Digerebek Petugas, Pedagang Sate Sempat Buang Daging Babi ke Dalam Got


Rabu, 30 Januari 2019 - 12:43:35 WIB
Digerebek Petugas, Pedagang Sate Sempat Buang Daging Babi ke Dalam Got Saat Tim SK4 beserta Dinas Kesehatan Padang, Dinas Perdagangan Padang, dan Badan Pengawas Obat (BPOM) Padang, menggrebek penjual sate daging babi, di Jalan Dr. Soetomo, kawasan Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur, Selasa (29/1). PERI

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Tim gabungan dari Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4), beserta Dinas Kesehatan Padang, Dinas Perdagangan Padang, dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, menggrebek penjual sate yang diduga pakai daging babi, di Jalan Dr. Soetomo, kawasan Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Selasa (29/1),18.00 WIB.

Dalam penggerebekan di rumah pedagang sate tersebut ditemukan daging babi yang sudah ditusuk dijadikan sate tergeletak di dalam got. Diduga si pemilik sengaja membuang untuk mengelabui petugas.

"Waktu dicek ke rumah pedagang sate tersebut, petugas juga menemukan ada daging yang diduga dilempar ke got. Padahal kata pemiliknya dia tidak tahu menahu terkait hal itu. Kalau ia tidak tahu kenapa ia lempar ke got daging tersebut," katanya Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal.

"Kami juga tidak tahu persis lamanya mereka beroperasi, tapi diperkirakan sudah sejak sebulan yang lewat mereka beroperasi. Sementara ia akan kami introgasi dulu, kami akan tuntaskan sampai keakar-akarnya, bahkan penjual sekalipun," ungkapnya.

Endrizal mengatakan, terkait aturannya, tentu ada undang-undang perlindungan konsumen dan undang-undang pangan yang dilanggarnya. Mereka bisa diberi sanksinya dua tahun dan didenda empat meliyar. Tapi nanti pengadilan yang membuktikan, sampel sudah dilakukan pengecekan, sekarang sudah terbukti daging tersebut positif.

Ia menjelaskan, penggrebekan pertama berdasarkan ada laporan dari masyarakat bahwa di sate bermerek dagang KMS tersebut diduga ada daging babinya. Kemudian setelah itu, petugas diam-diam melakukan pencekan sekitar satu bulan yang lewat.

"Hasil pengecekan tersebut ternyata benar, dalam Standar Operasional SOP harus dia tanda tangani kembali dan dicek kembali, kemudian sekitar satu minggu yang lalu dicek lagi. Dan pada setelah digerebk betul-betul ada daging babi, makanya harus kita tindak langsung," ujarnya. (h/per)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Februari 2019 - 10:35:20 WIB

    Diduga Berbuat Mesum, Sepasang ABG Digerebek Warga

    Diduga Berbuat Mesum, Sepasang ABG Digerebek Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Warga amankan sepasang remaja yang diketahui diduga sedang berbuat mesum di Kompleks Pilano, Tabing, Koto Tangah, Padang, pada Senin (25/2) sekitar 12.00 WIB. Setelah diamankan, pasang remaja ini d.
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 23:06:42 WIB

    Diduga Jual Sate Daging Babi, Pedagang di Padang ini Digerebek Tim Gabungan

    Diduga Jual Sate Daging Babi, Pedagang di Padang ini Digerebek Tim Gabungan PADANG, HARIANHALUAN.COM-Tim Satuan Kerja Keamanan Ketertiban Kota (SK4), beserta Dinas Kesehatan Padang, Dinas Perdagangan Padang, dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, menggrebek penjual sate daging babi.
  • Kamis, 10 Januari 2019 - 10:44:30 WIB

    Pasangan Diduga Homo Digerebek di Payakumbuh

    Pasangan Diduga Homo Digerebek di Payakumbuh PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Warga Kelurahan Sawah Padang Aur Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, berhasil menggerebek pasangan LSL (gay, red) yang diduga hendak melakukan perbuatan maksiat di kelurahan tersebut pada Se.
  • Jumat, 16 November 2018 - 15:06:06 WIB

    Kos-kosan Pak RW di Digerebek Pol PP Padang, Anak Kos: Saya Hanya ML Pak

    Kos-kosan Pak RW di Digerebek Pol PP Padang, Anak Kos: Saya Hanya ML Pak PADANG, HARIANHALUAN.COM-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, bersama warga menggrebek salah satu rumah milik Ketua RW 02 Kelurahan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kamis (15/11) sekitar 22.00 WIB. Penggerebekan .
  • Jumat, 26 Oktober 2018 - 11:22:02 WIB

    Kumpul Kebo, Mahasiswi di Mentawai Digerebek Kedua Kalinya

    Kumpul Kebo, Mahasiswi di Mentawai Digerebek Kedua Kalinya MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — Seorang mahasiswi di Mentawai dengan inisial N (19) digerebek warga saat sedang sekamar dengan laki-laki berinisial JT (26) yang diketahui sudah memiliki istri. Pasangan ini digerebek di dalam k.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM