Pessel Kembali Terima Penghargaan Kategori Khusus Pelayanan Dukcapil dari Kemendagri


Ahad, 10 Februari 2019 - 16:29:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pessel Kembali Terima Penghargaan Kategori Khusus Pelayanan Dukcapil dari Kemendagri

PAINAN, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, kembali menerima penghargaan kategori khusus dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), atas dukungan dan kebijakan daerah setempat dalam meimplementasikan pemanfaatan data dan pelayanan Dukcapil skala besar.

 

Penghargaan tersebut diserahkan Mendagri, Tjahjo Kumolo yang saat itu diwakili oleh Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh. Jumat, (8/2) malam di Four Points By Sherator Makassar, Sulawesi Selatan.

 

Bupati Hendrajoni melalui Kadis Capil Pessel, Reva Mansarin Dt.M.A Tigo Lareh, mengatakan, penghargaan bergengsi tingkat nasional itu merupakan wujud dan komitmen pemerintah daerah melalui dalam mengoptimalkan konsep pelayanan prima, sehingga menjadi model yang diterapkan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik.

 

"Salah satu upaya kami adalah mewujudkan pelayanan yang mudah bagi masyarakat. Hal itu diterapkan bersama pembentukan Unit Kerja Layanan (UKL) disetiap kecamatan yang di dasari dengan Peraturan Daerah No. 7 tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Daerah No.10 tahun 2011 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan," ucapnya kepada wartawan di Painan. Minggu, (10/2).

 

Menurut dia, komitmen tersebut juga diperkuat dengan adanya Peraturan Bupati (Perbup) No.24 tahun 2017 tentang Unit Kerja Layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan.

 

"Sehingga dengan pembentukan UKL pada 15 kecamatan di Pessel, dapat memberikan pelayanan dengan akses yang lebih dekat, cepat, mudah, berkeadilan dan melebihi standar pelayanan yang ada," ucapnya.

 

Reva mengatakan, hingga kini pihaknya terus memaksimalkan berbagai inovasi aplikatif administarasi kependudukan dengan komitmen pelayanan membahagiakan masyarakat.

 

"Seperti layanan Salam Sapa ke Pintu Rumah, layanan Berputar (Berkeliling Kampung Jemput Antar), layanan Turut Berduka (Layanan Turun ke Rumah Duka) memberikan dokumen kematian, layanan Pass Nikah (Pemberian Administrasi Status Saat Pernikahan), layanan Lado Kutu (Pelayanan Dengan Melakukan Kerjasama Dengan Lembaga Pelayanan Publik), layanan Sehat (Layanan Semoga Cepat Sehat), layanan THR (Layanan Terpadu Hari Raya), layanan Selamat Lahir (Layanan Setelah Lahir Mendapat Akta Kelahiran) dan layanan Jebol Per Siswa ( Layanan Jemput Bola Perekaman Siswa)," ujarnya.

 

Ia menjelaskan, inovasi pelayanan Salam Sapa ke Pintu Rumah yakni, petugas akan mendatangi rumah penduduk yang mempunyai keterbatasan fisik dengan catatan warga tersebut tidak memiliki dokumen kependudukan sehingga petugas akan menerbitkan dokumennya.

 

Kemudian layanan Berputar adalah, petugas UKL yang dilengkapi dengan sarana kendaraan motor dinas, turun setiap hari ke kampung-kampung mendatangi dan menjemput penduduk yang mengalami keterbatasan untuk mengurus dokumen kependudukan.

 

"Seperti penduduk Manula, ODGJ, penyandang disabilitas dan sebagainya," tuturnya.

 

Selanjutnya, layanan Turut Berduka adalah petugas UKL atau diwakili Register Kampung akan langsung mendatangi rumah duka untuk melayat dan melengkapi dokumen-dokumen pendukung untuk mencatat peristiwa kematian dalam penerbitan dokumen Akta Kematian.

 

Layanan Pass Nikah, merupakan hasil kerjasama dengan Kemenag dan KUA khusus melayani penerbitan dokumen kependudukan terhadap pasangan suami-istri.

 

Layanan Lado Kutu adalah kerjasama pelayanan antara Disdukcapil dengan beberapa unit kerja pemerintah seperti RSUD M.Zein Painan, Kemenag, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan BPJS yang memberikan pelayanan terpadu kepada masyarakat.

 

Layanan Sehat, adalah kerjasama Disdukcapil dengan RSUD M.Zein Painan dan BPJS yang dituangkan dalam bentuk dokumen perjanjian kerjasama pelayanan (MoU), pelayanan ini khusus diberikan kepada pasien rawat jalan atau rawat inap.

 

Layanan THR, difokuskan melayani masyarakat perantau yang pulang kampung saat hari raya, sekaligus ingin mengurus dokumen kependudukannya.

 

Layanan Selamat Hari Lahir merupakan pelaksanaan dari perjanjian kerjasama pelayanan dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada dalam memberikan dokumen Akta Kelahiran kepada ibu yang baru melahirkan.

 

Terakhir, layanan Jebol Per Siswa merupakan layanan dalam rangka penyelesaian perekaman KTP Elektronik terhadap penduduk wajib KTP kategori penduduk pemula.

 

"Pelaksanaan layanan ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta seluruh SLTA yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan," ucapnya mengakhiri. (h/kis)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM