Padang Butuh Rumah Singgah


Jumat, 01 Februari 2019 - 10:46:16 WIB
Padang Butuh Rumah Singgah Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rumah singgah sudah sangat dibutuhkan di Kota Padang untuk memberikan kenyamanan saat pemberbayaan dan pembinaan bagi anak jalanan. Saat ini, anak jalanan yang akan diberikan pembinaan dititipkan di Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) Kasih Ibu.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial, Dewi Ria mengatakan, adanya rumah singgah akan bisa lebih memaksimalkan pembinaan kepada anak jalanan, karena dengan kehadiran rumah singgah anak akan lebih merasa aman dan nyaman.

"Rasa aman dan nyaman merupakan faktor yang paling penting dalam pembinaan anak, karena dengan memberikan rasa aman dan nyaman akan lebih mudah untuk membentuk kembali sikap dan perilaku anak," katanya kepada Haluan, kemarin.

Ia mengatakan, saat ini Kota Padang belum mempunyai rumah singgah, sehingga anak jalanan yang harus diberikan pembinaan harus dititipkan di LPKS. Pasa 2016, sebutnya, pihaknya sudah mencoba untuk menyewa salah satu rumah untuk dijadikan rumah singgah, namun hanya bisa berjalan dalam tahun itu.

"Anggaran untuk rumah singgah itu cukup besar, karena di dalam rumah singgah itu harus disediakan psikolog sendiri," ujarnya.

Bukan hanya itu, di rumah singgah juga harus disediakan logistik untuk anak jalanan yang diberikan pembinaan. "Kan tidak mungkin setelah dimasukan ke rumah singgah anak-anak tidak makan," katanya.

Pembicaraan untuk pembangunan rumah singgah, kata Dewi, sudah cukup lama dilakukan. Namun, memang masih terkendala dengan anggaran yang tidak memadai. "Pastinya, kami akan terus mengusahakan kehadiran rumah singgah di Kota Padang. Setidaknya kami menyewa dulu dan mempersiapkan biaya harian dan perangkat yang dibutuhkan di rumah singgah tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 107 Anak Jalanan (Anjal) di Kota Padang diberikan pembinaan pada 2018. Data ini naik dari 2017 yang tercatat ada 78 anjal yang diberikan pembinaan. Ia mengatakan, anak jalanan yang diberikan pembinaan merupakan hasil penjaringan dari Satpol PP Kota Padang.

"Dari 107 itu, ada 20 anak yang memang kita berikan pembinaan khusus dengan melibatkan pihak batalion. Sedangkan lebihnya itu, kita berikan pembinaan di LPKS Kota Padang," ujarnya.

Anak-anak tersebut, katanya, akan dikembalikan kepada masyarakat dan keluarga apabila memang sudah terlihat perubahan perilaku. Namun ada anak yang memang diberikan pelatihan lanjutan. (h/mg-mal)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 14 Desember 2019 - 18:29:27 WIB

    Pemko Padang Tegas Menolak Indomaret

    Pemko Padang Tegas Menolak Indomaret PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam membangun ekonomi masyarakat di Padang, Pemerintah Kota (Pemko) berupaya untuk mendukung penuh segala bentuk usaha yang dijalankan oleh masyarakat lokal..
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 20:45:11 WIB

    Buktikan dengan Minum Bareng, Wako Mahyeldi  Resmikan Spot Air Siap Minum PDAM Padang

    Buktikan dengan  Minum Bareng, Wako Mahyeldi  Resmikan Spot Air Siap Minum PDAM Padang PADANG,HARIANHALUAN.COM – Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah meresmikan spot air siap minum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang, di Balaikota, Air Pacah, Rabu (11/12/2019)..
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 14:30:26 WIB

    Tak Hanya di Bekasi, Anak Kobra juga Ditangkap Warga di Padang

    Tak Hanya di Bekasi, Anak Kobra juga Ditangkap Warga di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Teror ular kobra yang terjadi di Bekasi ternyata juga terjadi di Padang. Masyarakat yang ada di Korong Gadang, Kecamatan Kuranji heboh dengan masuknya ular jenis kobra ke dalam rumah warga, Rabu (1.
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 23:31:51 WIB
    Bangun Kerjasama Antar Pengusaha Muda

    HIPMI Padang Adakan Kongkow Interaktif

    HIPMI Padang Adakan Kongkow Interaktif PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam upaya membangun kerjasama yang baik antara pengusaha muda, khususnya di Kota Padang, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Padang mengadakan Kongkow Interaktif. .
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 16:57:52 WIB

    Wapres KH Ma'ruf Amin Buka Silaknas ICMI 2019 di Padang

    Wapres KH Ma'ruf Amin Buka Silaknas ICMI 2019 di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Setelah resmi dilantik sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Ranah Minang, Padang, Sumatera Barat, Jumat (6/12)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM