Pemko Akan Bangun Kolam Retensi


Kamis, 31 Januari 2019 - 15:04:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pemko Akan Bangun Kolam Retensi Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemko Padang melalui anggaran provinsi akan membangun retarding bansin atau kolam retensi guna mengatasi permasalahan banjir di Kota Padang. Retarding Bansin ini berguna untuk menampung debit hujan sementara waktu.

"Alhamdulillah, kita mendapatkan dana dari provinsi untuk membangun retarding bansin," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah seusai membuka bimtek di salah satu hotel di Kota Padang, Rabu (30/1).

Ia mengatakan, Pemko Padang pada tahun ini akan berupaya untuk proses pembebasan lahan tempat pembangunan retarding bansin ini. "Saat ini dalam kami bicarakan, target kita tentu bisa cepat. Insyaallah, pada 2020 pembangunan ini bisa dimulai," katanya.

Sedangkan untuk pembangunan embung, kata Mahyeldi, sudah dimasukan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) terbaru Kota Padang. Lebih dari 20 embung yang dimasukan dalam RTRW terbaru Kota Padang.

"Insyaallah untuk proses ini akan diusahakan secepatnya, agar permasalahan banjir kita di Kota Padang bisa cepat terselesaikan," ujarnya.

Selain itu, kata Mahyeldi, salah satu pembangunan embung sudah direncanakan di pusat pemerintahan Kota Padang, Air Pacah. Proses pembuatan di pusat pemerintahan ini akan bisa lebih cepat terealisasi karena tidak perlu ada proses pembebasan lahan.

"Tanah di sana kan milik kita, jadi ini bisa dipercepat pembangunannya. Tapi untuk embung yang lain tentu akan dibicarakan terlebih dahulu, di mana lokasi yang pas dan proses pembebasan lahannya tidak akan didapatkan maslah," ujarnya.

Sebenarnya, sebut Mahyeldi, titik-titik pembangunan embung sudah ada pembicaraan. Tapi masih harus melalui perhitungan yang sangat tepat dan tidak merugikan warga Kota Padang. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 13:58:53 WIB

    Dewan Desak Pemko Padang Berantas Pemalak

    Dewan Desak Pemko Padang Berantas Pemalak PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang mendesak Pemko Padang untuk membasmi pemalakan liar di lokasi wisata Pantai Air Manis. Sebab, jika hal tersebut tidak dibenahi akan merugikan Kota Padang..
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 22:49:56 WIB

    Pemko Padang Diminta Peduli Cagar Budaya

    Pemko Padang Diminta Peduli Cagar Budaya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang berharap Pemko Padang membuat aturan yang mengatur perlindungan terhadap bangunan cagar budaya di Kota Padang. Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Wismar Panjaitan, Selasa (22/1) .
  • Selasa, 08 Januari 2019 - 11:19:20 WIB

    Pemko Padang Diminta Perhatikan Bangunan Tua

    Pemko Padang Diminta Perhatikan Bangunan Tua PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang hendaknya menginventarisir gedung-gedung tua bersejarah. Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Surya Djufri Bitel, Senin (7/1) mengatakan, pemerintah untuk mendata bang.
  • Kamis, 20 Desember 2018 - 20:59:31 WIB

    Pemko Padang Diminta Tindak Tegas Orgen Tunggal

    Pemko Padang Diminta Tindak Tegas Orgen Tunggal PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang meminta Pemerintah Kota (Pemko) Padang agar menindak tegas orgen tunggal yang beroperasi di malam tahun baru 2019, yang biasanya menghadirkan artis saweran dan berbusana fulgar..
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 10:31:48 WIB

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta 

    Pelajari Penertiban Hiburan Malam, Pemko Kunker ke Pemprov Jakarta  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta menutup tempat hiburan malam bermasalah tanpa menimbulkan polemik dan kegaduhan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Pemko Padang..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM