Padang Butuh Rumah Singgah


Jumat, 01 Februari 2019 - 10:46:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Padang Butuh Rumah Singgah Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rumah singgah sudah sangat dibutuhkan di Kota Padang untuk memberikan kenyamanan saat pemberbayaan dan pembinaan bagi anak jalanan. Saat ini, anak jalanan yang akan diberikan pembinaan dititipkan di Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) Kasih Ibu.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial, Dewi Ria mengatakan, adanya rumah singgah akan bisa lebih memaksimalkan pembinaan kepada anak jalanan, karena dengan kehadiran rumah singgah anak akan lebih merasa aman dan nyaman.

"Rasa aman dan nyaman merupakan faktor yang paling penting dalam pembinaan anak, karena dengan memberikan rasa aman dan nyaman akan lebih mudah untuk membentuk kembali sikap dan perilaku anak," katanya kepada Haluan, kemarin.

Ia mengatakan, saat ini Kota Padang belum mempunyai rumah singgah, sehingga anak jalanan yang harus diberikan pembinaan harus dititipkan di LPKS. Pasa 2016, sebutnya, pihaknya sudah mencoba untuk menyewa salah satu rumah untuk dijadikan rumah singgah, namun hanya bisa berjalan dalam tahun itu.

"Anggaran untuk rumah singgah itu cukup besar, karena di dalam rumah singgah itu harus disediakan psikolog sendiri," ujarnya.

Bukan hanya itu, di rumah singgah juga harus disediakan logistik untuk anak jalanan yang diberikan pembinaan. "Kan tidak mungkin setelah dimasukan ke rumah singgah anak-anak tidak makan," katanya.

Pembicaraan untuk pembangunan rumah singgah, kata Dewi, sudah cukup lama dilakukan. Namun, memang masih terkendala dengan anggaran yang tidak memadai. "Pastinya, kami akan terus mengusahakan kehadiran rumah singgah di Kota Padang. Setidaknya kami menyewa dulu dan mempersiapkan biaya harian dan perangkat yang dibutuhkan di rumah singgah tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 107 Anak Jalanan (Anjal) di Kota Padang diberikan pembinaan pada 2018. Data ini naik dari 2017 yang tercatat ada 78 anjal yang diberikan pembinaan. Ia mengatakan, anak jalanan yang diberikan pembinaan merupakan hasil penjaringan dari Satpol PP Kota Padang.

"Dari 107 itu, ada 20 anak yang memang kita berikan pembinaan khusus dengan melibatkan pihak batalion. Sedangkan lebihnya itu, kita berikan pembinaan di LPKS Kota Padang," ujarnya.

Anak-anak tersebut, katanya, akan dikembalikan kepada masyarakat dan keluarga apabila memang sudah terlihat perubahan perilaku. Namun ada anak yang memang diberikan pelatihan lanjutan. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 Februari 2019 - 19:28:48 WIB

    Naik Bus Trans Padang, Siswa Boleh Bayar Pakai Botol Mineral Bekas

    Naik Bus Trans Padang, Siswa Boleh Bayar Pakai Botol Mineral Bekas PADANG, HARIANHALUAN.COM -Dukung minimalisir sampah plastik, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan resmikan pembayaran bus Trans Padang bagi siswa menggunakan sampah plastik. Peresmian tersebut .
  • Ahad, 17 Februari 2019 - 22:25:25 WIB

    Jaga Kearifan Lokal, Komonitas Padang Kota Bengkuang Gelar Lomba Pangan

    Jaga Kearifan Lokal, Komonitas Padang Kota Bengkuang Gelar Lomba Pangan PADANG, HARIANHALUAN. COM--Komunitas Padang Kota Bingkuang menggelar lomba kreasi pangan lokal 2019, di pantai Muaro Lasak, Kota Padang, Minggu (17/2)..
  • Rabu, 13 Februari 2019 - 11:16:24 WIB

    Tiga Bulan Lagi, Mobil Derek Siap Menindak di Padang

    Tiga Bulan Lagi, Mobil Derek Siap Menindak di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Tak hentinya pemilik kendaraan roda empat yang suka parkir sembarangan, membuat Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang, Dedi Henidal geram. Ia menyebutkan, setelah dikeluarkan peraturan wali.
  • Senin, 11 Februari 2019 - 11:14:48 WIB

    Razia di Padang, Ribuan Miras dan 22 Orang Diamankan

    Razia di Padang, Ribuan Miras dan 22 Orang Diamankan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ribuan botol minuman beralkohol beserta 22 orang yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, saat melakukan razia di tempat hiburan malam.
  • Senin, 11 Februari 2019 - 11:02:31 WIB

    Padang Butuh Rehabilitasi Hutan di DAS

    Padang Butuh Rehabilitasi Hutan di DAS PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hutan di Daerah Aliran Sungai (DAS) perlu direhabilitasi. Pasalnya, ketika di musim penghujan, Kota Padang kerap jadi langganan banjir. Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Iswanto Kwara, Minggu (1.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM