Lima Proyek 2018 di Limapuluh Kota Tak Tuntas


Rabu, 30 Januari 2019 - 12:25:16 WIB
Lima Proyek 2018 di Limapuluh Kota Tak Tuntas Ilustrasi

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Lima kegiatan fisik yang bersumber dari APBD Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2018, tak tuntas dikerjakan oleh pihak ketiga. Kelima proyek itu, berada  Dinas PUPR, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan RSUD Ahmad Darwis.

 “Ada lima proyek yang tak tuntas,”terang Widya Putra Sekretaris Daerah Pemkab Limapuluh Kota didampingi Irwandi Kepala Badan Keuangan Daerah serta Fitma Indrayani Asisten II Sekdakab Bidang Ekonomi dan Pembangunan kepada Haluan pada Selasa (29/1) siang di Kantor Bupati Limapuluh Kota.

Dirinci Sekda, dua proyek yang tak tuntas pada Dinas PUPR itu berada di Kecamatan Kapur IX.  Yakni pembangunan jalan di Nagari Galugua  dan proyek irigasi di Nagari Durian Tinggi. Kemudian dua pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga berada di Kecamatan Harau.  Yakni  proyek jalan serta taman di kawasan wisata Harau dan proyek gerbang Harau di Sarilamak. Sedangkan   RSUD Ahmad Darwis yaitu proyek pembangunan gedung instalasi ruang operasi.

Dirinci lebih detail lagi berdasarkan website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Limapuluh Kota,  proyek  pada Dinas PUPR yaitu pembangunan jalan di Galugua  dikerjakan oleh PT Baladewa Indonesia dengan nilai kontrak sebesar Rp7,3 Miliar. Sampai batas waktu, rekanan hanya mampu menyelesaikan pekerjaan dengan bobot sebesar 83 persen.

Kemudian, proyek pembangunan jaringan irigrasi di Nagari Durian Tinggi dikerjakan oleh perusahaan CV Naladhipa dengan nilai kontrak sebesar Rp1,2 Miliar. Proyek irigasi yang ada di Kecamatan Kapur IX tersebut  hanya mampu dikerjakan pihak rekanan sampai bobot 87 persen.

Pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yaitu pekerjaan pembuatan jalur pejalan kaki jalan setapak, jalan dalam kawasan, boardwalk, pendestrian serta tempat parkir yang dikerjakan oleh CV MCB Jaya Konstruksi dengan nilai kontrak Rp868,8 juta. Sampai akhir batas waktu kontrak serta telah diberikan kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan, pihak rekanan hanya mampu menyelesaikan proyek tersebut dengan bobot  57 persen.

Di dinas yang sama yaitu pembangunan gerbang Harau dikerjakan oleh CV Brother Hood dengan nilai kontrak sebesar Rp314,6 juta. Sampai batas kontrak, malahan pihak rekanan hanya mampu menyelesaikan pekerjaan sampai bobot 46 persen. Sedangkan untuk pekerjaan RSUD Achmad Darwis Suliki  yaitu pembangunan gedung instalasi ruang operasi dikerjakan oleh PT Satria Lestari Multi dengan nilai kontrak Rp2,6 Miliar. Dari segi bobot pekerjaan dibandingkan dengan 4 proyek lainnya, pembangunan gedung RSUD Achmad Darwis tersebut jauh lebih bagus. Yaitu hampir mencapai angka 100 persen. “Bobot gedung  terakhir sekitar 98 persen. Sisanya finising saja.  Meski tidak selesai 100 persen tetapi gedung tersebut sudah bisa dioperasikan,”terang Sekda.

Ditegaskan Widya Putra, seluruh rekanan yang tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sudah dijatuhi sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Yaitu dengan memberikan denda keterlambatan kerja, pemutusan kontrak pekerjaan , serta menjatuhkan daftar hitam atau blacklist terhadap perusahaan tersebut.  (h/ddg)

 

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 01:16:30 WIB

    Percepat Pembangunan, Limapuluh Kota Kota Kerjasama dengan Kampar

    Percepat Pembangunan, Limapuluh Kota Kota Kerjasama dengan Kampar LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM-- Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, diharapkan sesegeranya untuk melakukan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antar daerah. Tujuannya un.
  • Sabtu, 28 Desember 2019 - 21:39:05 WIB

    Bupati Hendrajoni Resmikan Lima Pasar

    Bupati Hendrajoni Resmikan Lima Pasar PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengingatkan, Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, dan jajarannya agar  pendistribusian petak toko yang dibangun Pemda Pessel harus adil,transfaran d.
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:50:10 WIB

    Tahun Depan Kawasan Selatan Limapuluh Kota Bakal Ada Jembatan Baru

    Tahun Depan Kawasan Selatan Limapuluh Kota Bakal Ada Jembatan Baru Kabar gembira bagi masyarakat di kawasan selatan Limapuluh Kota, terutama di Kecamatan Lareh Sago Halaban..
  • Sabtu, 22 Juni 2019 - 20:09:55 WIB

    APBD-P 2018 Tak Terlaksana, Pemkab Limapuluh Kota Dinilai Lalai

    APBD-P 2018 Tak Terlaksana, Pemkab Limapuluh Kota Dinilai Lalai SARILAMAK,HARIANHALUAN.COM-Tidak terlaksananya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2018 oleh Pemkab Limapuluh Kota disorot beberapa fraksi dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Limapuluh Kota..
  • Jumat, 12 April 2019 - 20:49:11 WIB

    Kampung Jokowi di Limapuluh Kota Diresmikan, Warga Terharu

    Kampung Jokowi di Limapuluh Kota Diresmikan, Warga Terharu LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM—Sumatera Barat resmi mempunyai Kampung Jokowi, terletak di Jorong Bancah, Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Kampung ini diresmikan langsung oleh keluarga besar J.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM