DLH Padang: Jaring Sampah Banjir Kanal Tidak Efektif


Jumat, 01 Februari 2019 - 10:49:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
DLH Padang: Jaring Sampah Banjir Kanal Tidak Efektif Ilustrasi sampah (haluan)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Al Amin menyebutkan, mengatasi luapan sampah dengan memasang jaring kurang efektif. Menurutnya, ide kreatif dan terobosan baru harus diciptakan untuk benar-benar bisa menampung dan mengatasi luapan sampah.

"Kami sudah tes pemasangan jaring dibeberapa titik salah satunya di banda bekali. Hasilnya kami lihat memang kurang efektif, karena jika ada hujan lebat dengan arus air yang kuat, maka sampah besar, seperti batang kayu atau tumpukan sampah besar bisa menerobos jaring. Akibatnya jaring tidak berfungsi dengan baik. Jaring ini memang cocoknya untuk sampah-sampah kecil saja atau saat arus air sedang saja," katanya kepada Haluan, Kamis (31/1).

Ia menyebutkan, DLH sejauh ini sudah memasang jaring sekitar tiga titik sungai yang mengarah ke laut. Karena saat hujan lebat sampah laut akan menumpuk hingga ke bibir pantai. Sebaliknya, sampah masyarakat saat hujan deras juga akan mengarah ke laut yang mengakibatkan terjadinya tumpukan hebat di bibir pantai.

"Sebenarnya tidak hanya sampah kiriman laut saja yang ada di bibir pantai tersebut, namun juga sebagian masyarakat selalu saja membuang sampah ke sungai, padahal kontainer sudah kami sediakan. Kebiasaan buruk tersebut hendaknya diubah. Jangan nanti saat sampah menumpuk dan banjir yang disalahkan pemerintah,” ujar Al Amin.

Al Amin juga menyebutkan, selain pemasangan jaring pihaknya juga sudah menyediakan kapal pengangkut sampah. Fungsinya, yaitu mengambil dan mengangkut sampah di laut dan di kali supaya tidak sampai ke pinggir pantai.

“Jika masih ada sampah di pinggir pantai saat air pasang atau badai dan hujan lebat, berarti itu ada sampah kiriman dari laut. Kami juga tidak bisa memperkirakan volumenya, karena bisa saja sampah dari pulau atau angin yang membawa,” katanya lagi.

Antisipasi paling maksimal supaya sampah tidak menumpuk di sungai dan pinggir laut, Al Amin mengatakan, adalah dari pribadi masyarakat. Jika masyarakat sudah tinggi kesadarannya, maka dengan sendirinya kota akan bersih.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan Deni Harzandy di lapangan menyebutkan, antisipasi luapan sampah, petugas juga melakukan penyisiran dengan sampan di kali. Salah satu kegiatan penyisiran rutin, yaitu di sepanjang kali H Agus Salim. Setiap sore petugas akan melalukan penyisiran dengan cara menangguk sampah menggunakan sampan.

“Penyisiran dengan sampan ini dilakukan setial sore demgan cara menangguknya satu-persatu. Dominan itu sampah masyarakat yang sengaja di buang ke kali. Kami mengimbau kepada masyarakat supaya meningkatkan kesadaran akan kebersihan. Terutama sekali tidak membuang sampah ke sungai dan kali. Percuma kami menyediakan container, namun tidak difungsikan dengan benar,” tuturnya. (h/win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 29 Agustus 2018 - 11:20:12 WIB

    Volume Sampah Terus Bertambah, DLH Padang Siapkan Tujuh Kontainer

    Volume Sampah Terus Bertambah, DLH Padang Siapkan Tujuh Kontainer PADANG, HARIANHALUAN.COM—Guna memenuhi kebutuhan penampungan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menambah tujuh unit kontainer selama 2018 berjalan. Secara keseluruhan, Kota Padang memiliki 170 unit kontainer l.
  • Rabu, 17 Januari 2018 - 10:53:15 WIB

    DLH Padang: Pohon Tumbang Akibat Ulah Manusia

    DLH Padang: Pohon Tumbang Akibat Ulah Manusia PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pastikan semua pohon di Kota Padang kuat dan sehat. Pohon akan tumbang, jatuh ataupun rapuh jika ada ulah tangan manusia..
  • Jumat, 12 Mei 2017 - 01:31:01 WIB

    Realisasi Retribusi DLH tak Capai Target

    PADANG, HALUAN -- Hingga bulan ke empat di tahun 2017 realisasi retribusi di Dinas lingkungan Hidup Kota Padang baru 16,13 persen. Capaian ini masih jauh dari target sekitar 20 persen yang ditargetkan DLH. .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM