Padang Butuh Rumah Singgah


Jumat, 01 Februari 2019 - 10:46:16 WIB
Padang Butuh Rumah Singgah Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Rumah singgah sudah sangat dibutuhkan di Kota Padang untuk memberikan kenyamanan saat pemberbayaan dan pembinaan bagi anak jalanan. Saat ini, anak jalanan yang akan diberikan pembinaan dititipkan di Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) Kasih Ibu.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial, Dewi Ria mengatakan, adanya rumah singgah akan bisa lebih memaksimalkan pembinaan kepada anak jalanan, karena dengan kehadiran rumah singgah anak akan lebih merasa aman dan nyaman.

"Rasa aman dan nyaman merupakan faktor yang paling penting dalam pembinaan anak, karena dengan memberikan rasa aman dan nyaman akan lebih mudah untuk membentuk kembali sikap dan perilaku anak," katanya kepada Haluan, kemarin.

Ia mengatakan, saat ini Kota Padang belum mempunyai rumah singgah, sehingga anak jalanan yang harus diberikan pembinaan harus dititipkan di LPKS. Pasa 2016, sebutnya, pihaknya sudah mencoba untuk menyewa salah satu rumah untuk dijadikan rumah singgah, namun hanya bisa berjalan dalam tahun itu.

"Anggaran untuk rumah singgah itu cukup besar, karena di dalam rumah singgah itu harus disediakan psikolog sendiri," ujarnya.

Bukan hanya itu, di rumah singgah juga harus disediakan logistik untuk anak jalanan yang diberikan pembinaan. "Kan tidak mungkin setelah dimasukan ke rumah singgah anak-anak tidak makan," katanya.

Pembicaraan untuk pembangunan rumah singgah, kata Dewi, sudah cukup lama dilakukan. Namun, memang masih terkendala dengan anggaran yang tidak memadai. "Pastinya, kami akan terus mengusahakan kehadiran rumah singgah di Kota Padang. Setidaknya kami menyewa dulu dan mempersiapkan biaya harian dan perangkat yang dibutuhkan di rumah singgah tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 107 Anak Jalanan (Anjal) di Kota Padang diberikan pembinaan pada 2018. Data ini naik dari 2017 yang tercatat ada 78 anjal yang diberikan pembinaan. Ia mengatakan, anak jalanan yang diberikan pembinaan merupakan hasil penjaringan dari Satpol PP Kota Padang.

"Dari 107 itu, ada 20 anak yang memang kita berikan pembinaan khusus dengan melibatkan pihak batalion. Sedangkan lebihnya itu, kita berikan pembinaan di LPKS Kota Padang," ujarnya.

Anak-anak tersebut, katanya, akan dikembalikan kepada masyarakat dan keluarga apabila memang sudah terlihat perubahan perilaku. Namun ada anak yang memang diberikan pelatihan lanjutan. (h/mg-mal)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 19 Mei 2019 - 20:09:54 WIB

    Sebelum Lebaran, Jalan A. Yani Kota Padang Bakal Cantik dengan Lampu Hias

    Sebelum Lebaran, Jalan A. Yani Kota Padang Bakal Cantik dengan Lampu Hias PADANG, HARIANHALUAN.COM—Lebaran Idul Fitri 2019 ini, ditargetkan beberapa titik jalan utama akan dihiasi lampu hias kota. Saat ini, yang sudah ada lampu hias gantung dan pohon di Jalan Rasuna Said..
  • Ahad, 19 Mei 2019 - 19:58:12 WIB

    Perantau Solok Saiyo Sakato Berkontribusi Bangun Kota Padang

    Perantau Solok Saiyo Sakato Berkontribusi Bangun Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pengurus perkumpulan perantau Solok Saiyo Sakato (S3) Sumbar terus meningkatkan sinergisitas dengan Pemko Padang. Hal tersebut dilakukan, untuk memberikan kontribusi positif dalam rangka melancark.
  • Ahad, 19 Mei 2019 - 12:36:52 WIB

    Ketua Pemuda di Padang Ini Tolak Gerakan People Power

    Ketua Pemuda di Padang Ini Tolak Gerakan People Power PADANG, HARIANHALUAN.COM-Ketua Pemuda Kampung Tarandam, Kelurahan Tarandam, Kota Padang, menolak terhadap gerakan people power yang rencananya akan dilakukan pada 22 Mei 2019 nanti..
  • Sabtu, 18 Mei 2019 - 09:41:52 WIB

    Jaga Kamtibmas, Jajaran Polresta Padang Ikut Sahur Bersama Warga

    Jaga Kamtibmas, Jajaran Polresta Padang Ikut Sahur Bersama Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM – Satuan pembinaan masyarakat (Satbinmas) Polresta Padang, melakukan aksi membangunkan masyarakat sahur di Komplek Tarok Indah Permai, Kampung Jua Batuang Taba, Lubuk Begalung Nan XX, Padang, pada J.
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 21:44:20 WIB

    Dishub Padang Siapkan 2 Posko Uji Kelayakan Angkutan Lebaran

    Dishub Padang Siapkan 2 Posko Uji Kelayakan Angkutan Lebaran PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang akan menyiapkan dua posko uji ulang angkutan Lebaran Idul Fitri 1440 H/2019. Posko itu dikoordinir oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemeriksa Kendaraan Bermo.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM