Pemko Akan Bangun Kolam Retensi


Kamis, 31 Januari 2019 - 15:04:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pemko Akan Bangun Kolam Retensi Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemko Padang melalui anggaran provinsi akan membangun retarding bansin atau kolam retensi guna mengatasi permasalahan banjir di Kota Padang. Retarding Bansin ini berguna untuk menampung debit hujan sementara waktu.

"Alhamdulillah, kita mendapatkan dana dari provinsi untuk membangun retarding bansin," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah seusai membuka bimtek di salah satu hotel di Kota Padang, Rabu (30/1).

Ia mengatakan, Pemko Padang pada tahun ini akan berupaya untuk proses pembebasan lahan tempat pembangunan retarding bansin ini. "Saat ini dalam kami bicarakan, target kita tentu bisa cepat. Insyaallah, pada 2020 pembangunan ini bisa dimulai," katanya.

Sedangkan untuk pembangunan embung, kata Mahyeldi, sudah dimasukan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) terbaru Kota Padang. Lebih dari 20 embung yang dimasukan dalam RTRW terbaru Kota Padang.

"Insyaallah untuk proses ini akan diusahakan secepatnya, agar permasalahan banjir kita di Kota Padang bisa cepat terselesaikan," ujarnya.

Selain itu, kata Mahyeldi, salah satu pembangunan embung sudah direncanakan di pusat pemerintahan Kota Padang, Air Pacah. Proses pembuatan di pusat pemerintahan ini akan bisa lebih cepat terealisasi karena tidak perlu ada proses pembebasan lahan.

"Tanah di sana kan milik kita, jadi ini bisa dipercepat pembangunannya. Tapi untuk embung yang lain tentu akan dibicarakan terlebih dahulu, di mana lokasi yang pas dan proses pembebasan lahannya tidak akan didapatkan maslah," ujarnya.

Sebenarnya, sebut Mahyeldi, titik-titik pembangunan embung sudah ada pembicaraan. Tapi masih harus melalui perhitungan yang sangat tepat dan tidak merugikan warga Kota Padang. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 April 2019 - 17:51:13 WIB

    Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga

    Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jelang bulan Ramadan, pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok. Pasalnya, bakal mengalami kenaikan secara perlahan, sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah..
  • Jumat, 29 Maret 2019 - 11:46:42 WIB

    Atas Kemacetan, Pemko Padang Bakal Gunakan Perda Derek

    Atas Kemacetan, Pemko Padang Bakal Gunakan Perda Derek PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang telah menyediakan peraturan daerah (perda) derek untuk menertibkan masyarakat yang masih melakukan parkir sembarangan. Namun, perda tersebut belum bisa direal.
  • Rabu, 13 Maret 2019 - 12:03:22 WIB

    Pemko Padang Bakal Terbitkan Perwako untuk Perlindungan Dai dan Ulama

    Pemko Padang Bakal Terbitkan Perwako untuk Perlindungan Dai dan Ulama PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang yang sebelumnya berencana melahirkan Peraturan Wali Kota (Perwako) perlindungan terhadap dai dan ulama, menggelar Focus Grup Discussion (FGD) untuk merumuskan perlin.
  • Selasa, 12 Maret 2019 - 21:22:54 WIB

    Pemko Padang Bakal Ubah Nama Ejaan Jalan Khatib Sulaiman

    Pemko Padang Bakal Ubah Nama Ejaan Jalan Khatib Sulaiman PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan mengusahakan perubahan ejaan nama Jalan Khatib Sulaiman menjadi Chatib Sulaiman, sesuai dengan ejaan yang benar dari nama pahlawan yang akan diajukan menjadi pah.
  • Rabu, 27 Februari 2019 - 12:20:00 WIB

    Pemko Padang Berencana Bangun Gedung Parkir di Samping Polresta

    Pemko Padang Berencana Bangun Gedung Parkir di Samping Polresta PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Minimnya lahan parkir di Kota Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera bangun gedung parkir di pangkalan angkot samping Polresta Padang. Rencana tersebut saat ini sedang dalam pemb.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM