertolongan kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).
  • Rabu, 27 Juni 2018 - 11:34:16 WIB

    Jon Mathias, Perantau Asal Solsel Ini Punya Gagasan Tingkatkan PAD

    Jon Mathias, Perantau Asal Solsel Ini Punya Gagasan Tingkatkan PAD SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Jon Mathias seorang advokat dan perantau asal Solok Selatan (Solsel) mempunyai gagasan untuk mendorong pemerintah daerah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor tambang legal.
  • Selasa, 08 Mei 2018 - 11:40:03 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi SDM relawan dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi korban bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok menggelar Pelatiha.
  • Kamis, 01 Maret 2018 - 22:22:41 WIB

    Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Polresta Solok Gandeng Tokoh Adat

    Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Polresta Solok Gandeng Tokoh Adat SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Polres Solok Kota mengandeng tokoh adat  untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Hal itu terlihat dari kegiatan gelar pasukan operasi keselamatan berlalu lintas d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM