Zona Mentawai Jadi Perhatian Khusus, BMKG Pasang 50 EEWS


Rabu, 06 Februari 2019 - 22:50:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Zona Mentawai Jadi Perhatian Khusus, BMKG Pasang 50 EEWS Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menyampaikan, bahwa BMKG akan segera memasang 50 Unit Earthquake Early Warning System (EEWS) di Provinsi Sumatera Barat.

"50 Unit EEWS ini nantinya akan ditempatkan di Kepulauan Mentawai dan di pesisir Sumbar" ucap Dwikorita di Auditorium Kantor Gubernur Sumbar, Rabu (6/2), dilansir di laman resmi BMKG.

"EEWS akan memberikan peringatan dini bahaya guncangan yang ditimbulkan akibat gempa, dengan memanfaatkan selisih waktu tiba gelombang P dan S. Sistem ini bermanfaat mengurangi dampak kerusakan infrastruktur vital misalnya pembangkit listrik, mesin-mesin pabrik, dan masih banyak lagi, dengan cara mematikan sistem kelistrikan atau sistem mekanik secara otomatis ketika ada peringatan" tuturnya menambahkan.

BMKG telah menyampaikan pada pemerintah Sumatera Barat, bahwa zona bahaya kegempaan berdasarkan analisis distribusi spasial B-value, hasil penelitian dari tim Puslitbang BMKG menyatakan, ada 8 zona yang perlu mendapatkan perhatian khusus, salah satunya adalah zona Mentawai.

Terkait hal ini, BMKG juga telah menyiapkan langkah-langkah mitigasi baik dari segi observasi, processing, diseminasi serta koordinasi dengan pihak terkait. Saat ini sudah ada 5 Unit Pelaksana Teknis BMKG di Sumbar yang berperan dalam menyampaikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika dan kualitas udara.

Khusus untuk Sumbar, BMKG juga telah membangun mini regional Padang Panjang guna memfokuskan pengamatan khusus pada monitoring kegempaan yang dipicu dari sesar-sesar aktif yang ada di Sumbar.

Sementara untuk diseminasi informasi gempa dan tsunami, telah terinstal 15 Warning Receiver System (WRS) di BPBD Kab dan Kota di Sumbar, juga di TNI AL Lantamal Padang.

"Edukasi dan mitigasi juga perlu dibangun dengan kekuatan socio cultural. Contohnya Landslide Early Warning System yang telah dibangun oleh UGM dan menjadi acuan internasional ISO 22732 Guidline for Community Based Landslide Early Warning System. Selain itu juga perlu diperkuat sinergi Pentahelix yang terdiri dari akademia, pakar, pihak swasta, masyarakat dan tokoh agama, pemerintah dan lembaga terkait, serta media" ujar Dwikorita. (h/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 00:42:57 WIB
    PEMBANGUNAN SHELTER JADI PRIORITAS

    12 Kecamatan Masuk Zona Merah

    PAINAN, HALUAN — Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), sebagai daerah rawan gempa dan juga berdampak tsunami, sangat membutuhkan keberadaan shelter sebagai jalur evakuasi warga setempat, sehingga keberadaanya sangat diharapka.
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 05:12:06 WIB

    Ali Mukhni Canangkan Zona Integritas

    Ali Mukhni Canangkan Zona Integritas PADANG PARIAMAN, HALUAN — Peme­rintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, Klinik Konsultansi Pengawasan, Pembentukan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) serta Penguatan Peran.
  • Selasa, 08 Maret 2016 - 03:34:21 WIB

    Bangunan Terus Menjamur di Zona Merah

    PAINAN, HALUAN — Ba­ngunan di zona merah pada sejumlah Nagari dan Jorong sepanjang pantai yang ra­wan bencana alam di Ka­bupaten Pesisir Selatan te­rus tumbuh bak jamur di musim hujan. Warga seolah tidak mengindahkan i.
  • Jumat, 18 Desember 2015 - 02:56:57 WIB

    Masyarakat Zona Merah Datangi BPBD Agam

    Masyarakat Zona Merah Datangi BPBD Agam Agam, Haluan — Ratusan masyarakat empat jorong di Kenagarian Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya yang menamakan diri masya­rakat Korban Fitna Zona Merah mendatangi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam.
  • Selasa, 06 Oktober 2015 - 19:49:15 WIB

    Lokasi Gempa di Zona Megathrust

    GEMPA GUNCANG PASBAR

    BUKITTINGGI, HA­LUAN — Gempa bumi kembali mengguncang Sumbar se­kitar pukul 15.44 WIB, Sela­sa (6/10). Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisi.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM