Kesbangpol Bentuk Forum, Atasi Gangguan Terhadap Warga


Kamis, 31 Januari 2019 - 15:06:52 WIB
Kesbangpol Bentuk Forum, Atasi Gangguan Terhadap Warga ATASI GANGGUAN -- Kepala Kesbangpol Kota Padang, Mursalim pada diseminasi informasi Diskominfo Padang di Media Center Kota Padang, Rabu (30/1). AKMAL

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna mengatasi gangguan yang terdapat di masyarakat, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang akan membentuk forum kewaspadaan dini masyarakat yang berfungsi sebagai 'intelijen' dari pemerintah. Anggota dari forum ini akan melaporkan temuan di tengah masyarakat yang berpotensi untuk membuat gangguan.

Hal ini disampaikan Kepala Kesbangpol Kota Padang, Mursalim pada diseminasi informasi Diskominfo Padang di Media Center Kota Padang, Rabu (30/1). Ia mengatakan, pembentukan forum ini juga tidak terlepas dari ancaman politik yang bisa memecah pada tahun politik saat ini.

"Dalam mengatasi gangguan di masyarakat, perlu ada sinkronisasi antara masyarakat dan pemerintah. Permasalahan ini tidak hanya bisa diselesaikan oleh pemerintah seorang," katanya.

Contoh ancaman yang bisa diantisipasi dengan adanya forum ini, kata Mursalim, yakni paham radikal, teroris, aliran sesat, bahkan bencana alam. "Antisipasi bencana alam ini, seperti adanya tanah atau batu besar yang sangat rawan terjatuh dan membahayakan bagi masyarakat ketika hujan bisa dilaporkan dan setelah itu ditindaklanjuti," katanya.

Ia mengatakan, forum ini direncanakan bisa terbentuk pada pertengahan Februari ini dan sebelum itu pihaknya juga dalam proses penyiapan perwako yang menjadi payung hukum bagi forum ini dalam bekerja. "Kami merencanakan forum ini ada di setiap kecamatan dan kelurahan," ujarnya.

Selain itu, sambungnya, saat ini juga sudah terbentuk tim kewaspadaan dini pemerintah daerah yang unsurnya terditi dari aparatur Pemko Padang. Tim ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. "Beberapa SKPD memang terlibat langsung dalam tim ini," katanya.

Wali kota sebagai pimpinan teratas nantinya akan mengambil tindakan tindakan dari laporan yang ada, baik dari forum masyarakat atau tim dari pemerintah. "Apakah nantinya akan dibina atau bagaimananya ditentukan langsung oleh bapak wali kota," ujarnya.

Program lainnya, kata Mursalim, pihaknya akan melakukan sosialisi kepada masyarakat yang di kecamatan dan kelurahan terkait pemilu pada April mendatang. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan partisipasi masyarakat meningkat dan masyarakat yang tidak memilih bisa berkurang.

"Kalau mereka cuek, dampaknya kepada mereka juga. Makanya kami mendorong agar masyarakat menggunakan hak pilihnya," katanya.

Setelah itu, pelaksanaan sosialisasi ini juga diharapkan terciptanya suasana kondusif saat pemilu, semua ini tidak terlepas dari banyaknya ancaman juga dari politik, baik dari hoaks atau pun politik uang.

"Apabila ada konflik sangat banyak biaya yang dibutuhkan untuk mengembalikan suasana kembali kondusif. Karena itu kita harus mengantisipasi ini," katanya. (h/mg-mal)

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:59:08 WIB
    TIGA WARTAWAN BERI KESAKSIAN

    Eks Kepala Kesbangpol Gugat Gubernur

    Eks Kepala Kesbangpol Gugat Gubernur PADANG, HALUAN — Man­­tan Kepala Kesbangpol Sum­bar Irvan Khairul Anan­da (IKA) melalui penasihat hukumnya (PH), Wilson Sa­putra Cs, menghadirkan tiga saksi yang berprofesi sebagai wartawan pada persi­dangan di Pengad.
  • Senin, 30 November 2015 - 18:59:01 WIB

    Kesbangpol Padang Sosialisasi ke Pemilih Pemula

    HINDARI KEGALAUAN

    PADANG, HALUAN — Pe­milih pemula tak pelak jadi rebutan tim masing-masing calon yang tengah bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (.

  • Kamis, 12 November 2015 - 19:30:24 WIB

    Kesbangpol Sosialisasikan Tahapan Pilgub

    PADANG, HALUAN — Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat sudah semakin dekat. Karena itu dibutuhkan peran aktif sejumlah stakeholders untuk menyukseskan alek lima tahunan itu.

    <.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM