Ternak Lele Masih Menggiurkan


Jumat, 01 Februari 2019 - 10:31:37 WIB
Ternak Lele Masih Menggiurkan Ilustrasi (haluan)

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Unit Pembenihan Ikan Rakyat di Simpang Tiga di Nagari Campago Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman, sampai kini masih eksis dengan produksi benih lele mutiara.

Produksi benih per siklus (sebulan setengah) mencapai delapan puluh ribu ekor, ukuran 5-7 cm.
Saat sekarang untuk permintaan pasar terhadap benih lele, masih cerah, bahkan dengan jumlah prosuksi yang demikian terasa masih kurang.

Menurut Fajri, pembudidaya, produksi ke depan akan ditingkatkan, karena masih banyak permintaan pasar yang tak terisi, terutama untuk pasar lokal. Memang permintaan pasar akan benih masih lokal daerah ini namun dari daerah lain banyak juga.

UPR yang bergerak di pembenihan ikan lele tersebut punya kolam pembenihan  25 buah.
Kegiatan ini dilaksanakan sejak 9 tahun lalu, bermula dari peluang pasar yang terbuka untuk ikan ini, dan usaha berlanjut sampai sekarang.

Soal harga, standar-stansar saja, per ekor anak lele mutiara umuran 5-7 cm harganya Rp150.
Anak lele ukuran tersebut bisa dipanen dalam waktu 2,5 bulan ke depan. Namun bagi UPR ini, per siklus bisa.menghasilkan sampai Rp12 juta.(h/tri)


 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 Maret 2017 - 09:39:19 WIB

    Warga Rutan Solsel Sibuk Beternak dan Bercocok Tanam

    Warga Rutan Solsel Sibuk Beternak dan Bercocok Tanam SOLOK SELATAN,HALUAN-- Sebanyak 49 orang warga binaan rumah tahanan Muara Labuh, Solok Selatan (Solsel) mulai bercocok tanam dan beternak ikan. Kegiatan ini mulai digiatkan semenjak awal Februari 2017 lalu dengan memanfaatkan.
  • Kamis, 09 Maret 2017 - 09:08:50 WIB

    Harimau Incar Ternak, Warga Siaga dengan Meriam Bambu

    Harimau Incar Ternak, Warga Siaga dengan Meriam Bambu AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Suasana di Nagari Sipinang, Kecamatan Palembayan masih mencekam, terutama pada malam hari karena harimau sumatra masih berkeliaran mencari mangsa ternak warga pada sekitar..
  • Kamis, 22 September 2016 - 03:28:19 WIB

    Kembangkan Peternakan Sapi, Pemkab Siapkan 100 Hektare Lahan

    Kembangkan Peternakan Sapi, Pemkab Siapkan 100 Hektare Lahan PASBAR, HALUAN — Alek Gadang kontingen ternak se-Sumbar yang dilaksanakan di Kabupaten Pasaman Barat semakin meriah dengan penampilan produk peternakan kabupaten kota, seperti telur asin, susu sapi, susu kambing, keju, keru.
  • Rabu, 21 September 2016 - 11:11:20 WIB
    BULAN BAKTI PERTERNAKAN KESEHATAN HEWAN 2016

    Kontes Ternak dan Livestock Expo Pasaman Barat Resmi Dibuka

    Kontes Ternak dan Livestock Expo Pasaman Barat Resmi Dibuka PASBAR,HALUAN--Pembukaan kontes ternak dan livestock Expo bulan bakti peternakan kesehatan hewan 2016 tingkat Sumbar resmi dibuka Bupati Pasaman Barat (Pasbar), H. Syahiran dilapangan bola Jambak, Selasa, (20/9)..
  • Ahad, 03 Juli 2016 - 00:37:15 WIB

    Warga Diminta Waspada Aksi Maling Ternak

    Warga Diminta Waspada Aksi Maling Ternak ALAHAN PANJANG, HALUAN – Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Alahan Panjang, AKP Irwandi, kepada Haluan membenarkan bahwa tengah dilakukan pengejaran terhadap kelompok pelaku yang diduga pencuri ternak di Nagari Air Dingin,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM