Pengembangan Pelabuhan Panasahan, Pessel Dapat Suntikan Dana Rp37 M dari Kemenhub


Kamis, 07 Februari 2019 - 16:40:35 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pengembangan Pelabuhan Panasahan, Pessel Dapat Suntikan Dana Rp37 M dari Kemenhub Kadis Perhubungan Pessel, Gunawan

Kementerian Perhubungan pada 2019 ini bakal mengucurkan dana Rp37 miliar untuk pengembangan Pelabuhan Panasahan Kabupaten Pesisir Selatan. Ini merupakan alokasi dana tahap pertama untuk pengembangan dari dua tahap yang direncanakan hingga 2020 mendatang.

 

Laporan – OKIS (Pessel)

 

PAINAN, HALUAN - Kepala Dinas Perhubungan Pesisir Selatan, Gunawan, mengatakan, alokasi itu merupakan tahap pertama pengembangan, dari dua tahapan yang telah direncanakan hingga 2020 mendatang.

 

"Sebab, perencanaannya sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019," ucap Gunawan pada wartawan di Painan. Senin, (4/2).

 

Tahun ini, lanjut dia, pengembangan Pelabuhan Panasahan bakal fokus pada penambahan kapasitas dermaga lama serta penerangan di sekitar kawasan pelabuhan yang dibiayai oleh konsultan pengembangan.

 

"Sedangkan sisanya yang Rp20 miliar digunakan untuk penguatan tebing dan pelataran dermaga. Hal itu sejalan dengan makin besarnya bobot kapal yang akan masuk di Panasahan nantinya," ucapnya.

 

Lebih lanjut, kata dia, hingga kini pemerintah daerah sedang menyelesaikan perubahan detail enginering design (DED) dan masterplant. Keduanya ditargetkan bakal rampung akhir tahun ini. Selain itu, menyiapkan sertifikat lahan 13 Hektare untuk kawasan darat yang dipersyaratkan oleh pihak kementerian.

 

"Kalau soal Amdal, itu jauh hari sudah kami siapkan. Tidak adalagi masalah," ujarnya.

 

Ia menambahkan, pengembangan Pelabuhan Panasahan tak hanya sampai di situ saja. Dalam masterplant tersebut, pihaknya juga mengakomodir kawasan pegudangan, perkantoran dan tanki timbun crude palm oil (CPO).

 

Menurut dia, seluruh komoditi dari Pesisir Selatan dan Bengkulu yang diangkut melalui Teluk Bayur bakal dikapalkan di Panasahan. Selain itu, juga untuk membuka jalur laut antara Pesisir Selatan dan Mentawai.

 

"Jalur tersebut nantinya akan membuka akses baru bagi perdagangan, sehingga menguntungkan kedua kabupaten nantinya. Sebab, kapal yang bersandar tentu akan lebih banyak. Apalagi pengusaha kapal dan CPO sudah banyak yang minat tentang rencana ini. Tentunya sangat memberikan dampak yang positif bagi daerah," tuturnya.

 

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, Mukhridal, mengaku optimis pengadaan lahan di Pelabuhan Panasahan bakal tuntas tahun ini.

 

"Badan Pertanahan Nasional (BPN) kini telah menyiapkan peta bidang lahan. Selanjutnya, akan ditunjuk tim Appraisal untuk menghitung besaran ganti rugi tanah masyarakat. Kami usahakan tahun ini rampung. Insya Allah," tuturnya. (h/*)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 13:57:16 WIB

    Pengembangan Wisata Harus Mengacu RTRW

    Pengembangan Wisata Harus Mengacu RTRW PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pengembangan pariwisata di sejumlah daerah yang kadang kebablasan dan menimbulkan kerusakan lingkungan, menjadi perhatian serius DPRD Sumbar. Para wakil rakyat meminta agar para pelakunya, termasu.
  • Ahad, 27 Januari 2019 - 16:51:27 WIB

    Terkait Pengembangan KEK di Bukit Ameh, Bupati Pessel Bantah Pernyataan Wagub

    Terkait Pengembangan KEK di Bukit Ameh, Bupati Pessel Bantah Pernyataan Wagub PAINAN, HALUAN.Com - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, membantah keras tudingan Wagub Nasrul Abit, bahwasanya dalam pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) di Bukit Ameh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pemerintah Kabupaten Pes.
  • Senin, 10 Desember 2018 - 08:40:27 WIB

    Tiga Opsi Pengembangan Bank Nagari

    Tiga Opsi Pengembangan Bank Nagari PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sejumlah wacana mengapung terkait pengembangan Bank Nagari sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dipunya Pemprov Sumbar. Mulai dari dilakukannya konversi Bank Nagari ke bentuk sy.
  • Senin, 28 Mei 2018 - 00:45:59 WIB

    PHRI Bukittinggi Laksanakan Pelatihan Pengembangan SDM Kepariwisataan

    PHRI Bukittinggi  Laksanakan Pelatihan Pengembangan SDM Kepariwisataan BUKITTINGGI, HALUAN-Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bukittinggi, menggelar Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepariwisataa di Bidang Perhotelan. .
  • Rabu, 14 Februari 2018 - 13:10:50 WIB

    Presiden Jokowi Dukung Pengembangan Majelis Zikir Babussalam

    Presiden Jokowi Dukung Pengembangan Majelis Zikir Babussalam PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ketua Umum DPP Majelis Zikir Babussalam, Boy Lestari, bertemu dengan Presiden Jokowi menjelang rombongan kepresidenan berangkat ke Jakarta, Jumat (9/2) sore. Pada pertemuan tersebut, Boy dan Jokowi .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM